parboaboa

Asian Games 2022: Cabor Karate Berhasil Rebut Medali Perunggu dari Jepang

Maesa | Olahraga | 05-10-2023

Ignatius Joshua Kandou dari cabang olahraga karate berhasil mengalahkan Jepang dalam perebutan medali perunggu turnamen Asian Games 2022. (Foto: Hangzhou 2022)

PARBOABOA, Jakarta – Ignatius Joshua Kandou dari cabang olahraga (cabor) karate tampil di nomor kumite putra 75 kg hari ini, Kamis (05/10/2023).

Beraksi di Linping Sports Centre Gymnasium, Hangzhou, China, Joshua bertemu dengan karateka asal Jepang, Yusei Sakiyama, untuk memperebutkan posisi ketiga.

Selama kompetisi Asian Games 2022, Joshua dan Yusei Sakiyama masing-masing menampilkan kehebatannya.

Pertandingan awal berlangsung dengan sengit. Kedua karateka tersebut sama-sama berupaya untuk mendaratkan pukulan ke tubuh lawan.

Aksi saling balas serangan pun tak terhindarkan dalam laga yang digelar sore WIB itu.

Joshua berhasil mendaratkan tendangan pada bagian kepala dan tubuh Yusei Sakiyama.

Lalu, 1 menit kemudian, wakil Indonesia juga kembali berhasil menyerang bagian kepala karateka Jepang tersebut. Alhasil, Ignatius Joshua unggul 1-0 dari Yusei Sakiyama untuk sementara.

Pada set selanjutnya, guna mempertahankan keunggulan, Joshua lagi-lagi melancarkan serangan dan menekan Yusei Sakiyama.
Hasilnya, Joshua pun sukses mendulang poin tambahan dan unggul telak 4-0 dari Yusei Sakiyama.

Dengan kemenangan itu, Joshua secara sah membawa pulang medali perunggu tambahan untuk Indonesia.

Namun, berbeda dengan Joshua, karateka putri, Ceyco Georgia Zefanya yang tampil di kelas 68 kg justru harus menelan pil pahit.

Ceyco harus mengakui keunggulan Laura Alikul, karateka asal Kazakhstan dengan skor telak 1-5 pada babak semifinal. Karenanya, atlet putri berusia 24 tahun itu harus kembali bertanding untuk memperebutkan medali perunggu.

Dalam perebutan tersebut, Ceyco harus menghadapi Dihn Thi Huong asal Vietnam.

Pertandingan keduanya berjalan alot, dan tampaknya Dewi Fortuna sedang tidak berada di pihak Indonesia.

Ceyco Georgia Zefanya lagi-lagi harus menelan pil pahit karena kalah dari Dihn Thi Huong dengan skor akhir 0-1.

Klasemen Sementara

Berdasarkan klasemen sementara Asian Games 2022, kini Indonesia berada di peringkat ke-13 dengan perolehan total 33 medali yang terdiri dari 6 emas, 10 perak, dan 17 perunggu.

Posisi Indonesia itu dibayangi oleh Malaysia yang berada di peringkat ke-14 dengan total perolehan 29 medali, meliputi 5 emas, 6 perak, serta 17 perunggu.

Sementara itu, peringkat pertama masih ditempati oleh tuan rumah dengan raihan 333 medali yang terdiri dari 179 emas, 99 perak, dan 55 perunggu.

Sedangkan diposisi kedua ditempati oleh Jepang dengan total perolehan 158 medali, meliputi 44 emas, 54 perak, dan 60 perunggu.

Adapun, untuk posisi ketiga ditempati oleh Korea Selatan dengan total perolehan yakni 157 medali, meliputi 33 emas, 47 perak, dan 77 perunggu.

Editor: Maesa

Tag: #asian games 2023    #hangzhou    #olahraga    #kontingen indonesia   

BACA JUGA

BERITA TERBARU