King Fahd International Airport (seindotravel.com)

7 Bandara Terbesar di Dunia, Luasnya Hampir 80.000 hektar!

Wulan | Hiburan | 01-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Tak hanya menjadi tempat bagi pesawat untuk mendara dan lepas landas, bandara juga berperan sebagai fasilitas yang sangat berguna serta mempermudah mobilitas banyak orang.

Bandara memang memiliki peranan penting untuk kelancaran aktivitas manusia. Terlebih, pesawat menjadi alat transportasi favorit karena jarak jauh yang dapat ditempuh hanya dalam waktu yang cukup singkat, sehingga lebih efisien dalam segi waktu dan tenaga.

Dengan demikian, bandara akan dirancang sedemikian rupa menggunakan fasilitas lengkap, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpangnya. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak bandara memiliki ukuran yang sangat luas serta megah.

Apakah kamu tahu, bandara mana saja yang memiliki ukuran terluas di dunia? Jika ingin tahu, nih Parboaboa sudah merangkum urutan bandara terbesar di dunia. Yuk simak!

1. King Fahd International Airport (78.000 hektar)

Bandara terbesar di dunia yang pertama adalah King Fahd Internasional Airpot atau yang dikenal sebagai KFIA. Diresmikan pada 1999, bandara ini merupakan hub ketiga di Arab Saudi setelah Bandara Internasional Raja Khalid di Riyadh dan Bandara Internasional Raja Abdul Aziz di Jeddah. KFIA melayani penerbangan ke Dammam, Khobar, Ras Tanura, Dhahran, Qatif dan Jubail.

Bandara ini juga memiliki dua landasan pacu dan tiga terminal yaitu terminal utama enam lantai khusus untuk penerbangan internasional dan domestik, terminal yang melayani maskapai penerbangan swasta yang beroperasi untuk Saudi Aramco. Selanjutnya, Royal Terminal yang khusus melayani keluarga kerajaan Arab Saudi, tamu resmi dan pejabat pemerintah.

2. Denver International Airport (14.000 hektar)

Bandara terbesar di dunia selanjutnya adalah Denver International Airport. Tak hanya menjadi bandara terbesar di dunia, bandara ini juga menjadi bandara terindah lantaran memiliki landasan pacu terpanjang di dunia yang bisa digunakan secara umum di Amerika Serikat.

Berdasarkan tingkat lalu lintas penumpang, bandara ini dinobatkan sebagai bandara tersibuk ke-10 di dunia pada tahun 2009 lalu. Saat itu, bandara Denver memiliki lalu lintas penumpang sebanyak 50.167.485 penumpang.

Namun, bandara ini hanya memiliki satu terminal yang terhubung ke berbagai jenis penerbangan baik internasional dna domestik.

3. Dallas/Fort Worth International Airport (6.963 hektar)

Di posisi ketiga ada Dallas/Fort Worth International Airport yang masuk dalam kategori bandara terbesar di dunia. Bandara ini resmi beroperasi sejak tahun 974 dan menjadi pusat penerbangan utama untuk maskapai American Airlines A1G (AAL).

Dilihat dari arus kedatangan dan keberangkatan pesawatnya, bandara ini memiliki arus sebanyak 652.261 pesawat. Hal itulah yang menjadikan bandara internasional Dallas sebagai bandara tersibuk di dunia keempat.

Selain itu, terdapat 7 landasan pacu yang dimiliki bandara ini. Bandara DWF juga menjadi satu-satunya bandara di dunia dengan empat landasan pacu beraspal yang dapat digunakan lebih dari 4.000 meter.

4. Orlando International Airport (5.383 hektar)

Bandara terbesar di dunia yang keempat adalah Orlando International Airport. Bandara yang terletak di tenggara pusat kota Orlando, Florida ini mampu menampung 44.611.265 penumpang pada tahun 2017. Hal tersebut membuat bandara ini mendapat julukan sebagai bandara tersibuk di Florida.

Bandara ini juga berdekatan dengan beberapa bandara lainnya di Amerika Serikat, seperti Bandara Melbourne, Bandara Lakeland dan sebagainya.

Tak hanya itu, bandara Orlando ini juga menyediakan beberapa maskapai penerbangan seperti Silver Airways, Avianca, Air Jamaica, Copa Airlines, Alaska Airlines, British Airways, dan lainnya.

5. Washington Dulles International Airport (4.451 hektar)

Bandara Internasional Washington Dulles ini dibuka pada tahun 1962 dan terletak Amerika Serikat bagian timur, tepatnya di daerah Loudoun dan Fairfax di Virginia.

Bandara Internasional Washington Dulles diberi nama oleh Foster Dulles, sekretaris negara ke-52 yang bekerja melayani Presiden D.Eisenhower. Bandara ini juga melayani penerbangan wilayah metropolitan Baltimore-Washington-Northern Virginia di District of Columbia.

Bandara ini juga menyediakan beberapa maskapai penerbangan yang dapat digunakan masyarakat umum seperti, Avianca, British Airways, Delta Air Lines, dan sebagainya.

6. George Bush Intercontinental Airport (4.451 hektar)

Bandara terbesar di dunia keenam ini terletak sejauh 37 kilometer dari pusat kota. Bandara yang dikelola oleh Houston Sugarland Baytown ini diketahui memiliki beberapa rute internasional dan domestik tersibuk diantaranya Kota Meksiko, London, San Jose, Frankfurt, Amsterdam, Kota Guatemala dan lainnya. Selain itu bandara ini juga menerima beberapa penerbangan seperti Amerika Selatan, Afrika, Eropa, Asia dan Amerika Tengah.

7. Shanghai Pudong International Airport (4.451 hektar)

Shanghai Pudong International sudah berdiri sejak 1 Oktober 1999 dan menjadi bandara terbesar di dunia yang terletak di S1 Yingbin Expy, Pudong, Shanghai, Tiongkok. Bandara ini diketahui bisa melayani penerbangan dari Shanghai ke kota-kota utama, baik dalam maupun luar negeri, serta penerbangan kargo.

Bandara ini pernah memiliki jumlah penumpang sebanyak 40.578.621 orang pada tahun 2010 lalu. Selain itu, Shanghai Pudong juga memiliki dua terminal yang bisa digunakan seluruh penumpang.

Ada beberapa maskapo yang bisa mendarat di bandara terbesar di dunia ini di antaranya, Aeroflot, Air Canada, Air Koryo, Air Macau, China Airlines, Emirates, Garuda Indonesia, Korean Air dan maskapai-maskapai lainnya. Selain itu, bandara Shanghai Pudong juga memiliki beberapa fasilitas, seperti area parkir yang luas, tempat makan dan area pertokoan.

Tag : #bandara    #terbesar    #hiburan    #bandara terbesar di dunia    #king fahd international airport    #denver international airport   

Baca Juga