Kosakata Bahasa Gaul Anak Jaksel Beserta Artinya

Penulis : Kathleen | Pendidikan | 03-01-2023

Kosakata Bahasa Gaul Anak Jaksel (Foto : harianmerapi.com)

PARBOABOA- Bahasa Jaksel biasa dikatakan sebagai bahasa gaul anak millennial yang kerap kali dipakai oleh anak-anak muda dari daerah Jakarta Selatan. Bahasa ini sangat sering digunakan oleh anak milenial pada saat ini baik dalam percakapan sehari-hari ataupun di media sosial.

Tren penggunaan bahasa ini sudah hadir sejak tahun 2018 silam, namun seiring berkembangnya waktu hingga saat ini tren istilah bahasa gaul ini mulai berkembang. Biasanya bahasa gaul Jaksel tidak pernah lepas dari campuran bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Saat ini komunikasi dalam bahasa Indonesia kerap kali tercampur dengan istilah bahasa asing yang menjadi tren. Mungkin bagi sebagian orang sudah terbiasa dengan penggunaan bahasa Indonesia dengan istilah bahasa Inggris.

Namun, beberapa orang lainnya masih bingung maksud dari bahasa Jaksel tersebut, sehingga mereka akan mencari tahu istilah-istilah tersebut.

Bahasa ini juga memiliki keunikan karena pengucapannya bercampur antara dua bahasa yaitu Inggris dan Indonesia. Jika kamu ingin menguasai bahasa Jaksel, maka kamu harus menguasai bahasa Inggris terlebih dahulu agar bisa mengerti dan cocok jika dicampur ke dalam tatanan bahasa Indonesia.

Bahasa gaul tentunya hanya dipakai dengan teman sebaya atau yang memang sudah kenal dekat. Karena istilah bahasa gaul ini memiliki arti yang kurang baik jika dipakai dengan orang yang usianya lebih tua.

Kosakata Anak Jaksel Bahasa Inggris

Berikut ini bahasa gaul Jaksel yang sering kali diucapkan anak Jaksel :

  1. Literally: Secara harfiah, atau arti yang paling mendasar
  2. Basically: Pada dasarnya
  3. Which is: Yang mana, di mana
  4. The point is: Pada intinya
  5. Honestly: Sejujurnya
  6. Attitude: Sikap
  7. Normally: Biasanya, secara normal
  8. Actually: Sebenarnya
  9. Prefer: Lebih suka
  10. Make sure: Yakinkan
  11. Gaslighting: Tindakan memanipulasi seseorang dengan memaksa korban untuk mempertanyakan pikiran, perasaan dan peristiwa yang dialami.
  12. Couple goals: Istilah yang dilontarkan untuk pasangan-pasangan yang menjadi panutan banyak orang dan patut dicontoh.
  13. Deep talk: Percakapan antara dua orang atau lebih untuk membahas sesuatu secara lebih mendalam.
  14. Trust issue: Digunakan untuk orang-orang yang cenderung sulit mempercayai orang lain. Hal ini biasanya disebabkan adanya peristiwa buruk yang menimbulkan rasa kecewa di masa lalu.
  15. Ghosting: Istilah ini diambil dari kata ghost yang artinya hantu. Nah, kerennya, ghosting adalah julukan untuk orang yang suka tiba-tiba menghilang tanpa memberi kepastian.
  16. Healthy relationship: Hubungan asmara yang sehat dan jauh dari perbincangan negatif.
  17. Bestie: Kata slank dari best friend alias temen baik. Anak Jaksel biasanya akan memanggil bestie pada orang dengan pertemanan yang sudah sangat erat.
  18. Bro mens: Pertemanan yang erat di antara dua laki-laki. Kurang lebih sama dengan bestie, tetapi bestie biasanya banyak digunakan oleh perempuan.
  19. Toxic relationship: Contraction dari healthy relationship. Artinya sebuah hubungan asmara yang tidak sehat dan cenderung saling merugikan satu sama lain.
  20. Silent treatment: Perilaku seseorang yang mengabaikan pasangan dalam waktu tertentu, tanpa ada penjelasan atau usaha untuk menyelesaikannya.
  21. Emotional abuse: Julukan untuk orang yang memanipulasi orang lain melalui tindakan atau perkataan yang bersifat ancaman. Hal ini tentunya akan membuat orang lain takut dan merasa terintimidasi.
  22. Strict parents: Artinya orang tua yang terlalu menuntut anaknya untuk menurut dan tidak diberi kebebasan melakukan hal  yang disukai anak.
  23. Clingy: Sifat ini cenderung ditujukan pada orang yang bergantung terhadap orang lain. Biasanya terjadi dalam sebuah hubungan percintaan. Istilah ini biasa dikenal juga dengan cringe.
  24. Love language: Adalah bahasa cinta. Seperti tindakan atau tanda cinta seseorang terhadap pasangannya.
  25. Support system: Artinya lingkungan yang saling mendukung.
  26. Word of affirmation: Salah satu dari love language yang memberikan kata-kata positif berupa pujian atau apresiasi terhadap pasangan.
  27. Split bill: Artinya patungan untuk membayar sesuatu. Split bill ini bisa dilakukan dalam circle pertemanan ataupun dengan pasangan.
  28. Sleep Call: Biasanya ini adalah kondisi di mana pasangan menghabiskan waktu untuk telponan di malam hari sampai tidur.

Editor : -

Tag : #bahasa jaksel    #jakarta selatan    #pendidikan    #bahasa gaul    #bahasa slank    #millenial   

Baca Juga