Bang Yedam Treasure (Dok: YG Entertainment)

Profil dan Biodata Bang Yedam, Member Treasure yang Memiliki Angelic Voice

Sondang | Biografi | 16-06-2022

PARBOABOA - Baru baru ini, YG Entertainment mengumumkan bahwa Bang Yedam, dan Mashiho akan vakum untuk sementara waktu dari kegiatan Treasure. Dengan begitu, grup tersebut akan melanjutkan promosi dengan 10 personel tersisa.

Yedam Treasure, menurut agensi tersebut, akan fokus belajar musik, sesuatu yang diinginkannya demi meningkatkan kemampuannya dalam memproduksi lagu. Sementara Mashiho akan menghabiskan waktu dengan keluarganya di Jepang.

“YG berusaha mendukung tumbuh kembang artis kami, termasuk memprioritaskan kesehatan mereka. Setelah diskusi dengan TREASURE, kami sepakat untuk kedua member itu istirahat sementara waktu,” ujar YG Entertainment.

Dengan istirahatnya Bang Yedam Treasure dan Mashiho Treasure, maka Treasure akan melanjutkan promosi mereka dengan 10 personel hingga akhir tahun 2022. Saat ini, Choi Hyun Suk cs tengah mempersiapkan penggarapan album baru mereka dengan target comeback pertengahan 2022.

Nah, sambil menunggu comebacknya Bang Yedam, mari kita simak profil, biodata dan fakta menarik Bang Yedam Treasure.

Profil Yedam Treasure

Pemilik nama asli Bang Yedam ini lahir di Seoul pada 7 Mei 2002 dan terkenal dengan julukan “God Yedam”. Ia merupakan anak tunggal dari pasangan Bang Daesik dan Jeong Miyeong.

Setelah ditelusuri, darah seni Yedam Treasure ternyata menurun dari kedua orangtunya. Bagaimana tidak, ayah dan ibu Yedam merupakan komposer, penyanyi dan produser lagu animasi anak-anak yang terkenal di Korea.

Di usia 5 tahun, Yedam Treasure sudah diajak orangtuanya untuk mengisi soundtrack animasi anak berjudul “Bboong Bboong E”. Maka tak heran jika saat ini Yedam memiliki bakat bernyanyi yang luar biasa.

Ia juga telah memulai kariernya sejak kecil. Pada tahun 2012, tepatnya di usia 12 tahun, Yedam Treasure sudah terkenal setelah menjadi kontestan ajang K-Pop Star season 2. Saat itu, suara Bang Yedam bahkan dipuji mirip dengan Justin Bieber hingga membuatnya mendapat julukan sebagai Justin Bieber Korea.

Dalam acara tersebut, Yedam berhasil meraih juara 2 karena kalah dari duo saudara Lee Chanhyuk dan Lee Suhyun yang tergabung sebagai Akdong Musician (AKMU).

Yang Hyun Suk selaku juri di acara itu kemudian merekrut Yedam Treasure dan AKMU untuk bergabung dengan YG Entertainment.

Di tahun 2018, Bang Yedam Treasure kemudian ikut berpartisipasi dalam survival show YG Entertainment bertajuk YG Treasure Box. Disana, Yedam menjadi salah satu trainee yang paling ditakuti oleh peserta yang lain. Bagaimana tidak, Yedam sudah memiliki banyak pengalaman.

Selain bisa bernyanyi, dia juga pandai membuat lagu. Salah satu penampilan Yedam yang paling berkesan adalah saat membawakan lagu Last Dance milik BIGBANG bersama Park Jeongwoo dan Kim Junkyu. Di episode final, nama Yedam pun diumumkan sebagai member kedua Treasure.

Namun sayang, debut Bang Yedam harus tertunda karena skandal yang terjadi diagensinya. Sampai akhirnya, ia kemudian dipastikan merilis single solo pertamanya berjudul WAYO pada 5 Juni 2020.

Kabar ini sempat membuat BLINK, sebutan penggemar Blackpink kecewa dan merasa tidak adil. Pasalnya, Yedam TREASURE dianggap melangkahi seniornya, Rose Blackpink, yang sebelumnya diumumkan oleh YG Entertainment akan merilis single solo setelah Jennie Blackpink pada 2019 lalu.

Di lain sisi, tak sedikit orang yang merasa bahwa Yedam Treasure layak untuk merilis single solo karena sejarahnya yang panjang bersama YG Entertainment dan memiliki suara layaknya angelic voice alias suara malaikat.

Pada 7 Agustus 2020, Yedam bersama 11 member lainnya resmi debut sebagai member Treasure melalui lagu Boy. Saat itu, Yedam memegang posisi sebagai main vocal. Kini, Treasure menjadi salah satu grup rookie yang bersinar di Korea Selatan. Walaupun masih baru, tapi mereka berhasil menunjukkan bakat mereka dengan meraih sejumlah penghargaan.

Biodata Yedam Treasure

Nama lengkap: Bang Ye Dam (방예담)

Nama panggung: Bang Yedam (방예담)

Kewarganegaraan: Korea Selatan

Agama: Kristen

Tempat dan tanggal lahir: Seoul, 7 Mei 2002

Golongan Darah: A

Zodiak: Taurus

Tinggi badan: 172 cm

Berat badan: 61 kg

Orangtua: Bang Daesik (ayah), Jeong Miyeong (ibu)

Posisi: Vokalis

Unit: Treasure

Label: YG Entertainment

Pendidikan:

Seoul SinSeok Elementary School;

Kwangsung Middle School;

School of Performing Arts Seoul (SOPA)

Fakta Menarik Yedam Treasure

1. Dapat menghapat koreografi dalam satu jam

Selain bakatnya dalam bernyanyi, Bang Yedam Treasure ternyata dapat dengan mudah menghapal koreografi. Dalam salah satu episode YG Treasure Box, ia terlihat mampu menghapal koreografi DNA milik BTS dalam waktu yang kurang dari satu jam.

2. Jago pelajaran ilmu social dan sains

Meski sibut menggeluti seni, Yedam Treasure ternyata tidak lupa dengan kewajibannya, yakni belajar. Kerja kerasnya dalam hal belajar dapat dibuktikan dengan mendapatkan nilai tertinggi dari seluruh sekolah di mata pelajaran ilmu sosial dan sains. Hal itu diutarakan Yedam sendiri di YG Treasure Box.

3. Idol yang serba bisa

Selain kedua keahlian diatas, Bang Yedam Treasure juga mempunyai berbagai keahlian lain terkait musik, seperti menulis lagu, membuat aransemen, dan memproduksi musik sendiri. Karena punya banyak kemampuan, akhirnya Bang Yedam sampai mendapatkan julukan "God Yedam" dari rekan-rekannya di grup.

4. Dekat dengan seniornya

Cowok yang sering disebut mirip Tablo EPIK HIGH ini juga begitu dekat dengan para seniornya. Yedam Treasure pernah terlihat menghabiskan waktu bersama anggota WINNER dalam salah satu episode WIN: Who is Next yang tayang pada 2013. Sebelum itu, Seunghoon WINNER sempat menjadi teman duet Yedam di K-Pop Star season 2.

Tidak hanya itu, Yedam juga pernah diajak main game oleh Suhyun AKMU dan Chanwoo iKON untuk konten YouTube mereka. AKMU dan Yedam menjalin persahabatan sejak masing bersaing di K-Pop Star season 2. Bang Yedam juga dekat dengan BIGBANG. Dia pernah tampil sebagai cameo di sitcom YG Future Strategy Office yang dibintangi Seungri pada 2018 lalu.

5. Bang Yedam Bisa 3 bahasa

Tak hanya pintar secara akademis dan bertalenta dalam hal musik, Yedam juga menguasai 3 bahasa lho gaes yakni Korea, Inggris, dan Jepang. Duh, paket lengkap banget gak sih?.

Itulah deretan informasi terkait profil, biodata dan fakta menarik Bang Yedam Treasure. Fakta mana nih yang baru kamu tahu setelah membaca ulasan dari Parboaboa?

Tag : #treasure    #bang yedam    #biografi    #yedam treasure    #kpop    #yg entertainment   

Baca Juga