Ilustrasi

Bantu Ukraina, Elon Musk Aktifkan Internet Starlink

Wanovy | Teknologi | 28-02-2022

PARBOABOA - Elon Musk mengaktifkan layanan broadband satelit Starlink milik perusahaan SpaceX di Ukraina.

Sebelumnya, seorang pejabat Kyiv telah mendesak SpaceX untuk menyediakan internet bagi Ukraina yang sedang diinvasi oleh Rusia.

"Layanan Starlink sekarang aktif di Ukraina. Lebih banyak terminal dalam perjalanan," cuit Musk, seperti dikutip dari CNA.

Pernyataan itu disampaikan Elon Musk lewat akun Twitter pribadinya @elonmusk sebagai respons atas kicauan dari Menteri Transformasi Digital Ukraina, Mykhailo Fedorov.

Lebih lanjut, Fedorov juga membandingkan kondisi di saat roket SpaceX sukses melakukan pendaratan kembali di Bumi setelah perjalanan luar angkasa, roket Rusia menyerang warga sipil Ukraina.

"Kami memintamu untuk menyediakan stasiun Starlink bagi Ukraina," tutur Fedorov.

Dalam twitnya, Fedorov meminta Elon Musk untuk menyediakan layanan internet satelit Starlink di negaranya.

"@elonmusk, saat Anda mencoba menjajah Mars, Rusia mencoba menduduki Ukraina! Saat roket Anda berhasil mendarat di luar angkasa, roket Rusia menyerang warga sipil Ukraina! Kami meminta Anda untuk menyediakan stasiun Starlink ke Ukraina," twit Fedorov pada Sabtu (26/2/2022).

Nah, sehari setelahnya atau pada Minggu, Musk membalas twit Fedorov dan menyebutkan bahwa internet Starlink sudah tersedia di Ukraina.

Selain itu, Fedorov juga meminta Musk untuk menyampaikan pada orang-orang Rusia yang memiliki kesadaran untuk berdiri melawan invasi yang dilakukan pemerintah mereka terhadap Ukraina.

Dilansir dari AFP, pemantau internet NetBlocks mengatakan Ukraina telah mengalami serangkaian gangguan signifikan terhadap layanan internet sejak Kamis (24/2). Gangguan dirasakan sejak Rusia meluncurkan operasi militer di negara tersebut.

Starlink sendiri mengoperasikan lebih dari 2 ribu satelit yang bertujuan untuk menyediakan akses internet di seluruh dunia.

Pada Jumat (25/2), perusahaan ini baru saja meluncurkan 50 satelit Starlink tambahan untuk meningkatkan layanan internet yang disediakannya. Kemudian, Starlink juga disebut akan mengirimkan lebih banyak lagi satelit ke orbit Bumi.

Tag : #internet    #elon musk    #ukraina    #rusia   

Baca Juga