Aplikasi perekam layar, foto: Retizen

7 Aplikasi Perekam Layar HP Android Terbaik 2022

Wanovy | Teknologi | 25-05-2022

PARBOABOA - Ingin merekam layar di HP? Atau sudah memiliki aplikasi bawaan perekam layar, namun fiturnya kurang lengkap?

Tenang dulu, karena kali ini Parboaboa akan memberikan rekomendasi aplikasi-aplikasi perekam layar HP untuk smartphone Android.

Di era modern saat ini, merekam layar telah menjadi suatu hal penting yang harus diketahui para pengguna smartphone, apalagi konten kreator.

Pasalnya, konten kreator game menggunakan aplikasi perekam layar HP untuk memudahkan bermain sambil streaming ke penonton.

Alih-alih menggunakan kamera atau komputer eksternal, kamu dapat dengan mudah merekam layar perangkat secara langsung dari HP saja.

Apalagi kalau bukan berkat sejumlah aplikasi di Play Store yang dapat dengan mudah melakukan pekerjaan itu untukmu.

Nggak cuma untuk bermain game saja, tapi aplikasi perekam layar HP atau screen recorder ini juga bisa merekam apa pun.

Menariknya lagi, deretan aplikasi ini bisa kamu gunakan sampai kualitas HD dengan rekaman suara terbaik. Apalagi, pemakaiannya tidak memerlukan akses root pada Android. Cukup menggoda, kan?

Yuk, langsung saja simak rekomendasi aplikasi perekam layar HP Android dibawah ini.

1. iSpring Suite

iSpring Suite adalah aplikasi perekam layar HP terbaik yang dirancang untuk e-Learning.

Dengan aplikasi iSpring Suite, kamu dapat memasukkan kuis, survei, interaksi, simulasi dialog, atau perekaman layar langsung ke presentasi PowerPoint. Sangat bermanfaat untuk buah hati yang melakukan school from home.

Perangkat ini memungkinkan kita membuat screencast dengan suara, tutorial video dengan anotasi, dan screencast dilengkapi dengan video presenter.

Setelah screencast direkam, kamu dapat dengan mudah mengeditnya, menghilangkan noise, menyisipkan objek media dan anotasi, serta menghapus fragmen yang tidak diinginkan, dan menambahkan efek transisi.

2. AZ Screen Recorder – No Root

AZ Screen Recorder merupakan salah satu aplikasi perekam layar yang paling direkomendasikan untuk berbagai HP Android.

Bahkan aplikasi perekam layar HP dan suara ini juga termasuk yang paling banyak digunakan hingga saat ini, sebab kualitas video yang dihasilkan tidak perlu diragukan lagi.

AZ Screen Recorder mampu menangkap layar dengan kualitas HD atau FullHD dan bisa kamu gunakan dalam jangka waktu panjang tanpa batasan waktu.

Cukup dengan menekan Magic Button, kamu sudah bisa merekam layar selama apapun yang kamu inginkan.

Aplikasi ini juga memiliki tampilan user interface yang cukup sederhana dan mudah untuk dioperasikan bahkan untuk pemula sekalipun.

Dan yang paling penting, kamu tidak perlu melakukan proses rooting untuk bisa menggunakan aplikasi ini.

AZ Screen Recorder bisa digunakan pada ponsel dengan sistem operasi Android versi 5.0 atau Lollipop ke atas.

3. Screen Recorder & Video Recorder by InShot Inc

Kamu juga bisa mengunduh aplikasi bernama Screen Recorder and Video Recorder yang dibuat oleh pengembang bernama InShot Inc.

Pengembangnya sendiri telah membuat puluhan aplikasi yang mempermudah hidup kita, seperti WhatsApp Sticker Maker, Story Editor for Instagram, Music Editor, Video Editor hingga Story Saver.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa merekam layar tanpa batas waktu dan tidak ada watermark yang mengganggu.

Selain itu, kamu tidak perlu melakukan rooting untuk menjalankan aplikasi ini. Kamu juga bisa mengekspor video dengan format Full HD (1080p dan frame rate 60fps) sehingga cuplikan rekaman layar bisa terlihat dengan jelas.

4. Mobizen

Siapa sih yang tidak tidak mengenal aplikasi mobizen? Aplikasi perekam layar HP ini sangat tepat digunakan untuk melakukan perekaman layar Android yang bisa dimanfaatkan secara gratis.

Agar dapat memperoleh aplikasi ini, maka kamu cukup mengunjungi di Google Play Store atau Apps Store.

Setelahnya, ketik kata kunci mobizen. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis tanpa membayar karena Kamu cukup dengan mendownloadnya saja.

Kualitas video yang direkam pastinya tidak perlu dipertanyakan lagi karena kualitas videonya sangat jernih.

Bahkan kamu dapat secara langsung mengeditnya melalui aplikasi yang satu ini. Hanya dengan satu aplikasi, maka kamu bisa melakukan berbagai hal, termasuk merekam layar dan mengeditnya.

5. Xrecorder

Di daftar pencarian teratas aplikasi perekam layar di Play Store ada Xrecorder yang diluncurkan oleh InShot Inc.

Memiliki berbagai fitur menarik yang diantaranya adalah support untuk semua videos, screenshot yang jelas.

Termasuk video editor, record gameplay, tidak ada watermark hingga mudah untuk dibagikan melalui youtube, tweeter hingga instagram.

Aplikasi perekam layar HP tanpa watermark ini bisa kamu gunakan untuk setiap momen dalam hidup.

Untuk kelebihan dari aplikasi ini terletak pada berbagai hal yang diantaranya adalah adanya antar muka yang mudah untuk dipahami serta digunakan, bebas watermark, durasi yang tidak ditentukan dan tidak membutuhkan akses root.

6. DU Recorder

Banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini, maka dijamin siapapun yang menggunakan aplikasi ini sudah bisa dipastikan sangat puas.

Kelebihannya yaitu seperti suara yang dihasilkan sangat jelas, kualitas video bagus karena pengguna dapat mengatur kualitas video yang sedang direkamnya.

Tidak sampai di situ saja, kamu juga dapat menggunakan aplikasi tanpa harus membayar. Artinya bahwa aplikasi ini gratis dan bisa diperoleh melalui App Store atau Play Store.

7. Rec Screen Recorder

Bagi kamu yang sedang menginginkan video berkualitas bagus, maka dapat menggunakan aplikasi Rec Screen Recorder.

Aplikasi perekam layar HP ini mampu menawarkan kualitas hingga 1080 p. Akan tetapi, untuk bisa menggunakannya kamu diharuskan mempunyai spesifikasi ponsel yang mendukung.

Rec Screen Recorder tidak dapat dijalankan pada smartphone yang mempunyai spesifikasi rendah.

Jika sudah menggunakan aplikasi ini, maka bisa merasakan seberapa bagus kualitas dari video yang diambil saat menggunakan aplikasi ini untuk merekam layar.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi perekam layar HP Android yang bisa kamu pilih. Semoga membantu!

Tag : #screen record    #aplikasi rekam layar    #apps    #teknologi    #android   

Baca Juga