Assalamualaikum: Arti, Tulisan, Hukum dan Adab Mengucapkannya

Sari | Islam | 23-12-2022

Tulisan Assalamualaikum (Foto: Parboaboa/Lamsari)

PARBOABOA, Pematang Siantar – Ucapan salam seperti Assalamualaikum pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita, terkhusus umat Islam. Biasanya salam tersebut dibunyikan ketika bertamu, berkirim pesan atau bertemu dengan saudara seakidah.

Allah SWT menganjurkan ucapan salam tersebut, karena di dalamnya terkandung banyak keutamaan, di antaranya kesempurnaan iman, diberikan pahala, serta dipermudah jalan menuju surga.

Lantas, apa sebenarnya arti salam itu bagi umat Islam? agar semakin paham, berikut ini Parboaboa akan memberikan ulasan tentang arti dari assalamualikum, lengkap dengan tulisan Arab, hukum dan adap mengucapkannya. Baca sampai selesai ya!

Arti Assalamualaikum

Anjuran mengucapkan salam tertuang dalam Surat An-Nur ayat 27. Sebagaimana Allah berfirman:

ـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا لَا تَدۡخُلُوۡا بُيُوۡتًا غَيۡرَ بُيُوۡتِكُمۡ حَتّٰى تَسۡتَاۡنِسُوۡا وَتُسَلِّمُوۡا عَلٰٓى اَهۡلِهَا ‌ؕ ذٰ لِكُمۡ خَيۡرٌ لَّـكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَذَكَّرُوۡنَ

Artinya:

Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat.

Salam tersebut diucapkan dengan kalimat Assalamu’alaikum. Frasa lengkapnya adalah ʾas-salāmu ʿalaykum wa-raḥmatu -llāhi wa-barakātuhū (ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ). Salam ini juga termasuk dalam sunnah Nabi Muhammad SAW.

Tak hanya umat Islam, salam tersebut digunakan oleh kultur Kristen di Timur Tengah yang memiliki arti kedamaian dan kesejahteraan, bagi mereka yang mengucapkan dan menerima salam tersebut. Salam ini sendiri sama dengan salam shalom Aleichem dalam bahasa Ibrani.

Penulisan Assalamualaikum

Terdapat tiga jenis salam yang bisa diucapkan oleh seorang Muslim sebagai ungkapan sapa dan doa. Ketiganya dibahas Imam An-Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar.

Salam Pertama

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ 

Penulisan latin: Assalamu'alaikum

Artinya: Semoga Keselamatan terlimpah untukmu.

Salam Kedua

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ

Penulisan latin: Assalamu'alaikum Warahmatullah

Artinya: Semoga Allah Melimpahkan Keselamatan dan Rahmat-Nya untukmu

Salam Ketiga

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Penulisan latin: Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Artinya: Semoga Allah Melimpahkan keselamatan, Rahmat dan Keberkahan untukmu.

Mengucapkan salam tidak hanya sebatas pada orang yang kenal saja, namun dianjurkan untuk diucapkan kepada orang yang tidak kita kenal juga. Hal tersebut termaktub dalam hadist dari Abdullah bin Amr, bahwasanya ada seseorang yang bertanya pada Nabi Muhammas SAW:

“Amalan islam apa yang paling baik?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas menjawab, “Memberi makan (kepada orang yang butuh) dan mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenali dan kepada orang yang tidak engkau kenali. ” (HR. Bukhari).

Hukum Mengucapkan Salam

Penting untuk diketahui bahwa hukum mengucapkan salam dalam Islam adalah sunah dan menjawabnya adalah wajib. Hasan Al-Basri berkata “Mengawali mengucapkan salam sifatnya adalah sukarela, sedangkan membalasnya adalah kewajiban”.

Dalam menjawab salam, sebaiknya lebih lengkap dari pemberi salam, sebagaimana terdapat dalam Al-Quran:

وَإِذَا حُيِّيتُم بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا۟ بِأَحْسَنَ مِنْهَآ أَوْ رُدُّوهَآ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ حَسِيبًا

Artinya:

"Apabila kamu diberi penghormatan/salam dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu.” (QS.An-Nisa’: 86)

Adap Mengucapkan Assalamualaikum

Terdapat tiga hadist yang digunakan sebagai adap mengucapkan salam dalam Islam, yaitu:

1. Adab tentang siapa yang harusnya mengucapkan salam

Dari Abu Huraurah radhiyallahu’anhu, ia berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Hendaklah yang kecil memberi salam pada yang lebih tua, hendaklah yang berjalan memberi salam pada yang sedang duduk, hendaklah yang sedikit memberi salam pada yang banyak.” (Muttafaqun ‘alaih) (HR. Bukhari, Muslim).

2. Adab tentang bagaimana mengucapkan salam saat dalam satu kelompok/ rombongan

Dari ‘Ali radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Cukup jika berjamaah (berada dalam kelompok) jika lewat, maka salah seorang dari mereka mengucapkan salam. Cukup jika berjamaah (berada dalam kelompok) jika ada yang mengucapkan salam, maka salah seorang dari jamaah tersebut yang membalas salamnya.” (HR. Ahmad dan Al-Baihaqi).

3. Hadist Ketiga tentang adab salam terhadap Non-Muslim yang berbunyi:

Dari ‘Ali radhiyallahu ‘anhu pula, ia berkata bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Janganlah memulai mengucapkan salam kepada Yahudi dan Nashrani. Jika kalian bertemu dengan mereka di jalan, maka persempitlah jalan mereka.” (HR. Muslim) (HR. Muslim).

Hadist lain yang menyinggung masalah adab salam terhadap Non-Muslim adalah:

“Jika seorang ahli kitab (Yahudi dan Nashrani) memberi salam pada kalian, maka balaslah dengan ucapan ‘wa’alaikum’.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam riwayat lain disebutkan pula bahwa Anas bin Malik berkata,

“Ada seorang Yahudi melewati Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu ia mengucapkan ‘as-saamu ‘alaik’ (celaka engkau).” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas membalas ‘wa ‘alaik’ (engkau yang celaka). Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas bersabda, “Apakah kalian mengetahui bahwa Yahudi tadi mengucapkan ‘assaamu ‘alaik’ (celaka engkau)?” Para sahabat lantas berkata, “Wahai Rasulullah, bagaimana jika kami membunuhnya saja?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jangan. Jika mereka mengucapkan salam pada kalian, maka ucapkanlah ‘wa ‘alaikum’.” (HR. Bukhari).

FAQ – Tentang Assalamualaikum

  • Apa arti dari Assalamualaikum wr wb?

Arti Assalamualaikum wr wb atau Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh adalah semoga padamu Allah melimpahkan keselamatan, rahmat, serta keberkahanNya”. Atau dapat juga diartikan sebagai semoga keselamatan serta rahmat Allah dan juga keberkahannya terlimpah untukmu.

  • Apakah orang Non-Muslim boleh mengucapkan salam?

Ulama menjelaskan tentang hukum mengucapkan salam kepada Non-Muslim tertera dalam sebuah hadist.

“Janganlah memulai mengucapkan salam kepada orang Yahudi dan Nasrani dan bila kamu bertemu salah seorang dari mereka di jalan maka desaklah ia ke arah yang sempit (HR Muslim).

  • Apa saja keutamaan mengucapkan assalamualaikum bagi umat Islam?

Terdapat beberapa keutamaan mengucapkan salam bagi umat Islam, seperti mendapatkan kesempurnaan iman, saling mencintai sesama Muslim, dan ucapan salam masuk ke dalam amalan yang baik dalam Islam.

Editor : -

Tag : #pendidikan islam    #assalamualaikum    #islam    #ucapan salam    #hukum mengucapkan salam   

BACA JUGA