Beberapa Fakta Menarik Debut Ralf Rangnick Sebagai Pelatih Manchester United

Beberapa Fakta Menarik Debut Ralf Rangnick Sebagai Pelatih Manchester United

Michael | Sepakbola | 06-12-2021

Parboaboa.com – Salah satu fakta menarik dari debut Ralf Rangnick sebagai pelatih sementara Manchester United adalah peningkatan sikap kerja Cristiano Ronaldo. 

Ralf Rangnick menjalani debutnya bersama Manchester United pada pertandingan pekan ke-15 Liga Inggris melawan Crystal Palace, Minggu (5/12/2021) malam WIB. 

Debut Rangnick berjalan sempurna setelah Man United berhasil mengalahkan Crystal Palace dengan skor tipis 1-0. 

Gol tunggal kemenangan Manchester United diciptakan oleh gelandang asal Brasil, Fred, pada menit ke-77. 

Beberapa media Eropa sempat memprediksi Ronaldo akan kehilangan banyak waktu bermain setelah kedatangan Rangnick.

Sebab, Ronaldo yang sudah berusia 36 tahun sangat jarang ikut bertahan atau melakukan pressing ketika Manchester United kehilangan bola.

Di sisi lain, Rangnick merupakan pelopor filosofi bermain gegenpressing atau counter pressing. 

Secara garis besar, gegenpressing adalah filosofi yang mengharuskan seluruh pemain (tidak termasuk kiper) bermain aktif melakukan pressing tinggi ketika tim kehilangan bola. 

Namun, Ronaldo ternyata berhasil beradaptasi filosofi bermain Rangnick. 

Hal itu terbukti dari jumlah keberhasilan Cristiano Ronaldo memenangi penguasaan bola sepanjang pertandingan melawan Crystal Palace. 

Dikutip dari situs Squawka, Ronaldo tercatat berhasil tiga kali memenangi penguasaan bola di sepertiga pertahanan Crystal Palace.

Sikap kerja Ronaldo untuk membantu pertahanan meningkat tajam dibandingkan ketika Manchester United masih dilatih Ole Gunnar Solskjaer dan Michael Carrick. 

Sebelum pertandingan melawan Crystal Palace, Ronaldo tercatat mejalani 11 pertandingan Liga Inggris di bawah arahan Solskjaer (9) dan Carrick (2) dengan total waktu bermain 760 menit. 

Dari 11 pertandingan itu, Ronaldo tercatat hanya berhasil tiga kali memenangi penguasaan bola di sepertiga pertahanan lawan.

Perbedaan statistik di atas menjadi bukti bahwa Ronaldo sudah mulai memahami dan mampu beradaptasi dengan filosofi counter pressing Rangnick.

Seusai laga, Rangnick langsung memuji penampilan Cristiano Ronaldo. 

Rangnick menilai pergerakan tanpa bola Ronaldo entah itu ketika bertahan atau menyerang sangat fantastis. 

Pelatih asal Jerman itu juga mengaku sangat puas dengan pressing seluruh pemain Manchester United pada pertandingan melawan Crystal Palace. 

"Saya sangat senang dengan cara bermain Manchester United kali ini, terutama pada babak pertama. Pressing yang dilakukan pemain sangat luar biasa," kata Rangnick dikutip dari situs BBC Sports. 

"Cara kami bertahan, mengontrol seluruh pertandingan, dan mendapatkan clean sheet (tidak kebobolan) adalah bagian terpenting," ucap Rangnick. 

"Itulah hal-hal yang harus kita sempurnakan nanti. Kami baru satu kali berlatih bersama. Saya sangat terkesan dengan penampilan pemain kali ini. Mereka melebih ekspektasi saya," ujar Rangnick. 

"Kami selalu berusaha untuk menekan lawan di depan. Mungkin pressing kami sedikit kendor pada lima menit terakhir. Di lain waktu, kami akan berusaha terus menghalangi lawan mendekati gawang kami," tutur Rangnick. 

"Terlepas dari hal itu, pergerakan tanpa bola Cristiano Ronaldo sangat luar biasa," ucap Rangnick.

Peningkatan sikap kerja Ronaldo ketika Manchester United kehilangan bola bukan satu-satunya fakta menarik dari debut Rangnick.

Berikut adalah empat fakta menarik lainnya dari debut Rangnick sebagai pelatih interim Manchester United: 

  • 77 - Manchester United melepaskan 77 umpan di sepertiga pertahanan Crystal Palace. Angka itu menjadi yang tertinggi dibandingkan ketika Manchester United masih dilatih Solskjaer dan Carrick musim ini. 
  • 12 - Manchester United tercatat berhasil 12 kali memenangi penguasaan bola di sepertiga akhir pertahanan Crystal Palace.  Angka itu setidaknya lima kali lebih banyak dibandingkan catatan terbaik Manchester United soal statistik tersebut sejak pekan pertama hingga pekan ke-14 Liga Inggris musim ini. 
  • 1 - Rangnick menjadi pelatih asal Jerman pertama yang berhasil meraih kemenangan pada laga debut di Liga Inggris. 
  • 1 - Manchester United berhasil mencetak clean sheet pertama di Stadion Old Trafford setelah selalu kebobolan pada 16 partai kandang terakhir di semua kompetisi.
Tag : #ralf rangnick    #manchester united    #fakta menarik    #cristiano ronaldo   

Baca Juga