Ilustrasi Arah Kiblat (Foto : JawaPos)

Begini Cara Menentukan Arah Kiblat Menggunakan Google Maps

Mei | Pendidikan | 29-10-2022

PARBOABOA - Sebagai umat Muslim pasti kalian sudah tahu dong bahwa sholat menjadi rukun Islam yang kedua? Yup, benar sekali. Pada dasarnya, sholat merupakan tiang agama yang hukumnya wajib dilakukan oleh semua umat tanpa terkecuali.

Sebelum menjalankan ibadah sholat, sebagai seorang Muslim kalian tentu harus tahu dong arah kiblat yang menjadi pusat sholat umat dari berbagai belahan dunia.

Sebenarnya, dimana sih arah kiblat untuk menunaikan ibadah sholat? Jawabannya tak lain tak bukan adalah Ka’bah.

Ka'bah (bahasa Arab: الكعبة, translit. al-Ka'bah, har. 'kubus'‎; IPA: [alˈkaʕba]), juga merujuk pada Al Ka'bah Al Musyarrafah (Ka'bah Yang Suci), merupakan sebuah bangunan yang letaknya berada tepat di tengah masjid yang paing suci dalam agama Islam, Masjidil Haram, di Mekkah, Hejaz, Arab Saudi.

Pada dasarnya, temukan arah kiblat akan sangat mudah jika sedang berada di tempat tertentu, seperti masjid, musala, dan surau. Namun lain halnya jika kita sedang berada disebuah tempat yang tak ada mesjid sama sekali, pasti akan sangat sulit untuk menentukan arah kiblatnya, benar kan?

Akan tetapi kalian tak perlu khawatir lagi karena saat ini teknologi sudah berkembang sangat pesat dan kini kita sudah bisa temukan arah kiblat dengan memanfaatkan Google Maps.

Bagi kamu yang mengambil profesi dengan tingkat mobilitas yang tinggi seperti sales door to door, pengemudi ojek online, ataupun pekerjaan lainnya tentu akan sangat terbantu dengan perkembangan teknologi yang satu ini.

Cara menentukan arah kiblat dengan menggunakan google maps juga terbilang tak ribet dan sederhana. Sudah tahu belum bagaimana caranya? Dari pada bingung yuk langsung simak saja penjelasan berikut ini.

Cara Menentukan Arah Kiblat dengan Google Maps

Berikut ini merupakan cara menentukan kiblat dengan memanfaatkan aplikasi Google Maps yang sangat mudah dan praktis.

  • Hal pertama yang dapat kalian lakukan untuk temukan arah kiblat adalah dengan membuka aplikasi google maps terlebih dahulu dari laptob maupun gadget milik kamu.
  • Setelah itu kamu dapat mengubah tampilan yang ada di google maps menjadi mode satelit dengan cara mengklik kotak yang bertuliskan “satelit” di sebelah kiri bagian bawah.
  • Pada kotak Telusuri pada Google Maps, ketikan kata Ka'bah, Mekkah Arab Saudi. Kemudian klik enter atau klik oke, lakukan klik kanan persis di atas Ka’bah (Jangan di sekitar Masjidil Haram), kemudian pilih ukur jarak.
  • Berikutnya kalian dapat mencari posisi yang hendak di tentukan arah kiblatnya. Ketika kamu ingin mencari posisi ini, kamu hanya perlu mengklik item lokasi supaya mempermudah proses pencarian. Akan tetapi, kamu tetap harus memastikannya kembali yak arena fitur lokasi di Google Maps di PC atau Laptop atau handphone belum tentu akurat.
  • Setelah ditentukan posisinya, berikutnya kalian hanya tinggal mengklik disisi bagian kiri yang hendak ditentukan arah kiblatnya, tunggu sebentar sampai mucul garis-garis yang menjadi petunjuk arah kiblat.

Nah, itulah beberapa langkah yang dapat kamu ikut dalam temukan arah kiblat dengan menggunakan google maps, sangat mudah bukan? Semoga dengan penjelasan kali ini dapat memudahkan kamu untuk menentukan arah kiblat dimana pun dan kapan pun ya.

Tag : #kiblat    #arah kiblat    #pendidikan    #pendidikan islam    #umat muslim    #muslim   

Baca Juga