Ilustrasi

Apple Hentikan Penjualan Produk di Rusia

Wanovy | Teknologi | 03-03-2022

PARBOABOA - Apple mengumumkan bahwa pihaknya menghentikan semua penjualan produk di Rusia, sebagai tanggapan atas invasi negara tersebut ke Ukraina.

Pada Selasa, (1/3) waktu setempat, pengguna Apple di Rusia masih dapat mengakses toko online Apple namun tidak ada layanan pengiriman yang tersedia.

Selain menghentikan semua ekspor penjualan ke Rusia, Apple juga membatasai penggunaan Apple Pay dan layanan lainnya di negara tersebut.

"Kami sangat prihatin dengan invasi Rusia ke Ukraina dan mendukung semua orang yang menderita akibat kekerasan itu," kata Apple.

Apple menegaskan dukungannya untuk upaya kemanusiaan dan memberikan bantuan untuk krisis pengungsi yang sedang berlangsung.

Pekan lalu, Apple telah menghentikan semua ekspor ke saluran penjualannya di Rusia.

"Dan kami telah menonaktifkan traffic dan kejadian langsung di Apple Maps di Ukraina sebagai tindakan keamanan dan pencegahan bagi warga Ukraina," tambahnya.

Langkah itu dilakukan setelah sejumlah negara termasuk Inggris, Kanada, Jepang, AS dan di Uni Eropa menerapkan berbagai sanksi ekonomi terhadap Moskow.

Setidaknya 136 warga sipil di Ukraina telah tewas, termasuk 13 anak-anak, dan 400 lainnya terluka, termasuk 26 anak-anak, menurut angka PBB.

Sekitar 660.000 orang telah meninggalkan Ukraina ke negara-negara tetangga, kata PBB.

Meski begitu Apple tak mengungkap berapa lama pembatasan itu akan diterapkan kepada Rusia. Pihaknya mengaku akan terus berkomunikasi dengan pemerintah terkait tindakan yang diambil Apple.

"Kami bergabung dengan semua orang di seluruh dunia yang menyerukan perdamaian," pungkas Apple.

Langkah yang diambil Apple sekaligus memblokir dua aplikasi media Rusia, RT News dan Sputnik News dari Apps Store di luar Rusia, dan memblokir akses sepenuhnya di dalam negeri.

Apple akhirnya bergabung dengan daftar perusahaan teknologi yang menanggapi invasi Rusia ke Ukraina. Sebelumnya Facebook Meta, TikTok, dan YouTube telah mengambil langkah pembatasan pada Rusia.

Tag : #apple    #rusia    #ukraina    #invasi    #iphone    #penjualan    #produk apple   

Baca Juga