Beberapa pemain sepak bola yang melakukan ritual aneh sebelum bertanding

Beberapa Ritual Aneh Pemain Sepak Bola Sebelum Pertandingan

Michael | Sepakbola | 26-02-2022

Parboaboa.com – Pesepakbola tentu saja membutuhkan kepercayaan diri ketika tampil di sebuah pertandingan, dan tak jarang mereka melakukan ritual unik yang meningkat kepercayaan diri mereka. Berikut ini beberapa ritual aneh pemain sepakbola sebelum pertandingan.

Dunia sepakbola tak akan pernah lepas dari hal-hal unik dan menarik. Tidak hanya soal apa yang terjadi selama 90 menit pertandingan, namun juga diluar itu, yang sering mendapatkan lebih banyak sorotan.

Selain membutuhkan kemampuan dalam pertandingan, para pesepakbola tentu membutuhkan kepercayaan diri untuk bisa melengkapi kemampuan bermainnya. Bahkan kepercayaan diri pemain telah diajarkan sejak mereka kecil, selama berada di akademi klub.

Tak jarak para pemain memiliki kepercayaan atau ritual unik yang bisa meningkat kepercayaan diri mereka. Dan berikut, Parboaboa akan berikan beberapa ritual unik pemain sepak bola sebelum pertandingan.

Kolo Toure

Pemain Pantai Gading ini selalu menjadi pemain terakhir yang masuk ke lapangan. Tidak tahu apa alasan dibalik ritual tersebut, tetapi ia sempat tertinggal untuk memulai babak kedua di Liga Champions karena menunggu rekan satu timnya.

Bahkan tak hanya dalam pertandingan saja, ia juga selalu melakukan ritualnya tersebut di sesi latihan.

John Terry

Mantan bek Inggris tersebut selalu melakukan ritual yang cukup unik sebelum pertandingan. Terry akan menggunakan toilet dan tempat duduk yang sama sebelum pertandingan.

Bahkan Terry pernah mengungkapkan bahwa ia juga selalu duduk di tempat yang sama ketika berada di bus tim. Itu semua ia lakukan lantaran ia percaya bahwa konsistensi akan membawa keberuntungan bagi dirinya.

Laurent Blanc dan Fabien Barthez

Selama gelaran Piala Dunia 1998, ada satu hal menarik dan disorot oleh banyak penggemar sepakbola. Blanc akan mencium kepala plontos kiper legendaris Prancis Barthez setiap pertandingan akan dimulai.

Dalam gelaran tersebut, timnas Prancis juga melakukan ritual unik, di mana mereka akan selalu duduk di kursi yang sama selama di bus tim, sebelum mendengarkan lagu Gloria Gaynor yang berjudul I Will Survive di ruang ganti.

Pele

Ikon sepakbola dunia ini ternyata percaya pada sebuah takhayul. Pele pernah memberikan sebuah baju kepada seorang penggemar, dan tak lama dari itu performa sang legenda langsung merosot.

Ia pun meminta kepada rekannya untuk mencari baju tersebut dan sepekan kemudian Pele mendapatkan bajunya kembali. Uniknya ia langsung mencetak gol setelah dikembalikan.

Namun lucunya adalah rekan Pele pernah mengungkapkan bahwa ia sebenarnya hanya memberli baju yang baru dan memberikannya kepada Pele.

Apalah yang akan terjadi andai rekan Pele tersebut tidak berbohong? Sejarah Brasil bahkan dunia tidak akan seperti ini.

Malvin Kamara

Pemain asal Inggris yang satu ini terkenal dengan permainannya yang agresif dengan bentuk fisik yang kekar. Tapi ia memiliki ritual yang cukup unik, yakni menonton film Willy Wonka and Chocolate Factory setiap mau bertanding.

Yang semakin membuat heran adalah, ia memilih untuk menonton keluaran pertama (1971) dari film ini ketimbang versi terbarunya yang rilis tahun 2005 lalu.

Sergio Goycochea

Kiper asal Argentina ini bermain di era 80-an sampai akhir 90-an.

Ia disebut oleh para penggemar sebagai penjaga gawang gila. Sebutan tersebut ia dapatkan karena setiap sebelum adu penalti, Goycochea akan buang air kecil di lapangan untuk membawa keberuntungan bagi dirinya.

Alan Cork

Pada musim 1992/93, striker Sheffield United Alan Cork bersumpah tidak akan memangkas rambutnya sampai timnya tersingkir dari Piala FA.

Kala itu, The Blades menjalani musim yang cukup positif, khususnya di Piala FA sampai mereka mencapai semi-final, di mana mereka melakoni derbi melawan Sheffield Wednesday.

Cork waktu itu terlihat seperti seorang pensiunan angkatan bersenjata ketimbang pesepakbola dengan rambut tipis dan janggutnya yang sangat tebal.

Johan Cruyff

Salah satu pemain hebat dalam sejarah sepakbola Belanda ini memiliki beberapa ritual sebelum pertandingan.

Selama waktunya di Ajax, ia akan memukul perut kiper De Godenzonen kala itu Gert Bals. Legenda Barca ini juga akan berputar-putar di area lapangan musuh dan meludahkan permen karetnya.

Satu waktu ia pernah tidak melakukan ritual membuang permen karet, dan Ajax pun kalah 4-1 waktu itu. Apesnya, hal itu terjadi di final Piala Eropa 1969, di mana Ajax harus takluk di tangan AC Milan.

Gary Neville

Neville saring menggunakan barang-barang yang sama selama satu musim, seperti ikat pinggang, sepatu, dan bahkan kaos kakinya.
 
Dirinya percaya, jika menggunakan barang-barang yang sama akan membawa keberuntungan terus menerus ketika bertanding.

David James

Mantan kiper timnas Inggris ini memiliki ritual unik seperti tidak berbicara sebelum dan saat pertandingan.
 
David akan berpuasa berbicara dan akan mendiamkan semua orang ditimnya, termasuk pelatihnya juga.

Javier Hernandez (Chicharito)

Javier Hernandez atau yang akrab disapa Chicharito memiliki sebuah kebiasaan yang sudah dilakukan semenjak ayahnya menjadi pesepakbola. Kebiasaan yang dimaksud adalah, Chicharito bakal berdoa sambil berlutut ketika laga ingin dimulai.

Usut punya usut, ternyata berdoa sambil berlutut merupakan ritual yang memang sudah turun temurun terjadi di keluarganya. Itulah kebiasaan unik pemain asal Meksiko tersebut sebelum bermain.

Mesut Ozil

Ozil terkenal sebagai pesepakbola muslim yang kerap kali terlihat membawa Al-Quran. Tak hanya sekadar membawa saja, namun mantan pemain Real Madrid itu ternyata selalu membaca Kitab Suci Umat Islam itu ketika laga ingin dimulai.

Kebiasaan Ozil tersebut pun tak pernah diganggu oleh rekan setimnya. Lalu ketika memasuki lapangan pun Ozil juga terlihat kembali berdoa kepada Allah SWT.

Thibaut Courtois

Apabila di daftar sebelumnya ritual yang dilakukan masih dalam batas wajar dan bisa saja dilakukan oleh orang lain, namun kini apa yang dilakukan Courtois sebelum bertanding benar-benar unik. Bagaimana tidak, pemain asal Belgia itu memiliki serangkaian unik sekaligus aneh di setiap pertandingannya.

Seperti selalu melepas sepatu dan kaus kaki sebelah kirinya terlebih dahulu, lalu pergi ke kamar mandi untuk bersua foto dan mengirimkannya ke empat sahabatnya yang berada di Belgia. Tak cukup sampai situ, Courtois juga selalu memukul sepatunya ke tiang gawang kanan terlebih dahulu baru ke kiri, setelah itu memukul mistar gawang. Sungguh ritual yang aneh dan unik bukan.

Phil Jones

Sama seperti Courtois, Jones juga menerapkan sebuah ritual yang sangat unik dan aneh yang jelas berbeda dengan pemain lainnya. Jones memiliki ritual untuk menjadi orang terakhir yang masuk ke dalam lapangan. Ia juga selalu menjadi pemain terakhir yang memasukan bajunya ke dalam loker.

Jones selalu mengenakan kaus kaki kanannya terlebih dahulu bila bermai di laga tandang, namun akan mengutamakan kaus kaki kiri ketika bertanding di kandang. Lalu ketika masuk ke lapangan, pemain Manchester United itu tak mau menginjak garis putih yang dipinggir lapangan. Sungguh aneh bukan.

Demikian beberapa ritual aneh pemain sepak bola sebelum pertandingan yang telah Parboaboa rangkum dari berbagai sumber terpercaya.
 

Tag : #sepak bola    #pele    #mesut ozil    #phil jones    #john terry    #chicharito    #johan cruyff    #gary neville   

Baca Juga