Arti Fii Amanillah, Lengkap dengan Cara Menjawab dan Waktu Penggunaannya

Penulis : Sari | Islam | 17-01-2023

Arti Fii Amanillah, Lengkap dengan Cara Menjawab dan Waktu Penggunaannya (Foto: Parboaboa/Ester)

PARBOABOA, Pematang Siantar – Arti fii amanillah banyak dicari tahu karena di dalam kalimat tersebut terkandung doa kebaikan. Ucapan itu digunakan umat Islam kepada saudara seimannya yang hendak bepergian atau yang akan melakukan perjalanan.

Apa arti fii amanillah? bagaimana cara menjawabnya? dan kapan kalimat tersebut diungkapnya? Berikut Parboaboa sudah merangkum dari berbagai sumber tentang bacaan yang dapat diucapkan agar perjalanan Anda dilindungi dan diridai Allah SWT. Simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya.

Arti Fii Amanillah

kalimat fii amanillah artinya semoga engkau dalam lindungan Allah. Dalam bahasa Arab, kalimat tersebut dituliskan dengan في امان الله. Kalimat baik itu bisa diucapkan saat seseorang akan bepergian atau mendoakan orang lain saat bepergian.

Mendoakan saudara atau teman yang akan bepergian merupakan hal yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW, di dalam hadist seraya berdoa:

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ زَوَّدَكَ اللهُ التَّقْوَى، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَيَسَّرَ لَكَ الْخَيْرَ حَيْثُ مَا كُنْتَ

Latin: Astaudi’ullaha dinaka wa amanataka wa khowatima ‘amalika zawwadakallahut taqwa wa ghafaro zanbaka wa yassaro lakal khoiro haitsuma kunta.

Artinya: “Aku menitipkan kepada Allah agamamu, amanahmu dan penutup amalmu. Semoga Allah membekalimu ketakwaan, mengampuni dosa-dosamu, dan memudahkan kebaikan kepadamu di mana pun kamu berada.”

Jika seseorang mengucapkan doa fii aman illah dengan tulus dan ikhlas, maka akan menjadi keberkahan dan dilindungi Allah SWT untuk orang yang sedang dalam perjalanan tersebut. Sedangkan untuk yang mengucapkannya akan berbuah menjadi pahala atau kebaikannya yang dicatat oleh malaikat.

Ada beberapa variasi ejaan dalam menulis fii amanillah dalam tulisan lain, di antaranya adalah:

  • Fi amanillah
  • Fi aman illah
  • Fii amanillah
  • Fi aman Allah
  • Fee Amanillah

Jawaban Fii Amanillah

Fii aman illah merupakan bagian dari doa untuk keselamatan, dengan demikian jawaban fii amanillah juga hendaknya berisi doa yang sama, yaitu Ma’assalamah. Berikut tulisan Arabnya:

مَعَ السّلَامَةِ

Arab latin: Ma’assalamah

Artinya: Semoga keselamatan juga selalu menyertaimu.

Jawaban fii amanillah ini tertuang dalam Surat An-Nisa ayat 86 yang berbunyi:

وَاِذَا حُيِّيْتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوْا بِاَحْسَنَ مِنْهَآ اَوْ رُدُّوْهَا ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ حَسِيْبًا

Latin: "Wa izaa huyyiitum bitahiyyatin fa hayyu bi'ahsana min-haa au rudduhaa, innallaaha kaana 'alaa kulli syai'in hasiibaa."

Artinya: Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu.

Makna Fi’aman’illah

Melihat ucapan dan jawaban fii amanillah, terdapat makna kebaikan di dalamnya. Berikut di antaranya:

1. Rasa Saling Mencintai Sesama Umat Muslim

Jika seseorang mengucapkan Fi’aman’illah kepada sesama Muslim, secara tidak langsung hal itu menunjukkan rasa saling mencintai. Menumbuhkan rasa saling mencintai merupakan perbuatan yang disukai oleh Allah SWT.

2. Mendoakan Keselamatan

Saat akan meninggalkan rumah atau bepergian, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi. Karena itulah, umat Islam bisa saling mendoakan sebelum melakukan perjalanan.

3. Menumbuhkan Rasa Saling Peduli

Saat kita mendoakan orang lain, secara tidak langsung akan menumbuhkan rasa saling peduli antar sesama Muslim yang didoakan.

Waktu Mengucapkan Fii Amanillah

Sangat dianjurkan mengucapkan fii aman illah diberbagai kondisi, seperti ketika bertemu dengan seorang Muslim yang sedang menghadapi musibah, serta ucapan tersebut cocok untuk mereka yang sedang menjalankan amanah dan tanggung jawab terhadap suatu hal.

Selain itu, fii aman illah juga diungkapkan kepada seseorang yang akan menjalani suatu pekerjaan atau perjalanan yang dianggap berisiko dan doa ini menjadi suatu sumber keselamatan agar kita dapat kembali ke tujuan dengan selamat.

Berikut contoh- contoh pengucapan kalimat fii aman illah:

  • Fii aman illah. Semoga penerbanganmu aman!
  • Selamat pagi. Fi aman Allah.
  • Semoga perjalananmu aman, fi aman Allah. Sampai jumpa Insya Allah!
  • Semoga Allah menyertai kita semua. Semoga Dia menjadikan kita orang yang lebih baik. Semoga Dia melindungi kita dari kejahatan. Semoga Dia memberkahi negara kita. Aamiin. Fi’aman’illah!
  • Sudah larut malam, sekarang saatnya untuk tidur. Fi amanillah. Sampai jumpa besok, insya Allah.

Seteleh mengatahu arti fii aman illah beserta jawaban dan waktu pengucapannya, sekarang kita dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, sekaligus berharap dilindungi oleh Allah SWT di mana pun berada.

Editor : -

Tag : #pendidikan islam    #fii amanillah    #islam    #doa    #jawaban fii amanillah    #fii amanillah artinya   

Baca Juga