Badai pasir yang melanda Kota Tuz Khurmatu, Irak, pada Jumat (8/4/2022) waktu setempat, menewaskan sedikitnya empat orang. Middle East Monitor

Badai Pasir Dahsyat Tewaskan 4 Orang di Irak, Puluhan Sesak Napas

Dion | Internasional | 09-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Sedikitnya empat orang dilaporkan meninggal dunia sementara puluhan lainnya mengalami sesak napas dan luka-luka akibat badai pasir dahsyat yang melanda Irak bagian utara. 

Bencana mengerikan itu terjadi di Kota Tuz Khurmatu pada Jumat (8/4/2022) waktu setempat. Badai pasir menyebabkan puluhan orang mengalami sesak napas, banyak juga yang mati lemas sesaat. 

Sementara mereka yang beruntung bisa selamat karena terkubur dalam pasir saat badai ganas itu melanda. 

Juru bicara Rumah Sakit Tuz Khurmatu pada Jumat mengeluarkan pernyataan bahwa pihaknya telah menerima puluhan kasus yang mengeluhkan masalah pernapasan akibat badai pasir. 

Mereka juga membenarkan adanya empat orang tewas. Pihak rumah sakit mengatakan ada kemungkinan jumlah korban luka akibat badai ini meningkat. 

Sementara di Kota Erbil, badai pasir telah terjadi sejak Kamis (7/4/2022). Jumlah pasien sesak napas di rumah sakit mencapai 222 orang. 

Di Kota Kirkuk, bedasarkan catatan rumah sakit setempat, ada sekitar 90 orang menderita sesak napas dan mati lemas sesaat. 

"Sejumlah orang yang menderita untuk sementara dirawat di rumah sakit," kata pernyataan itu. 

Badai pasir kerap terjadi di negara-negara seperti Arab Saudi, Mesir, dan Uni Emirat Arab. Di India pada 2018 lalu mengalami hal serupa yang menewaskan 142 orang. Negara bagian Uttar Pradesh dan Rajasthan merupakan yang terparah diterjang badai. 

Tag : #irak    #badai pasir    #internasional    #tuz khurmatu    #erbil    #kirkuk    #arab saudi    #mesir    #dan uni emirat arab   

Baca Juga