Liga Champions akan menggunakan aturan baru pada babak gugur tahun ini (Foto: UEFA)

Aturan Baru Pada Babak Gugur di Liga Champions Musim Ini

Michael | Sepakbola | 15-02-2022

Parboaboa.com – Fase gugur Liga Champions 2021/2022 ini diyakini bakal berlangsung lebih seru dan adil. UEFA telah menghapus aturan gol tandang yang sudah bertahun-tahun diprotes.

Penghapusan aturan gol tandang itu berlaku mulai fase gugur musim 2021/2022 untuk semua kompetisi di bawah naungan UEFA, yaitu Liga Champions, Liga Europa, Women’s Champions League, dan level usia.

Aturan gol tandang ini sendiri sejatinya sudah diterapkan sejak tahun 1965 silam. Aturan itu mulai dipakai di ajang Winners Cup. Awalnya, aturan ini dibuat untuk menyeimbangkan pertandingan.

UEFA mengumumkan perubahan aturan itu pada hari Kamis (24/06/2021) silam dan akan mulai diterapkan di babak 16 besar Liga Champions, beberapa hari mendatang.

Menurut UEFA, penghapusan ini dilakukan setelah mendapati fakta bahwa ada penurunan jumlah kemenangan dan gol di kompetisi-kompetisi yang berada di bawah naungan UEFA.

"Aturan gol tandang akan dihapus dari semua kompetisi klub UEFA mulai musim 2021/22. Pertandingan di mana kedua tim mencetak jumlah gol yang sama selama dua leg sekarang akan memiliki dua periode perpanjangan waktu 15 menit, dan, jika diperlukan, tendangan penalti."

"Statistik dari pertengahan 1970-an hingga sekarang menunjukkan tren yang jelas dari pengurangan terus menerus dalam kesenjangan antara jumlah kemenangan kandang/tandang (dari 61%/19% menjadi 47%/30%) dan jumlah rata-rata gol per pertandingan yang dicetak di kandang/tandang (dari 2.02/0.95 ke 1.58/1.15) di kompetisi putra."

Aturan Baru Babak Gugur Liga Champions

Untuk memudahkan pemahaman penghapusan aturan gol tandang ini, Bolaneters bisa mengamati skenario berikut:

  • Katakanlah ada duel dua leg fase gugur antara Tim A vs Tim B
  • Tim A main kandang terlebih dahulu, Tim B main kandang di leg kedua
  • Leg pertama berakhir 1-1, tim B berhasil mencuri satu gol tandang
  • Leg kedua berakhir imbang 0-0, tim A gagal mencetak gol saat bermain tandang
  • Jika menggunakan aturan lama, Tim B berhak lolos ke babak berikutnya karena unggul gol tandang
  • Namun, dengan aturan baru, pertandingan skor 1-1 berarti harus dilanjutkan ke babak extra time
  • Pertandingan dilanjutkan ke extra time untuk menemukan pemenang
  • Jika belum juga menemukan pemenang, pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti

Jadi, perbedaan utamanya ada di leg kedua. Jika skor seimbang dalam dua leg, tim yang bermain kandang di leg kedua akan mendapatkan sedikit keuntungan karena babak extra time dan adu penalti dimainkan di stadion mereka.

Karena aturan gol tandang sudah tidak lagi berpengaruh di pertandingan, UEFA juga menghapus aturan ini sebagai salah satu faktor untuk menentukan posisi di klasemen sementara.

Sebelumnya, jika ada dua atau lebih tim dengan jumlah poin yang sama di klasemen sementara fase grup, aturan gol tandang berpengaruh jadi salah satu faktor penentu posisi antar-tim yang bersaing.
 

Tag : #liga champion    #babak 16 besar    #uefa   

Baca Juga