Bandara Internasional Jawa Barat ( BIJB) di Kertajati, Majalengka (m.tribunnews.com)

5 Bandara Terbesar di Indonesia Berdasarkan Luas Areanya

Wulan | Hiburan | 31-05-2022

PARBOABOA, Jakarta – Ngomong-ngomong soal bandara, Indonesia memiliki beberapa bandara yang berdiri di atas lahan yang sangat luas, bahkan sampai ribuan hektar.

Bandara sendiri menjadi tempat masuknya orang maupun barang dari berbagai wilayah yang didalamnya terdapat pesawat terbang, pesawat udara dan helikopter.

Suatu bandara bisa dikatakan paling sederhana jika memiliki sebuah landasan pacu atau helipad, sedangkan untuk bandara besar biasanya akan dilengkapi degan berbagai fasilitas lain baik untuk operator layanan penerbangan maupun bagi penggunanya seperti bangunan terminal.

Lantas, dimana saja bandara terbesar di Indonesia? Berikut daftarnya.

1. Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Bandara yang berada di Kota Tangerang, Provinsi Banten ini memiliki luas area sebesar 2.555 hektar. Bandara ini mulai beroperasi sejak tahun 1985 untuk menggantikan Bandara Kemayoran di Jakarta Pusat dan Bandara Internasional Perdanakusuma di Jakarta Timur. Bandara ini  juga memiliki 3 terminal untuk melayani penerbangan baik domestik maupun internasional. Adapun Bandara Internasional Soekarno-Hatta bisa menampung sekitar 43 juta penumpang per tahunnya.

2. Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati

Bandara Kertajati dibangun di atas lahan seluas 1.800 hektar. Bandara yang digagas sejak tahun 2003 sebagai solusi kepadatan Bandara Husein Sastranegara di Bandung ini akhirnya berhasil diresmikan pada 2018 lalu. Sebelumnya,bandara terbesar di Indonesia kedua ini sempat menuai pro dan kontra lantaran letaknya yang berada di Majalengka. Namun, PT BIJB dan Angkasa Pura II sebagai operator pun terus beruapaya membangkitkan bandara ini.

3. Bandara Internasional Hang Nadim

Berjarak sekitar 22 kilometer dari pusat Kota Batam, Bandara ini berada di jlaur perdagangan segitiga emas antara Indonesia, Malaysia dan Singapura. Nama bandara Hang Nadim sendiri diambil dari seorang laksamana terkenal dari kesultanan Malaka bernama Hang Nadim. Sebagai pintu gerbang internasional yang menghubungkan Batam dengan seluruh dunia, Bandara ini beroperasi di area seluas 1.762 hektar dan memiliki kapasitas penumpang sebanyak 5 juta orang pertahunnya.

4. Bandara Internasional Kualanamu

Bandara yang terletak di Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara ini menjadi bandara terbesar ke empat di Indonesia yang dibuka sejak 25 Juli 2013 lalu. Didirikan di area seluas 1.650 hektar, bandara ini dibangun untuk menggantikan Bandar Udara Internasional Polonia yang saat itu telah beruisa 85 tahun. Bandara yang terbilang luas ini diketahui bisa menampung sebanyak 8 juta penumpang per tahunnya.

5. New Yogyakarta International Airport (NYIA)

Walaupun terbilang masih baru, NYIA mampu menduduki posisi bandara terbesar di Indonesia yang luas areanya sekitar 587 hektar. Bandara Yogyakarta International Airport berkapasitas 14 juta orang per tahun. Bandara ini memiliki panjang landasan pacu 3.250 x 45 meter. Salah satu fasilitas menarik yang dimiliki bandara ini ialah adanya kereta api bndara yang bisa memudahkan penumpang dan pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan indah khas Yogyakarta seperti ornamen batik, nuansa jalan Malioboro, dan Taman Sari. Oleh karena ini, bandara ini menjadi tempat wisata lantaran adanya spot foto Instagramable.

Tag : #bandara    #terbesar    #hiburan    #bandara terbesar di indonesia    #internasional soekarno hatta    #kualanamu internasional airport   

Baca Juga