Bangunan tertua di dunia (LionsGround.com)

7 Bangunan Tertua di Dunia dengan Cerita Sejarah yang Ada Didalamnya

Wulan | Internasional | 13-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Bagi kamu yang menyukai kisah sejarah atau arkeologi, pastinya pernah berpikir tentang bangunan-bangunan tua yang pernah ada di dunia.

Ada banyak sekali bangunan tua yang sampai saat ini masih tetap terkenal di mata dunia. Bahkan, kebanyakan dari bangunan tersebut didirikan pada masa ribuan tahun sebelum masehi.

Bangunan tertua di dunia ini setidaknya masih berbentuk dan memiliki tinggi minimal 1,5 meter, serta kriterianya masing-masing.

Walau demikian, bangunan tertua tersebut saat ini sudah dilindungi, baik oleh negara masing-masing ataupun organisasi internasional seperti UNECSO.

Penasaran apa saja? Berikut 7 bangunan tertua di dunia yang masih terkenal hingga saat ini.

1. Knap of Howar (Skotlandia)

Knap of Howar adalah bangunan tua yang terletak di Pulau Papa Westray, Skolandia. Dulunya, bangun ini dijadikan tempat tinggal oleh masyarakat setempat. Dilansir dari Oldest.org, Knap of Howar dibangun pada tahun 3600 Sebelum masehi.

Jika dilihat, terdapat dua dinding bangunan besar dan berbentuk persegi panjang bulat yang berdekatan dengan pintu masuk ke laut. Walaupun sudah berumur sangat tua, bangunan ini masih tetap utuh dan sering dikunjungi oleh para wisatawan.

2. Kuil Ggantija (Malta)

Selanjutnya bangunan tertua di dunia adalah Kuil Ggantija. Kuil yang termasuk ke dalam daftar warisan budaya dunia yang ditetapkan UNESCO ini berlokasi di negara Malta. Berdasarkan informasi, umur kuil ini diyakini sudah mencapai 3200-3600 Sebelum Masehi.

Menurut cerita rakyat Gozitan, dalam sejarah pembangunan kuil ini, terdapat seorang wanita raksasa yang kesehariannya hanya memakan kacang panjang dan madu. Namun, keanehannya adalah dirinya dapat melahirkan seorang anak dari orang biasa. Dengan anak yang selalu diletakkan di atas bahunya tersebut, wanita ini membangun kuil-kuil yang berguna sebagai tempat ibadah.

3. Kuil Tarxien (Malta)

Negara Malta memang sangat dikenal memiliki beberapa bangunan yang bersejarah. Selain memiliki Kuil Ggantija, Malta juga mempunyai salah satu bangun tertua lainnya sepertim Kuil Tarxien. Bangunan ini diyakini sudah berdiri sejak 2500-3600 Sebelum Masehi.

Bangun ini memiliki fungsi yakni sebagai tempat pemujaan dan ritual. Contoh ritual yang pernah dilakukan dibangunan ini adalah pengorbanan hewan. Selain itu, di kuil ini juga masih terdaoat bekas-bekas hasil kremasi.

4. Shunet el-Zebib (Mesir)

Shunet el-Zebib adalah bangunan yang didirikan pada masa pemerintahan Raja Khasekhemwy di Mesir. Bangunan ini yang terbuat dari bata lumpur ini diketahui sudah ada sejak tahun 2750 Sebelum Masehi.

Bangunan ini sendiri dibuat sebagai tempat penyembahan raja-raja pada zaman dulu. Meskipun masih kokoh sampai saat ini, banyak bagian dari bangunan ini yang sudah runtuh. Jika sudah menemukan tempat ini, kamu bisa mengunjungi sebuah daerah yang berna,a Abydos di Mesir.

5. Piramida Djoser (Mesir)

Piramida Djoser adalah bangunan yang menggunakan batu skala besar buatan manusia pertama di bumi sudah ada sekitar 2670 Sebelum Masehi. Situs ini ditemukan di Saqqara, sebuah kuburan kuno yang terletak di jantung kota Memphis, Mesir.

Bangunan ini dinggap sebagai lompatan yang sangat mengesankan dalam rekayasa bangunan manusia. Hal ini merupakan contoh paling awal dari piramida ikonik Mesir, yang mencerminkan masa lalu negara yang cukup menarik.

6. Sechin Bajo (Peru)

Sechin Bajo adalah banguna tertua di dunia yang berada di Amerika, lembah Sungai Sechin di Peru. Bangunan ini memiliki luas sekitar 91 hektar dengan bangunan tertua diantaranya berusia lebih dari 5.720 tahun atau 3700 Sebelum Masehi.

Salah satu penemuan paling menarik dari bangunan ini adalah dekorasi kuno yang menggambarkan berbagai tokoh mitologi dan agama serya persenjataan dan lencana.

7. Kerajaan Knossos (Yunani)

Terakhir, bangunan tertua di dunia adalah kerjaan Knossos. Bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1950 Sebelum Masehi ini berbentuk seperti lorong-lorong rumit yang digunakan sebagai ruang kerja, tempat tinggal, dan gudang yang terletak dekat dengan lapangan tengah.

Selain itu, Kerajaan yang terletak di Yunani ini masih menyimpan situs peninggalan bersejarahnya berupa bangunan yang terletak di Crete, Yunani.

Kini Knossos menjadi daya tarik dan tujuan wisata berkat sebagian besar bagiannya telah dipugar oleh arkeolog Arthur Evans dan lokasinya yang dekat dengan kota utama Kreta Heraklion.

Tag : #tertua    #bangunan tertua di dunia    #internasional    #knap of howar    #kuil ggantija    #kuil tarxien    #shunet el-zebib   

Baca Juga