Ilustrasi Bolu Meranti

Bagaimana Kue Bolu Meranti Menjadi Oleh oleh Khas Kota Medan?

Sari | Travel | 25-02-2022

PARBOABOA, Siantar - Siapa yang tidak tahu dengan oleh oleh khas Medan, bolu meranti? Rasanya semua orang mengetahui bolu gulung yang satu ini. Tidak sah rasanya bila selepas berkunjung dari kota Medan tapi tidak singgah untuk membeli buah tangan yang memiliki tekstur lembut juga lezat.

Bolu meranti adalah Camilan berupa bolu gulung yang berbahan dasar telur dan tepung dengan berbagai macam isian, mulai dari rasa bolu meranti keju, cokelat, moka, stroberi dan kacang. Bolu produksi rumahan asal Kota Melayu Deli ini kerap menjadi incaran para wisatawan.

Sejarah hadirnya bolu meranti membuat orang-orang penasaran. Padahal, oleh oleh khas Medan ini tercipta secara tidak sengaja. Berawal dari usaha kue milik seorang wanita bernama Ai Ling. Sekitar tahun 2000-an ia mulai menitipkan bolu gulung buatannya kepada kerabatnya yang membuka toko kue.

Toko kue kerabatnya berada di Jalan Meranti, Medan. Ternyata, bolu gulung buatan Ai Ling memiliki banyak peminat. Akhirnya, pada tahun 2005 Ai Ling membuka gerai kue sendiri yang terinspirasi dari nama jalan Meranti.

Gerai kue milik Ai Ling yang pertama berdiri di Jalan Kruing No. 2K Medan. Supaya tidak kehilangan pelanggan, ia menamakan bolu gulung buatannya sebagai nama Meranti. Usaha bolu meranti ini akhirnya menjadi usaha satu keluarga, dimana semua pengelolahnya adalah keluarga Ai ling.

Keempat anak Ai Ling ikut andil dalam membangun bisnis bolumeranti. Bolu meranti kian berkembang mulai dari usaha rumahan sampai dengan usaha skala kecil perusahaan. Adapun jabatan ke empat anaknya adalah Rissa mengurus jalannya produksi, Ricca Soh bertugas untuk mengurusi keuangan, Kusno Soh bertugas menangani penjualan, dan Tomy Soh mengurus manajemen perusahaan.

Walaupun perusahaan sudah dipegang oleh empat anaknya. Ai Ling tetap mendampingi dan mengawasi kualitas produksi bolu meranti. Oleh oleh khas Medan ini berusaha untuk mempertahankan dan meningkatkan rasa sesuai dengan permintaan pasar.

Awalnya bolu meranti ini hanya memiliki lima rasa, seiring dengan inovasi yang dilakukan sekarang menu bolu meranti beragam, mulai dari rasa coklat, stroberi, moka, nanas, blueberry dan abon. Pembeli juga bisa menambahkan berbagai jenis Topping, mulai dari meses, keju dan kacang.

Harga bolu meranti cukup terjangkau. Mulai dari 60 ribuan, kamu sudah bisa membawa pulang oleh oleh khas Medan ini ke kampung halaman. Bolu meranti memiliki rasa yang sangat khas, lembut dan cukup tahan lama meskipun tidak menggunakan bahan pengawet. Hal ini lah bagaimana kue bolu meranti menjadi oleh-oleh khas Kota Medan.

Saat berkunjung ke gerai bolu meranti kamu akan menjumpai pemandangan antrian yang panjang. Hal ini sudah biasa walaupun tidak pada saat hari raya keagamaan yang identik dengan mudik. Namun, antrian disini diatur rapi dengan suasana yang kondusif, jadi jangan khawatir terjadinya desak-desakan.

Bagi kamu yang berdomisili jauh dan ingin membawa pulang kue meranti, tidak perlu khwatir. Karena bolu meranti dapat bertahan sampai dengan tiga hari tanpa dimasukkan ke dalam ruang freezer atau akan bertahan tujuh hari jika di dalam kulkas.

Jika kamu belum pernah mencoba bolu meranti, dan penasaran rasa apa sih yang sering dibeli orang maka kamu bisa mencoba meranti keju. Rasa ini menjadi favorit para pelancong yang singgah untuk membeli oleh khas Medan.

Untuk kamu yang sedang mengunjungi kota Medan, jangan lupa untuk singgah ke gerai bolu meranti terdekat. Ada beberapa pilihan toko bolu meranti di Kota Medan. Diantaranya: Bolu Meranti Jl. Sisingamangaraja No.19B Medan ; Toko Bolu Meranti Jalan Rajak No. 7C Medan ; Bolu Meranti Jl. Ring Road No.16 Medan ; dan bolu meranti juga tersedia di Bandara Kualanamu Medan.

Nah, tertarik untuk mencoba oleh oleh khas Medan yang satu ini? Oh iya untuk kamu yang tidak ingin hanya membeli bolu meranti kamu bisa mencoba camilan lain loh, disetiap toko bolu meranti juga tersedia Brownies, lapis legit, kue sus dan yang lainnya.

Tag : #wisata medan    #bolu meranti    #bolu meranti medan    #travel   

Baca Juga