Ilustrasi Jurusan Kuliah (Doc. 99.co)

Bagaimana Cara Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Kemampuan?

Olivia | Pendidikan | 01-04-2022

PARBOABOA – Ketika sudah memasuki semester genap di kelas XII, kita pasti sering melontarkan pertanyaan, “jurusan kuliah mana yang seharusnya saya ambil?”

Memilih jurusan kuliah terkadang menjadi dilema yang berkepanjangan karena dihadapkan dengan pilihan yang sangat banyak. Ibarat ingin jajan di kantin dengan pilihan yang begitu banyak, tapi hanya punya uang Rp. 2000 saja. Pasti akan membingungkan.

Namun kamu tidak perlu berkecil hati, berikut 9 cara memilih jurusan kuliah sesuai kemampuan.

1. Perdalam Hobi

Hobi bisa dikatakan minat dan bakat yang terpendam dalam diri. Jadi perdalam terus hobimu karena itu bisa mempermudah kamu dalam menentukan jurusan sesuai dengan kemampuan.

2. Mengikuti Tes Minat Bakat

Tes minat bakat juga bisa dijadikan landasan dalam memilih jurusan di perkuliahan, karena mengandung tiga bagian pertanyaan, yakni aktivitas kesukaan, kemampuan dan profesi yang disukai.

3. Cari Tahu dan Tulis Hal yang Paling disuka

Mencari hal yang disukai, lalu menyaring dan menuliskannya dapat membantu kamu untuk berpikir kembali apakah itu sesuai dengan jurusan yang ingin dituju.

4. Lakukan Riset Jurusan Kuliah

Sebelum menjatuhkan pilihan, pastikan kamu sudah melakukan riset untuk jurusan yang kamu tuju. Pahami masing-masing bidang ilmunya, lakukan prospek terhadap alumni dan cari tahu hal penting yang berkaitan dengan jurusan tersebut.

5. Melakukan Konsultasi dengan Orang yang berpengalaman

Malu bertanya, sesat di jalan”, mungkin pepatah ini akan tepat bagi kamu yang tidak mau bertanya ke orang yang lebih professional/berpengalaman. Sikap acuh yang kamu tunjukkan tidak akan menyelesaikan permasalahan disaat ingin memilih jurusan kuliah.

Jadi, lakukanlah diskusi dengan orang terdekat atau yang lebih paham dalam menentukan jurusan.

6. Pilih Jurusan Kuliah yang Menjanjikan

Dalam memilih jurusan kuliah, harus tahu prospek kedepannya, apakah akan gampang mendapatkan pekerjaan atau malah sebaliknya. Pilihlah jurusan yang memiliki lapangan pekerjaan yang menjanjikan atau langsung ada penempatan.

7. Jangan Fokus dengan Satu Jurusan

Percaya diri dengan satu jurusan saja bisa, namun ada baiknya jika kamu memiliki pilihan kedua dengan jurusan yang mirip. Hal ini dilakukan agar disaat tidak menang pada pilihan pertama, masih ada pilihan kedua.

Banyak Universitas di Indonesia yang memiliki beragam jurusan, kamu tidak perlu khawatir karena pasti ada saja jurusan yang sama meski di lain Universitas.

8. Perhatikan Biaya Kuliah

Ini adalah poin penting dalam memilih jurusan kuliah. Mengapa? Karena Universitas Negeri sekalipun pasti membutuhkan biaya kuliah yang tidak sedikit. Sesuaikan dengan kondisi dan kemampuan orang tua. Jangan sampai karena keterbatasan biaya, membuat kamu putus kuliah.

9. Jangan Ikut Kata Teman

Anak yang kembar identik sekalipun belum tentu memiliki kemampuan yang sama, apalagi kamu yang tidak memiliki hubungan keluarga sama sekali dengan temanmu. Kemampuan kalian pasti berbeda, mungkin saja di satu jurusan itu temanmu mampu sementara kamu tidak.

Nah teman-teman, inti dari kesembilan cara memilih jurusan kuliah yakni berdirilah diatas kaki sendiri, tentukan jurusan yang sesuai dengan passion yang kamu miliki agar tidak menyesal dikemudian hari. Semoga sukses!

Tag : #cara memilih jurusan kuliah    #jurusan kuliah    #pendidikan    #jurusan kuliah yang menjanjikan    #universitas   

Baca Juga