Arti Lukisan Ikan Koi Dipajang di Rumah Menurut Fengshui

Penulis : Wanovy | Rumah | 30-11-2022

Lukisan ikan koi, foto: Rumah123.com

PARBOABOA - Sebagian besar orang pasti sudah tahu kalau ikan koi merupakan lambang keberuntungan yang umum di dunia feng shui.

Selain memeliharanya secara langsung di kolam ikan koi, kamu pun bisa memajang lukisan ikan koi di rumah.

Lukisan ini sering hadir dalam gambar yang terdiri dari 9 ekor ikan koi yang meliuk indah pada kanvas berukuran sedang atau besar.

Di balik keindahannya, ada sejarah panjang dan juga makna penting yang diwakili dari tiap elemen lukisan ikan koi, lho!

Biar kamu lebih paham mengapa lukisan ikan koi begitu dikagumi dan diinginkan setiap pemilik rumah, langsung saja simak ulasannya bawah ini!

Legenda Lukisan Ikan Koi

Menurut legenda, lukisan ikan koi memiliki filosofi yang bermula dari penggambaran koi sebagai jenis ikan yang berenang melawan arus, mendaki air terjun, dan bisa melewati rintangan mencapai puncak gunung.

Bagian puncak gunung itu dinamakan Gerbang Naga. Setiap koi yang berhasil mencapai gerbang tersebut, maka ia akan berubah wujud menjadi seekor naga.

Naga sendiri ialah makhluk mitologis yang sangat dihormati di budaya China karena melambangkan hal-hal positif yang paling tinggi.

Biasanya, lukisan ikan koi menggambarkan sembilan ekor ikan koi di dalamnya. Gambar sembilan ikan awalnya diciptakan oleh seorang pelukis bernama Zhong Xo Yo pada tahun 2004.

Menurut Xiang Yi, pakar Feng Shui, angka tersebut didasarkan pada dua macam energi yang ada di dunia, yakni yin dan yang.

Sembilan juga merupakan sebuah angka yang dianggap paling besar dan tinggi pada hitungan sebuah keberuntungan.

Tata Letak Lukisan Ikan Koi di Rumah

(Sumber: Lazada)

Dalam meletakan lukisan koi, sebaiknya kamu memanjang pada sudut yang posisinya dari pintu masuk berseberangan diagonal. Yang penting diingat adalah di dalam lukisan tersebut terdapat gambar 9 ekor ikan koi.

Lukisan ikan Koi memang sangat sesuai jika diletakkan di ruang tamu. Ruangan ini merupakan tempat yang digunakan untuk menyambut tamu yang datang.

Selain lukisan ikan koi, memelihara ikan koi hidup juga dipercaya akan membawa keberuntungan.

Koi sendiri merupakan bahasa Tionghoa dari ikan karper yang memiliki nama latin cyprinus carpio. Ikan ini berasal dari China dan sangat populer di negara Jepang.

Namun dengan harga jual ikan koi hidup yang terbilang cukup mahal, maka lukisan ikan koi sudah cukup baik agar rumah kita memiliki fengsui yang baik.

Dengan menempatkan lukisan ikan koi secara benar, maka keberuntungan serta kemakmuran akan selalu terlimpahkan pada seluruh penghuni rumah.

Makna Lukisan Ikan Koi

Berikut adalah beberapa makna ikan koi sesuai dengan jenis gambar dalam lukisan dan lokasinya.

1. Dua Ikan Koi

Ketika ikan koi diwakili berpasangan, mereka melambangkan pernikahan atau hubungan cinta yang dipenuhi dengan kebahagiaan dan keberuntungan.

Kamu dapat menempatkan gambar ini di sektor barat daya (hubungan cinta) rumah atau ruang tamu kamu.

2. Ikan Koi Yin dan Yang

Lukisan dua koi berwarna hitam dan putih, jantan dan betina serta membentuk simbol yin dan yang melambangkan keseimbangan energi yin dan yang.

Simbol kerukunan ini dapat ditempatkan di ruang tamu untuk mendorong kedamaian dalam keluarga.

3. Ikan Koi Dengan Titik Merah

Walaupun koi memiliki citra positif di fengshui, gambar ikan putih dengan titik merah di kepalanya harus dihindari karena dianggap sebagai simbol kegagalan.

Warna lain pada titik itu selain merah tidak akan menjadi masalah.

4. Sembilan Ikan Koi

Lukisan sembilan ikan koi, dengan delapan warna merah atau emas dan satu hitam, akan menarik kekayaan dan kemakmuran ke dalam rumah kamu.

Koi hitam tunggal menyerap semua energi negatif dari daerah sekitarnya. Sementara delapan koi merah atau emas menarik energi chi sehat.

Kamu dapat menempatkan gambar jenis ini di sektor tenggara rumah kamu untuk merangsang kekayaan.

Bisa juga dipasang di sektor utara yang berarti elemen air untuk peningkatan karier.

5. Ikan Koi Biru dan Emas

Sepasang koi dengan warna biru dan emas yang berenang berpasangan merupakan contoh harmoni yang bagus.

Biru adalah warna air dan menghasilkan energi chi yang menguntungkan. Sedangkan ikan koi emas adalah simbol kreativitas dan kekayaan.

Dipasangkan bersama, sektor rumah mana pun yang menyimpan lukisan ikan koi ini akan berjalan dengan mulus.

Bagaimana, apakah kamu tertarik menyimpan lukisan ikan koi di rumah? Menurut pakar fengsui, baiknya lukisan itu disimpan di ruang tamu, ya.

Editor : -

Tag : #lukisan ikan koi    #lukisan di rumah    #rumah    #model rumah    #dekorasi rumah    #fengshui   

Baca Juga