iPhone 14

Apple Resmi Rilis iPhone 14 Series, Ini Daftar Harganya

Wanovy | Teknologi | 08-09-2022

PARBOABOA - Apple resmi merilis iPhone 14 melalui ajang Apple Event secara virtual. Desain dan spesifikasi yang ditawarkan iPhone 14 menjadi perbincangan hangat di kalangan warganet.

Sejumlah fitur baru tampak mengejutkan. Misalnya, fitur panggilan SOS via satelit yang bisa dipakai di area tak terjangkau BTS.

Tak ketinggalan, ada peningkatan kapasitas kamera utama yang mencapai 12 megapixel dengan sensor lebih besar dan piksel 1,9 mikron, bukaan F1.5 dan OIS.

"Peningkatan 49 persen dalam pengambilan cahaya rendah," demikian keterangan Apple.

Spesifikasi iPhone 14

iPhone 14 hadir dalam ukuran 6,1 inch, sedangkan iPhone 14 Plus 6,7 inch. Keduanya pakai panel OLED, dengan kecerahan 1.200 nit, terlindungi ceramic shield dan mendukung Dolby Vision.

Soal tampilannya masih sama dengan iPhone 13. Demikian pula chip yang digunakan, masih Apple A15 Bionic. Namun Apple mengklaim telah meningkatkan kemampuan chip tersebut di iPhone 14.

Memiliki enam inti CPU, yang terdiri dua inti untuk performa tinggi dan empat inti efisiensi dan neural engine. Dengan perbekalan tersebut iPhone 14 dan 14 Plus diklaim lebih ngebut dari ponsel yang ada di pasaran saat ini.

Beralih ke kamera, Apple menyematkan sensor baru. Meski ukurannya masih 12 MP, sensor yang dipakai berukuran 1.9 mikron dengan aperture f/1,5.

Tidak ketinggalan Apple menyematkan OIS. Hasilnya iPhone 14 punya peningkatan 49% di kondisi low light dari pendahulunya.

Sementara di bagian depan, Apple menyematkan kamera 12 MP dengan sensor TrueDepth baru dengan aperture f/1.9 dan autofokus.

Fitur baru yang turut Apple berikan di antaranya pendeteksi benturan. Ada pula koneksi dengan satelit saat situasi emergency.

Apple mulai membuka preorder 9 September. iPhone 14 mulai dijual 16 September, sedangkan iPhone 14 Plus baru tersedia 7 Oktober.

Di iPhone 14, Apple juga membekali fitur pendeteksi tanda bahaya bernama Emergency SOS.  iPhone 14 tersedia dalam pilihan warna Midnight, Starlight, Blue, Purple, Product (RED).

Seperti generasi sebelumnya, iPhone model "Pro" hadir dengan spesifikasi yang lebih mumpuni, dibanding iPhone 14 dan iPhone 14 Plus.

"Ini (iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max) adalah lini "Pro" terinovatif," kata CEO Apple, Tim Cook di awal presentasi iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max.

Seperti yang dirumorkan sebelumnya, Apple merombak desain "notch" yang sudah menjadi ciri khas sejak iPhone X.

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max kini memiliki notch berbentuk pil atau oval yang memanjang. Notch tersebut tidak menyatu dengan dahi seperti generasi sebelumnya, melainkan berbentuk animasi yang bisa berubah bentuk dan ukuran. "Bubble notch bisa berpindah dan berubah ukuran, menyesuakan pengoperasian iPhone," kata Greg Joswiak, SVP, Worldwide Marketing Apple.

Notch berbentuk oval tersebut digunakan sebagai rumah komponen Face ID dan kamera depan. Apple juga memindahkan sensor proximity ke balik layar. iPhone 14 Pro dan Pro Max sama-sama memiliki sistem baru bernama Dynamic Island.

Sistem itu memungkinkan notifikasi muncul di notch animasi, yang nantinya akan mengubah ukuran dan bentuknya.

Berapa harganya?

"Mulai US$799 (Rp11,9 juta). [iPhone 14] Plus mulai US$899 (Rp13,5 juta)," menurut presentasi Apple.

iPhone 14 dijual mulai US$799 atau Rp11,9 juta (US$1=Rp14,888.20), sedangkan iPhone 14 Plus dilego mulai US$899 atau Rp13,5 juta.

Sementara harga iPhone 14 Pro start dari US$999 atau sekitar Rp14,9 juta dan iPhone 14 Pro Max banderolnya mulai US$1.099 atau sekitar Rp16,3 juta.

iPhone sendiri di AS baru saja merajai pasar ponsel pintar, mengambil alih tempat Android. Ini merupakan yang pertama kali untuk Apple. Sebelumnya, market share iPhone tidak pernah menyentuh angka 50 persen.

iPhone kalah bersaing dengan Blackberry, Nokia, dan Motorola yang mendominasi pasar. Kemudian pada 2010, Android langsung melesat dan terus memimpin dengan lebih dari 70 persen market share pada 2022.

Tag : #iphone14    #apple    #gadget    #teknologi    #spesifikasi iphone14   

Baca Juga