Kaligrafi ayat kursi (Dok: id.carousell.com)

Bacaan Ayat Kursi dan Artinya Beserta Keutamaannya

Rahma | Pendidikan | 11-06-2022

PARBOABOA - Bacaan ayat kursi adalah salah satu ayat yang disebut-sebut sebagai ayat paling utama dan memiliki segudang manfaat bila dapat diamalkan.

Lalu ayat kursi ayat berapa di dalam Al-Quran? Ayat yang memiliki banyak keutamaan ini terdapat pada urutan ayat ke-255 di dalam Surah Al-Baqarah.

Menurut Imam Ibnu Katsir, ayat ini disebut bacaan ayat kursi karena memiliki kedudukan yang paling besar dalam Al-Quran dan disebut juga sebagai ayat yang paling agung.

Bacaan Ayat Kursi Lengkap

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Tulisan ayat kursi latin:

Allahu laa ilaaha illaa huw al-hayyul qayyuum. Laa ta’ khuzuhu sinatuw wa laa na’um, lahuu maa fisamaawaati wa maa fil-ard,

man zallazi yasyfa’u ‘indahuu illaa bi iznih, ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum, wa laa yuhiituna bisyai im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa

wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal-ard, wa laa ya ‘uduhu hifzuhumaa wa huwal-‘aliyyul-‘aziim.

Ayat kursi dan artinya:

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur.

Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya?

Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya.

Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Ayat kursi ayat berapa? Ayat ini terdapat dalam surah Al-Baqarah pada urutan ke-255, tepatnya terdapat pada juz ketiga.

Keutamaan Ayat Kursi

Setelah mengetahui bacaan ayat kursi, kalian juga perlu tahu mengenai keutamaan ayat kursi itu sendiri. Berikut ini 12 keutamaan rutin membaca bacaan ayat kursi lengkap.

1. Dapat membuka pintu rezeki

2. Doanya menjadi lebih gampang untuk dijabah

3. Dapat menjadi penyebab seseorang masuk surga

4. Dapat melindungi diri dari gangguan jin dan sihir

5. Termasuk doa yang dapat mengangkat derajat

6. Doa yang dapat dibaca untuk menjauhkan diri dari bencana

7. Jika meninggal dalam kedaan rutin membaca ayat kursi, maka mendapat pahala mati syahid

8. Mempermudah mendapatkan jodoh

9. Selalu mendapat perlindungan dari Allah swt

10. Dimudahkan saat sakaratul maut

11. Dijauhkan dari kefakiran

12. Keutamaan ayat kursi terakhir adalah diberikan kemudahan dalam menyelesaikan segala urusan

Waktu Terbaik Bacaan Ayat Kursi Diamalkan

Setelah mengetahui banyaknya keutamaan ayat kursi, apakah kalian tertarik untuk mencoba mengamalkan bacaan ayat kursi lengkap ini setiap hari?

Jika ya, berikut ini kami akan membagikan informasi mengenai waktu terbaik bacaan ayat kursi untuk diamalkan.

1. Waktu Pagi dan Sore

Menurut riwayat yang disampaikan oleh Al Hakim dari Ubay bin Ka'ab, Rasulullah SAW pernah bersabda, kalian akan mendapat keutamaan ayat kursi yang istimewa jika dibaca pada waktu pagi dan dzikir sore.

Jika kamu membaca bacaan ayat kursi pada waktu ini, maka kamu akan mendapat keutamaan ayat kursi yakni mendapat perlindungan dari Allah swt terutama dari gangguan jin maupun setan.

إِذَا قَرَأَتْهَا غُدْوَةً أُجِرَتْ مِنَّا حَتَّى تُمْسِيَ ، وَإِذَا قَرَأَتْهَا حِيْنَ تُمْسِي أُجِرَتْ مِنَّا حَتَّى تُصْبِحَ

Artinya: "Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga petang. Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi hingga pagi." (HR Al Hakim).

2. Setelah Salat Fardhu

Waktu terbaik bacaan ayat kursi diamalkan berikutnya yakni setelah selesai salat fardhu. Jika kamu mampu mengamalkannya secara rutin, maka kamu juga akan mendapat keutamaan ayat kursi yang istimewa dan berbeda dari waktu sebelumnya.

Janji Allah swt untuk imbalan yang bisa ngamalkan ini juga tidak main-main loh. Pembacanya dipercaya akan masuk surga dan Allah SWT telah mempersiapkan tempatnya disurga sebelum ia meninggal.

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُوْلِ الجَنَّةِ اِلاَّ اَنْ يَمُوْتَ

Artinya: "Barang siapa membacanya (ayat kursi) setiap kali selesai mengerjakan salat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian," (HR An Nasa'i).

3. Sebelum Tidur Malam

Waktu terbaik bacaan ayat kursi diamalkan terakhir yakni sebelum tidur di malam hari. Keutamaan ayat kursi ini adalah Allah swt akan menjaga pembacanya sampai ia terbangun.

لِى إِذَا أَوَيْتَ إِلَى فِرَاشِكَ فَاقْرَأْ آيَةَ الْكُرْسِىِّ مِنْ أَوَّلِهَا حَتَّى تَخْتِمَ ( اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَىُّ الْقَيُّومُ ) وَقَالَ لِى لَنْ يَزَالَ عَلَيْكَ مِنَ اللَّهِ حَافِظٌ وَلاَ يَقْرَبَكَ شَيْطَانٌ حَتَّى تُصْبِحَ

Artinya: "... bila engkau akan beranjak ke tempat tidurmu maka bacalah ayat kursi hingga selesai yaitu bacaan 'Allahu laa ilaha illa huwal hayyul qoyyum (ayat kursi)'. Karena sesungguhnya ia (dapat menjadikanmu) senantiasa mendapatkan penjagaan dari Allah dan setan pun tidak akan mendekatimu hingga pagi hari." (HR Bukhari).

Demikianlah informasi mengenai bacaan ayat kursi dan artinya yang dapat menambah wawasan kalian tentang ilmu agama.

Jangan lupa juga meluangkan waktu untuk membaca ayat-ayat Al-Quran yang lain. Karena setiap ayat memiliki manfaat yang berbeda-beda ya teman.

Selain itu memahami bacaan Al-Quran juga akan dapat menambah pengetahuan kalian, dan menjaga kalian dari perilaku yang dilarang Allah swt.

Tag : #pendidikan islam    #ayat kursi    #pendidikan    #doa    #hadis    #keutamaan    #artinya    #latin   

Baca Juga