Arti Alhamdulillah Ala Kulli Hal (Lamsari/Parboaboa.com)

Arti Alhamdulillah Ala Kulli Hal dan Penerapannya

Sari | Pendidikan | 12-04-2022

PARBOABOA – Arti Alhamdulillah Ala Kulli Hal dilantunkan sebagai rasa syukur kepada Allah SWT dalam berbagai hal. Baik ketika seseorang menghadapi musibah mapun mendapatkan kenikmatan. Perbuatan seperti ini telah dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW, beliau selalu mengucapkan Alhamdulillah Ala Kulli Hal.

Tahukah Anda arti Alhamdulillah Ala Kulli Hal dan kapan mengucapkan Alhamdulillah Ala Kulli Hal? Bagi Anda yang belum mengetahui maksudnya, Parboaboa sudah merangkum dari berbagai sumber tentang kalimat Alhamdulillah Ala Kulli Hal pada ulasan dibawah ini.

Arti Alhamdulillah Ala Kulli Hal

Arti Alhamdulillah Ala Kulli Hal sudah selayaknya sebagai Umat islam dianjurkan untuk mengucapkan rasa syukur walaupun sedang dihadapkan dengan sesuatu yang ia benci, karena pada hakikatnya semua yang menimpa manusia merupakan atas izin Allah SWT.

Allah SWT maha adil, maka tidak ada satupun mahkluk di bumi yang terdzalimi takdirnya. Allah tidak memberikan ujian di luar batas kemampuan manusia. Hal ini tercantum dalam Surat Al-Baqarah ayat 286.

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Artinya : "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.” (Q.S. Al-Baqarah: 286)

Maka dari itu, sudah selayaknya kita tetap beryukur atau segala kondisi apapun yang diberikan kepada kita. Sebagaimana arti Alhamdulillah Ala Kulli Hal merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT dalam setiap keadaan.

Arti Alhamdulillah Ala Kulli Hal atau dalam bahasa Arabnya (الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ) yang mana artinya “Segala puji bagi Allah dalam setiap keadaan” (HR. Ibnu Majah)

Kalimat itu merupakan kata yang disampaikan dalam kondisi (tingkatan tinggi) ketika menghadapi suatu musibah. Adanya suatu musibah bisa menggugurkan dosa seseorang, oleh sebab itu apabila kita diberikan musibah, sudah selayaknya kita tetap mengucapkan Alhamdulillah Ala Kulli Hal.

Nabi Muhammad SAW menjelaskan ucapan dalam Hadist Riwayat Ibnu Majah yang berbunyi sebagai berikut:

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ : كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا رَأَى مَا يُحِبُّ قَالَ: الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ، وَإِذَا رَأَى مَا يَكْرَهُ قَالَ: الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ رَبِّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ حَال أَهْلِ النَّار

Artinya, Dari Aisyah, ia berkata: "Rasulullah SAW ketika melihat sesuatu yang ia senangi maka ia berkata, 'Segala puji bagi Allah yang dengan kenikmatannya kebaikan-kebaikan bisa sempurna'. Dan ketika ia melihat sesuatu yang ia benci maka ia berkata, 'Segala puji bagi Allah atas setiap hal. Yaa rabb, aku berlindung kepadamu dari tingkah laku ahli neraka."

Tulisan Arab Alhamdulillah Ala Kulli Hal yang Benar

Adapun penulisan Alhamdulillah Ala Kulli Hal yang dikutip dari Ringkasan Kitab Adab karya Adab karya Fuad bin Abdul Aziz Asy-Syalhub (2019:463) adalah sebagai berikut.

الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Latin: Alhamdulillahi 'ala kulli haalin

Artinya, "Segala puji bagi Allah atas setiap keadaan".

Penerapan Ucapan Alhamdulillah Ala Kulli Hal

Berikut adalah penggunaan kalimat Alhamdulillah Ala Kulli Hal dalam berbagai hal yang bisa Anda ucapkan dalam berbagai kondisi:

1. Mendapatkan Musibah

Arti Alhamdulillah Ala Kulli Hal bisa diucapkan saat mendapati musibah dan cobaan yang kita alami. Hal ini bisa kita contoh dari perbuatan nabi Muhammad SAW, beliau mengucapkan Alhamdulillah Ala Kulli Hal walaupun sedang mendapatkan musibah.

2. Saat Bersin

Pada saat kita bersin, sebaiknya kita mengucapkan Alhamdulillah Ala Kulli Hal. Hal ini tertuang dalam Hadist Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Thasieni yang berbunyi sebagai berikut:

"Jika ada di antara kalian yang bersin, maka biasakan dirimu untuk membaca kalimat, ‘Alhamdulillah’ ala kulli haal ‘, dan kemudian biarkan orang di sebelahnya untuk mengucapkan kalimat’ Yahdiikumullah wa yuslih baalakum" (Hadits HR. Bukhari dan Thasieni)

3. Ketika Mendapat Kabar yang Kurang Baik

Ketika Anda mengalami bencana atau musibah Anda harus mengucapkan kalimat atau ucapan ini. walaupun kabar yang kita dengar merupakan kabar buruk.

4. Dalam Keadaan Sakit dan Sedih

Pada kondisi tertentu, kita pasti pernah mengalami kondisi sakit dan sedih, maka kita tetap dianjurkan untuk mengucapkan kalimat atau kata Alhamdulillah Ala Kulli Hal. Dalam satu kisah Rasullah SAW bersabda yang berbunyi sebagai berikut:

” Sesungguhnya pahala terbesar datang dari ujian terberat. Jika Allah SWT mencintai seseorang, maka Allah akan memberi mereka ujian “.

“Barang siapa hambaku yang Ridho, maka Allah pun akan berbahagia. Dan siapa yang murka (dengan cobaan Allah), maka baginya murka Allah.” (Hadits naratif Tirmidzi).

FAQ – Tentang Alhamdulillah Ala Kulli Hal

  • Kapan Mengucapkan Alhamdulillah Ala Kulli Hal?

Seseorang mengucapkan Alhamdulillah Ala Kulli Hal dalam segala kondisi, baik ketika mendapatkan kenikmatan ataupun musibah.

  • Apa Manfaat Membaca Alhamdulillah Ala Kulli Hal?

Ucapan Alhamdulillah Ala Kulli Hal bermanfaat sebagai bacaan dzikir kepada Allah SWT. Ketika seseorang semakin sering berdzikir,maka akan semakin mengingat Allah SWT dan merasakan manfaatnya untuk kehidupan sebagai muslim.

Tag : #pendidikan islam    #arti alhamdulillah ala kulli hal    #pendidikan    #manfaat    #tulisan arab   

Baca Juga