Ilustrasi APDESI (Media Indonesia)

Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Akan Deklarasikan Dukungan Jokowi 3 Periode

Dimas | Politik | 30-03-2022

PARBOABOA, Jakarta – Kumpulan para kepala desa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), memberikan dukungan kepada Jokowi untuk lanjut 3 periode.

Tak sampai disitu, APDESI juga rencananya akan mendeklarasikan dukungannya itu setelah lebaran Idul fitri.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum DPP APDESI Surtawijaya saat ditemui media usai acara Silaturahmi Nasional APDESI 2022 yang digelar di Istora Senayan, Jakarta pada Selasa (29/3/2022).

"Habis Lebaran kami deklarasi (dukungan Presiden Jokowi tiga periode). Teman-teman di bawah kan ini bukan cerita, ini fakta, siapa pun pemimpinnya, bukan basa-basi, diumumkan, dideklarasikan apa yang kita inginkan," ujarnya.

Surtawijaya sangat yakin, seluruh kepala daerah akan mendukung rencana itu. Dia juga mengklaim 50 persen masyarakat pedesaan akan mendukung Jokowi 3 periode.

Ketua umum APDESI itu menyampaikan alasan mereka mendukung Jokowi untuk lanjut menjabat menjadi presiden selama 3 periode, karena permintaan para kepala desa yang selalu dikabulkan oleh Jokowi.

"Apa yang kita inginkan, Beliau kabulkan. Sekarang kita punya timbal balik, beliau peduli sama kita. Teman-teman sepakat tadi, tiga periode, lanjutkan," kata Surtawijaya.

Sebelumnya, APDESI telah mengajukan 5 tuntutan ke Jokowi, yakni:

- Apdesi meminta pencairan honor kades setiap bulan

- Penambahan dana operasional 3 persen dari dana desa

- Pengubahan stempel desa

- Penyederhanaan proses pencairan SPJ

- Pemberian diskresi untuk penggunaan BLT Desa.

Terakhir, Surtawijaya juga menegaskan bahwa gerakan ini murni dari pendapat para kepala desa dan tidak ditunggangi oleh pihak manapun termasuk oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

"Enggak ada. Dia ngelarang malah. Ketemu aja dilarang, 'Kamu jangan cerita-cerita begitu.' Udah saya tidak enggak berani ngomong," ucap Surtawijaya.

Tag : #jokowi    #apdesi    #politik    #pemilu2024    #luhut binsar pandjaitan   

Baca Juga