Aplikasi baca komik, foto: ayosemarang.com

7 Aplikasi Baca Komik Lengkap, Gratis dan Paling Populer

Wanovy | Teknologi | 16-08-2022

PARBOABOA - Komik merupakan salah satu bacaan yang digemari berbagai kalangan. Komik seringkali menyajikan cerita yang sering membuat pembacanya penasaran.

Komik sendiri kebanyakan dikemas dengan gambar yang membuat penyajiannya menjadi semakin menarik.

Terdapat berbagai macam genre komik mulai dari komedi, romantis, hingga aksi. Kamu tentu dapat memilih mana komik kesukaanmu.

Banyak orang membaca komik karena berbagai alasan. Ada yang membaca memang karena hobi. Ada pula yang membaca komik sekadar untuk mengisi waktu luang. Tapi apapun alasannya, membaca komik dapat memberikan hiburan tersendiri.

Dahulu orang membaca komik dalam bentuk buku yang dapat dibeli di toko-toko buku. Namun, kini orang jadi lebih mudah karena tersedia dalam berbagai aplikasi di Android.

Berikut Parboaboa telah merangkum 7 aplikasi baca komik yang dihimpun dari berbagai sumber. Berikut rangkumannya.

1. Webtoon

Siapa sih yang asing dengan kata Webtoon? Aplikasi ini sering sekali diiklankan di televisi dan memang LINE Webtoon sangat populer.

Jenis komik yang ditawarkan di aplikasi baca komik ini sangatlah beragam mulai dari horor, fantasi, romantis, action dan masih banyak lagi.

Fitur yang dimiliki aplikasi ini adalah “Notifikasi Push” agar kamu bisa mendapatkan notif ketika episode webtoon telah rilis, “Share” agar kamu bisa berbagi komik favorit kamu di media sosial dan “Berbagi Bahasa”.

Aplikasi ini gratis dan kamu bisa mengunduh serial webtoon yang ingin kamu baca tanpa perlu online.

Sementara kekurangannya adalah ada beberapa operator yang dikenakan biaya untuk bisa mengakses aplikasi Webtoon.

2. Crunchyroll Manga

Crunchyroll adalah aplikasi streaming Anime dan konten Asia yang sangat populer di Jepang dan bisa diakses oleh pembaca di Indonesia. Aplikasi ini diatur untuk bisa muncul sebagai distribusi digital pemimpin Manga.

Aplikasi manga Crunchyroll menyediakan fitur pembaca dengan akses tak terbatas ke berbagai manga paling populer dari Jepang dan bisa melihat seluruh katalog seri manga.

Aplikasi ini gratis dan memiliki kelebihan adanya dukungan mobile penuh (iOS dan Android) dengan skala maksimum per panel. Kekurangannya adalah fitur translatenya hanya bisa Jepang ke Bahasa Inggris.

3. Webcomics

Aplikasi yang dikembangkan oleh NeoBazar ini memiliki ukuran sebesar 2,8 MB. Sama seperti LINE Webtoon, Webcomics juga menawarkan cerita original yang belum pernah dibukukan. Namun, Webcomics tidak hanya berisi komik tetapi juga novel yang bisa dibaca secara gratis.

Pengguna bisa mengunduh episode tertentu untuk dibaca secara offline dan dapat menghapusnya kembali untuk menjaga kapasitas perangkat. Aplikasi ini sendiri telah diunduh sebanyak lebih dari 1 juta kali.

4. Manga Rock

Aplikasi baca komik yang dikembangkan oleh Not A Basement International ini memiliki ukuran 48 MB. Manga Rock menawarkan komik-komik yang pernah diterbitkan menjadi sebuah buku komik.

Aplikasi ini mendukung fitur lintas platform, tampilan yang dapat diatur, hingga offline. Namun, karena adanya hak cipta, tidak semua komik tersedia dalam aplikasi ini dan konten hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Manga Rock telah diunduh sebanyak lebih dari 5 juta kali.

5. MangaToon

Aplikasi baca komik berukuran 16 MB ini tidak hanya menawarkan membaca komik secara gratis, tapi juga menonton anime. Pengguna juga dapat mengunduh MangaToon dan menikmatinya secara offline.

Tidak hanya itu, aplikasi ini mendukung pengoptimalan untuk tampilan sehingga pengguna dapat membaca komik dengan melakukan scrolling tanpa terputus. MangaToon telah diunduh sebanyak lebih dari 5 juta kali.

6. Manga Books

Manga Books dikenal sebagai aplikasi baca manga terbaik yang selalu memperbarui koleksi bukunya.

Jika ada manga terbaru 2022, nggak sedikit orang yang langsung berkunjung ke aplikasi baca itu untuk menyimak kelanjutan cerita One Piece dan manga lainnya.

Tak hanya lengkap, tampilan dari Manga Books juga menarik. Millennial dan Gen Z yang doyan baca manga pasti bakalan suka berlama-lama di aplikasi ini.

Desain situs dan aplikasi Manga Books sangat colorful. Aplikasi ini hadir dengan warna-warna cerah sehingga mampu memanjakan mata para pembaca.

Bahkan, UI/UX-nya juga interaktif dan responsif. Sebagai pemula yang nggak pernah menggunakan aplikasi ini, Jaka jamin kamu nggak bakalan bingung sama sekali. Lebih menariknya lagi, Manga Books menyediakan resolusi gambar manga yang tinggi lho.

7. WeComics

WeComics adalah aplikasi baca komik yang memiliki berbagai genre menarik dan diluncurkan hampir setiap hari.

Aplikasi ini memiliki fitur yang menyimpan riwayat bacaan kamu sehingga untuk kamu yang lupa bab mana yang terakhir dibaca, maka WeComics secara otomatis merekam riwayat membaca kamu.

Aplikasi ini gratis untuk diunduh. Kelebihan aplikasi ini adalah kamu bisa membaca offline karena komik dapat diunduh dan dibaca secara offline.

Sayangnya, kekurangan aplikasi ini adalah kamu harus memiliki banyak koin untuk bisa membuka bab yang dikunci. Untuk mendapat koin, kamu harus bermain terlebih dahulu.

Nah, itulah tadi 7 aplikasi baca komik lengkap dan gratis yang bisa kamu download di App Store ataupun Google Play Store. Semoga bermanfaat!

Tag : #aplikasi baca komik    #komik online    #apps    #teknologi    #android    #manga    #manhwa   

Baca Juga