Logo ITS

Beberapa Syarat Pendaftaran Sarjana Terapan Jalur Prestasi ITS

Dimas | Pendidikan | 16-03-2022

PARBOABOA – Program Sarjana Terapan belakangan ini mengalami kenaikan peminat yang sangat signifikan dikalangan calon mahasiswa. Hal itu disebabkan, beberapa calon mahasiswa melihat pendidikan Vokasi mampu memberikan keterampilan guna memperbesar peluang untuk beranjak ke dunia kerja nantinya.

Pendaftaran mahasiswa baru program Sarjana Terapan jalur Prestasi telah dibuka oleh salah satu Universitas ternama di tanah air, yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Seleksi Prestasi Program Sarjana Terapan di tujukan kepada siswa kelas 12 yang memiliki minat pada pendidikan Vokasi dengan kualifikasi pencapaian akademik berupa nilai rapor dan didukung dengan prestasi lainnya.

Seleksi Prestasi dibagi menjadi 2 kelompok, yakni kelompok 1 Prestasi SMK dan kelompok 2 Prestasi SMA/MA.

Seleksi ini juga dilakukan secara ketat dengan tujuan menjaring calon mahasiswa berkualitas secara akademik maupun non akademik.

Ada 8 prodi Sarjana Terapan yang akan ditawarkan ITS pada seleksi masuk Program Sarjana Terapan tahun 2022-2023. 8 program studi tersebut, yakni:

- Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan Sipil (Teknik Sipil)

- Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Air

- Teknologi Rekayasa Manufaktur

- Teknologi Rekayasa Konversi Energi  

- Teknologi Rekayasa Otomasi

- Teknologi Rekayasa Kimia Industri

-  Rekayasa Teknologi Instrumentasi

- Statistika Bisnis

Jadwal pendaftaran akan dimulai mulai pada 1 Maret-7 April 2022, untuk pengumuman hasil pada tanggal 20 April 2022 dan daftar ulang pada tanggal 9-11 Mei 2022.

Sebelum mendaftar ada syarat-syarat yang harus di penuhi para calon mahasiswa tentunya.

Adapun syarat pendaftaran program Sarjana Terapan ITS, antara lain:

1. Seleksi Prestasi (kelompok I dan II), seleksi masuk dilakukan berdasarkan nilai rapor dan prestasi.

2. Prestasi yang dapat digunakan dalam Seleksi Prestasi Program Sarjana Terapan, meliputi:

- Juara lomba mewakili sekolah, dibuktikan dengan sertifikat/piagam

- Ranking/peringkat di sekolah, dibuktikan dengan surat rekomendasi dari sekolah

- Hafalan Kitab Suci, dibuktikan dengan sertifikat dan verifikasi hafalan

- Pengalaman organisasi, dibuktikan dengan sertifikat dan/atau surat rekomendasi dari sekolah

- Pengalaman kepanitiaan sebagai ketua, dibuktikan dengan sertifikat atau surat rekomendasi dari sekolah

- Template surat rekomendasi bisa diunduh di sini. Surat rekomendasi diunggah sebagai salah satu bukti prestasi.

3. Sehat jasmani, rohani, dan bebas narkoba.

4. Lulusan SMA/MA/SMK dan sederajat jurusan IPA tahun 2020, 2021, dan 2022. Lulusan SMA/MA jurusan non-IPA tidak dibolehkan mendaftar program ini dan khusus lulusan SMK diharuskan dari jurusan yang relevan dengan prodi yang dituju.

Setelah semua syarat terpenuhi, nantinya pendaftaran akan dilakukan secara online melalui website ITS di http://admission.its.ac.id/ dengan tahap- tahap, sebagai berikut:

1. Registrasi akun myITSadmission melalui laman http://admission.its.ac.id/. Data yang perlu disiapkan untuk membuat akun antara lain:

- Nomor Induk Kependudukan

- Pas foto ukuran 4×6 dengan background warna merah, ukuran file maksimum 1024 kb dan resolusi minimum 64×64.

2. Login ke akun myITSadmission dengan menggunakan email dan password.

3. Melakukan pendaftaran seleksi Sarjana Terapan jalur Prestasi (Admisi Vokasi Prestasi). Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan:

- Nilai rapor semester 1 hingga 6. Bagi siswa yang memilih Seleksi Prestasi, cukup sampai semester 5 jika belum ada nilai rapor semester 6. Nilai rapor adalah rata-rata nilai pengetahuan dan keterampilan dan nilai matematika yang dipakai adalah matematika peminatan.

- Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah (sebagai bukti pendukung prestasi peringkat siswa dan/atau pengalaman organisasi di sekolah. Contoh format bisa diunduh di laman its.ac.id).

- Bukti Prestasi (bila ada).

- Deskripsi diri (file A4 1 halaman, berisi penjelasan tentang prestasi, keaktifan di masyarakat, dan keterampilan atau keunggulan yang dimiliki oleh calon mahasiswa).

- Ukuran maksimal setiap berkas yang diunggah adalah 1 MB.

4. Calon peserta mengisi borang (formulir) pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Semua informasi yang diisikan dalam borang ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang ini dapat berakibat pembatalan penerimaan di ITS. Pastikan data yang dimasukkan sudah benar. Data aplikasi tidak dapat diubah setelah formulir selesai diisi.

5. Memilih program studi. Setiap calon peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 program studi dari daftar program studi (urutan pilihan program studi menyatakan prioritas pilihan).

6. Setelah mendapatkan Kode Pembayaran, pelamar dapat membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000. Harap membayar biaya pendaftaran sebelum batas waktu pembayaran yang ditentukan. Biaya Pendaftaran tidak dapat ditarik kembali.

7. Setelah membayar biaya pendaftaran, login ke akun myITSadmission untuk mengunduh Kartu Pendaftaran.

8. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut pada tempat yang disediakan. Kartu Bukti Pendaftaran yang telah ditandatangani berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta Seleksi Masuk ITS Program Sarjana Terapan. Kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa saat mendaftar ulang ketika peserta telah resmi dinyatakan diterima.

Itulah beberapa syarat serta tahapan-tahapan yang harus dilakukan untuk bisa mengikuti Seleksi Prestasi Program Sarjana Terapan yang dibuka oleh ITS.

Tag : #its    #sarjana terapan    #pendidikan    #jalur prestasi    #sma    #smk    #sarjana    #pendaftaran    

Baca Juga