Peta Benua Asia (dok WORLD ATLAS)

Batas Wilayah Benua Asia Beserta Kawasannya

Rini | Pendidikan | 02-08-2022

PARBOABOA, Pematang Siantar - Benua Asia merupakan benua terluas di Bumi. Dengan luas wilayah mencapai 44.391.000 km2, Asia mencakup wilayah 29,5 persen dari total luas daratan Bumi. Wilayah tersebut kemudian dibagi menjadi ke dalam enam kawasan, yaitu Asia Barat, Asia Timur, Asia Utara, Asia Selatan, Asia Tengah, dan Asia Tenggara.

Tak hanya mempunyai wilayah yang luas, jumlah penduduk Asia juga merupakan yang terbanyak, yaitu 4,4 milyar jiwa yang setara dengan 60 persen penduduk Bumi. Adapun negara Asia dengan jumlah penduduk terbanyak yaitu China, India, dan Indonesia. Tak hanya karena angka kelahiran yang tinggi, pertambahan penduduk di Asia ini juga merupakan hasil migrasi dari benua lain.

Selain mengenai kepadatan penduduknya, Asia punya segudang hal menarik untuk dibicarakan, termasuk mengenai batas wilayahnya. Dimana sejumlah negara di Benua Eropa dengan Benua Asia letaknya berdekatan, bahkan ada yang terpisaha daratan sehingga sering terjadi kesalahpahaman mengenai letak negara tersebut. Seperti Rusia yang wilayahnya sebagian berada di Benua Asia dan sebagian lagi di Benua Eropa.

Batas Wilayah Benua Asia

Batas benua sendiri merujuk pada pembagian atau batas linier antara benua-benua. Batas antara Benua Asia dan Eropa yakni Pegunungan Ural yang rendah dan dataran rendah lembah Sungai Ural di bagian selatan. Dengan Benua Afrika, Asia tidak sepenuhnya terpisah. Terdapat dataran sempit yang menjadi penghubung, yakni Gunung Sinai.

Berikut rincian batas-batas wilayah Benua Asia:

- Batas wilayah di Utara: Samudera Arktik

- Batas wilayah di Selatan: Samudera Hindia

- Batas wilayah di Barat: Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosphorus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah

- Batas wilayah Benua Asia di Timur: Selat Bering dan Samudera Pasifik di timur.

Letak Astronomis

Letak Astronomis Benua Asia Secara astronomis Benua Asia terletak antara 26 derajat Bujur Timur (BT)-170 derajat BT dan 11 derajat Lintang Selatan (LS)-80 derajat LS.

Letak Geografis

Secara geografis, Benua Asia diapit oleh tiga benua, yaitu Benua Eropa, Benua Australia, dan Benua Amerika. Benua ini juga dibatasi oleh tiga samudra, yaitu Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan Samudra Arktik.

Daftar Negara di Benua Asia

- Negara di kawasan Asia Tenggara: Indonesia, Singapura, Laos, Myanmar, Thailand, Malaysia, Filipina,Brunei Darussalam, Kamboja, Vienam, Timor Leste.

- Negara di kawasan Asia Timur: Republik Rakyat Tiongkok (China), Hongkong, Makau, Taiwan, Korea Selatan, Korea Utara, Jepang, Mongolia.

- Negara di kawasan Asia Selatan: Bangladesh, Bhutan, India, Maladewa, Nepal, Pakistan, Srilanka.

- Negara di kawasan Asia Barat: Turki, Arab Saudi, Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Uni Emirat Arab, Yaman, Armenia, Azerbaijan, Georgia, Irak, Israel, Libanon, Suriah, Yordania, Iran, dan Siprus.

- Negara di kawasan Asia tengah: Kazakhstan, Kirgistan, Takjikistan, turmenistan, dan Uzbekistan.

Sekian dulu pembahasan mengenai batas wilayah Benua Asia dan daftar negara di kawasannya.

Tag : #benua asia    #batas wilayah benua asia    #pendidikan    #negara di benua asia    #letak benua asia   

Baca Juga