Ilustrasi

Audio YouTube Shorts Kini Diperpanjang Hingga 60 Detik

Wanovy | Teknologi | 18-11-2022

PARBOABOA - Dalam langkah terbarunya, kini YouTube Short bisa pakai musik berlisensi hingga satu menit.

Untuk merayu para pembuat konten, YouTube Shorts mengumumkan bahwa pembuat video akan segera diizinkan untuk menambah musik berhak cipta hingga satu menit di Shorts mereka.

Perubahan yang dilakukan YouTube Shorts tersebut merupakan peningkatan signifikan dari batas 15 detik sebelumnya untuk lagu berlisensi apa pun.

"Kami mewujudkan permintaan Anda untuk dapat menggunakan audio berdurasi lebih dari 15 detik di video Shorts. Anda dapat menggunakan musik sepanjang 30-60 detik untuk sebagian besar lagu dan audio asli," tulis Reuben, tim YouTube di website support Google.

Jika ingin menggunakan audio berdurasi lebih dari 15 detik, YouTube menyarankan Anda untuk mengubah durasi video Anda menjadi 60 detik.

"Alat pilih audio akan menampilkan durasi audio yang dapat digunakan dari setiap lagu atau video (15, 30, atau 60 detik) dan durasi rekaman video Anda harus diubah menjadi 60 detik agar dapat menggunakan audio berdurasi lebih dari 15 detik," jelasnya.

Selain itu, tidak seperti sebelumnya, sekarang pembuat konten dapat melakukan "remix", atau mengambil sampel, hingga 60 detik suara dari video lain, bukan hanya 15 detik saja.

Meski begitu, YouTube mencatat mungkin beberapa audio hanya akan tersedia dalam 30 detik saja, dikarenakan adanya pembatasan lisensi yang berkelanjutan.

Selama beberapa minggu ke depan, para kreator YouTube akan mulai melihat opsi yang diperluas untuk menambahkan musik ke video ini di aplikasi YouTube untuk iOS dan Android.

"Pembaruan ini mulai diluncurkan hari ini, kami menantikan konten yang Anda buat dengan audio berdurasi lebih panjang," tutup pengumuman itu.

Update ini memungkinkan kreator bisa lebih fleksibel dalam berkreasi dengan konten-konten yang dibuatnya di masa mendatang.

Oleh karena itu, dalam beberapa minggu mendatang, konten kreator akan melihat opsi tambahan saat ingin menambahkan musik latar (backsound) ke video mereka di aplikasi YouTube berbasis mobile (Android dan iOS) secara global.

Akan tetapi, rencana tersebut tampaknya ada kendala. Sebab beberapa lagu di YouTube memiliki batasan durasi, karena adanya pembatasan lisensi yang berkelanjutan, yaitu maksimal berdurasi 30 detik.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perusahaan lain seperti TikTok kerap melakukan negosiasi terlebih dahulu dengan pemegang hak cipta, seperti pemilik label musik, distributor, dan penerbit sebelum memasukkan lagu tersebut ke TikTok.

Nah, belum diketahui apakah YouTube sudah melakukan kesepakatan bersama dengan mitra musiknya atau tidak, karena perusahaan tidak memberi komentar lanjutan.

Hanya saja bila merujuk pada pernyataan perusahaan, dikatakan bahwa sebagian besar lagu di daftar lagu yang tersedia akan memiliki durasi maksimum selama 60 detik (1 menit).

Namun, perlu dicatat adanya perubahan durasi durasi atau suara yang ditambahkan tidak mengubah durasi maksimum dari konten Shorts. Konten Shorts tidak diperpanjang dan tetap memiliki durasi maksimal selama 60 detik.

Tag : #youtube shorts    #youtube    #teknologi    #apps    #internet    #youtube music   

Baca Juga