32 Peserta Piala Dunia 2022 (Foto: FIFA.com)

Asal Mula Julukan 32 Negara Peserta Piala Dunia 2022

Michael | Sepakbola | 05-07-2022

PARBOABOA – Sebelum menyaksikan Piala Dunia 2022 di Qatar pada akhir tahun ini, simak julukan dari 32 negara yang bakal berlaga. Anda tentu sudah terbiasa dengan julukan yang sudah tenar, tapi ada juga yang masih asing.

Dari 32 negara peserta Piala Dunia 2022 tentu penggemar sepak bola sudah ada yang terbiasa dengan julukan beberapa negara besar. Misalnya The Three Lions untuk Inggris hingga De Oranje bagi tim nasional Belanda.

Namun, untuk beberapa negara misalnya Kanada maupun tim debutan sekaligus tuan rumah Qatar, julukannya terkadang masih asing terdengar. Bahkan, Brasil ternyata juga memiliki enam julukan yang berbeda.

Jadi, simak julukan 32 negara peserta Piala Dunia 2022. Kalian juga bisa menyimak arti maupun asal muasal julukan tersebut.

Amerika Serikat (Star Stripes)

Amerika Serikat memiliki julukan, Star and Stripes, yang terinspirasi dari bendera nasional mereka dan sedikit logo bergaris Federasi Sepak Bola Amerika Serika. Julukan mereka yang lain yakni Yanks.

Wales (The Dragons)

Wales terkenal dengan julukan The Dragons atau naga. Hal ini seusai dengan kehadiran naga bernapas api di bendera nasional mereka.

Swiss (Rossocrociati)

Tim sepak bola Swiss terkenal dengan julukan Rossocrociati yang berarti Palang Merah. Julukan mereka yang lain yakni A-Team Nati yang berarti tim nasional di Swiss.

Spanyol (La Roja)

Tim nasional Spanyol mendapat La Roja yang berarti Si Merah. Mereka juga dikenal sebagai La Furia Roja yang berarti kemarahan-merah serta Tim Matador yang sesuai dengan event adat negaranya.

Serbia (Orlovi)

Tim Serbia mendapatkan julukan Orlovi yang berarti elang. Hal ini mengacu pada elang putih berkepala dua yang menjadi simbol negara Serbia.

Portugal (Os Navegadores)

Portugal memiliki sejarah yang kaya navigator terkenal yang menjelah lautan demi mencari negara-negara baru. Oleh karena itu tim nasional Portugal kerap dijuluki Os Navegadores yang berarti navigator.

Polandia (Bialo-czerwoni)

Julukan tim nasional Polandia adalah Biało-czerwoni. Arti dari julukan itu berarti putih dan merah seusai dengan bendera serta seragam utama Polandia.

Belanda (Oranje)

Tim Belanda juga publik kenal sebagai tim oranje. Julukan ini sesuai dengan warna seragam kandang mereka dan logo KNVB, Asosiasi Sepak Bola Belanda.

Jerman (Nationalelf)

Tim nasional sepak bola Jerman menadapat julukan Nationalelf yang berarti sebelas nasional. Julukan mereka yang lain yakni DFB Eleven, lalu Die Mannschaft juga berarti tim, serta Der Panzer.

Julukan terakhir tersemat setelah Jerman menjadi juara Piala Dunia pertamanya pada 1954 meski tidak diunggulkan dan sempat kesusuhan di awal.

Prancis (Les Blues)

Tim Prancis terkenal dengan sebutan Les Blues karena warna biru jersey mereka. Selain itu ada yang menjuluki Le Coq Gaulois atau ayam jantan sesuai logo asosiasi sepak bola mereka.

Inggris (Three Lions)

Asosiasi Sepak Bola Inggris menggambarkan Three Lions atau tiga singa pada logo mereka. Hal ini yang membuat tim Inggris kerap mendapat julukan Three Lions.

Denmark (De Rod-Hvide)

De Roa-Hvide memiliki arti merah dan putih dalam bahasa Denmark yang sesuai warna seragam utama mereka. Denmark juga memiliki julukan lain yakni Tim Dinamit setelah mengejutkan dunia menjadi juara Piala Eropa 1992.

Kroasia (Kockasti)

Luka Modric dan kawan-kawan sering mendapat julukan Kockasti yang berarti si kotak-kotak. Julukan Kroasia ini sesuai dengan pola pada bendera nasional mereka.

Belgia (Die Roten Teufel)

Julukan skuad Belgia yakni Die Roten Teufel yang berarti setan merah. Sang pencetus julukan ini berasal dari mantan manajer tim Belgia, Pierre Walckiers, yang terinspirasi oleh warna jersey mereka pada 1906.

Uruguay (La Celeste)

Uruguay mendapat julukan La Celeste yang berarti Biru Langit. Julukan ini mengacu pada warna jersey mereka.

Ekuador (La Tri)

Ekuador juga mendapat julukan La Tri dan La Tricolour sesuai dengan bendera nasional mereka yang memiliki tiga warna. Julukan ini serupa dengan julukan Meksiko.

Brasil (Selecao)

Selecao adalah istilah yang cukup umum dalam bahasa Portugis yang berarti pemain yang terpilih. Brasil juga memiliki julukan Samba yang merupakan tarian negara dan menggambarkan permainan sepak bola mereka yang artistik dan menawan.

Argentina (La Albiceleste)

Warna garis-garis pada jersey utama dan pada bendera Argentina adalah biru langit dan putih. Argentina kerap mendapat julukan sebagai La Albiceleste atau biru langit dan putih.

Meksiko (El Tri)

Tim Meksiko memiliki julukan El Tri yang berarti tiga warna. Julukan ini sesuai dengan tiga warna dominan bendera nasional mereka.

Kosta Rika (Los Ticos)

Orang Kosta Rika sering disebut Ticos karena cara unik mereka saat mengatakan kecil dalam bahasa Spanyol. Jadi, mereka memiliki julukan Ticos. Banyak orang juga kerap menjuluki Kosta Rika sebagai Seleksi (La Sele) dan Tricolor (La Tricolor).

Kanada (The Reds)

Tim sepak bola Kanada memiliki julukan The Reds atau Si Merah sesuai dengan warna seragam kandang. Mereka juga memiliki daun maple dalam bendera negara mereka yang berwarna merah.

Tunisia (Eagle of Carthage)

Carthage atau dalam bahasa latin berarti Kartago merupakan pusat peradaban kuno yang sangat penting di Tunisia. Untuk istilah eagle atau elang berasal dari logo Federasi Sepak Bola Tunisia, sehingga negara ini memiliki julukan Eagle of Carthage atau Elang Kartago.

Senegal (Lions of Teranga)

Teranga adalah kata yang serapan yang masuk ke dalam budaya Senegal yang berarti keramahan yang luar biasa. Oleh karena itu, tim ini memiliki julukan sebagai Teranga Lions atau singa yang ramah.

Maroko (The Atlas Lions)

Maroko, enam kali peserta Piala Dunia, memiliki julukan The Atlas Lions atau Singa Atlas yang merupakan hewan nasional resmi mereka. Namun Singa Atlas atau Singa Barbary ini sudah punah.

Ghana (Black Star)

Ghana memiliki julukan Black Star atau bintang hitam. Julukan tersebut berasal dari lambang bintang hitam yang berada di tengah bendera Ghana.

Kamerun (Les Lions Indomptables)

Tim Kamerun memiliki julukan Les Lions Indomptables yang berarti Singa yang gigih. Kata Indomptables populer saat zaman kolonial Inggris di wilayah negara Kamerun.

Korea Selatan (Taeguk Warriors)

Para penggemarnya sering menyebut The Reds sebagai julukan Korea Selatan yang berasal dari warna jersey utama mereka. Julukan Korea Selatan yang lain adalah Taegeuk Warriors dan Lions of Asia.

Taegeuk adalah simbol yang ada di bendera Korea Selatan.

Arab Saudi (Al Akhdar)

Arab Saudi memiliki beberapa julukan dan yang paling populer adalah Al-Akhsdar yang berarti hijau. Mereka juga memiliki julukan A-suqur Al-akhdar yang berarti elang hijau.

Julukan ketiga adalah As-suqur Al-arabiyyah atau Elang Arab.

Qatar (The Moon)

Qatar memiliki julukan The Maroon atau merah marun yang sesuai dengan warna jersey kandang mereka. Untuk bahasa Arab, julukan merah marun tim nasional Qatar yakni Al Annabi.

Jepang (Samurai Blue)

Tim nasional sepak bola Jepang memiliki julukan Samurai Blue atau Samurai Biru. Julukan ini berasal dari sejarah samurai negara ini serta warna biru sebagai warna kebesaran seragam utama mereka.

Iran (Tim Melli)

Tim Melli dalam bahasa Persia memiliki arti tim nasional. Namun da beberapa julukan lain untuk Iran seperti Shirane Iran yang berarti Singa Iran, Shirdelan yang berarti Hati Singa dan Pangeran Persia.

Australia (Socceros)

Seorang jurnalis yang berbasis di Sydney, Tony Horstead yang menciptakan istilah 'Socceroos' karena juga ingin menampilkan hewan ikonik Australia, kanguru. Istilah 'Socceroos' merupakan gabungan dua kata yakni sepak bola dan kanguru.
 

Tag : #fifa    #piala dunia 2022    #sepakbola    #qatar    #brasil    #argentina    #inggris    #spanyol    #jerman    #belanda   

Baca Juga