Tangkapan layar portal pendaftaran SNMPTN 2022 (LTMPT)

Sudah Dibuka, Begini Syarat dan Cara Pendaftaran SNMPTN 2022

Sondang | Pendidikan | 14-02-2022

PARBOABOA, Siantar - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2022 dibuka pada hari ini, Senin (14/2) mulai pukul 15.00 WIB. Pendaftaran bisa dilakukan di snmptn.ltmpt.ac.id atau ltmpt.ac.id.

Sebagai informasi, SNMPTN adalah jalur pertama yang dapat ditempuh oleh para siswa kelas 12 untuk mendaftar menjadi mahasiswa di perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia melalui nilai rapor dan prestasi akademik.

Siswa dengan nilai akademik yang konsisten dan prestasi lain punya kesempatan masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN. Nilai rapor yang digunakan adalah nilai rapor dari semester 1 sampai semester 5 selama masa belajar 3 tahun di SMA/SMK/MA sederajat. Sementara itu, prestasi akademik lain akan jadi nilai plus bagi siswa.

Sama halnya dengan tahun lalu, pendaftaran SNMPTN 2022 hanya digelar secara online dan dibuka selama dua minggu saja, yakni mulai 14 Februari 2022 hingga 28 Februari 2022.

Sebanyak 829.296 siswa dinyatakan eligible dan berhak untuk mendaftar SNMPTN 2022. Namun, para siswa diimbau untuk tidak melakukan pendaftaran terlalu awal atau di akhir masa pendaftaran agar tidak terjadi penumpukan.

“Jangan mendaftar di awal-awal atau akhir-akhir pendaftaran. Biar tidak menumpuk. Waktunya panjang,” kata Direktur Eksekutif LTMPT Budi P Widyobroto saat melakukan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi tahun 2022 yang disiarkan melalui kanal YouTube LTMPT Official.

Syarat Pendaftaran SNMPTN 2022

Tidak semua siswa dapat mendaftar SNMPTN 2022. Hanya siswa yang sudah memenuhi syarat yang bisa bisa daftar SNMPTN 2022. Berikut syarat pendaftaran SNMPTN 2022.

- Termasuk salah satu siswa yang dinyatakan eligible oleh sekolah

- Sudah memiliki akun di LTMPT

- Akunnya sudah permanen

- Memiliki nilai yang lengkap yang dapat mendaftar di SNMPTN.

Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2022

Masih dari Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022 yang dikeluarkan LTMPT, link yang digunakan untuk mendaftar SNMPTN adalah sebagai berikut: https://snmptn.ltmpt.ac.id 

1. Login

Login di portal LTMPT dengan menggunakan alamat email dan password yang didaftarkan.

2. Memilih Program Studi

Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan program studi (prodi) yang dipilih pada halaman PILIHAN.

3. Mengisi Portofolio

Siswa mengisikan portofolio pada halaman PORTOFOLIO, jika prodi yang diplih mensyaratkan adanya dokumen portofolio. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, halaman PORTOFOLIO tidak perlu diisikan.

4. Mengisi Presentasi

Siswa mengisikan prestasi pada halaman PRESTASI. Isian prestasi pada halaman ini bersifat tidak wajib, artinya isiannya tidak wajib ada. Silakan isikan prestasi yang sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang pernah Anda dapatkan serta sesuai dengan prodi yang diminati.

5. Finalisasi

Siswa melakukan finalisasi pada halaman FINALISASI jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya. Setelah Anda melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak dapat diubah dengan alasan apa pun.

6. Cetak Kartu Registrasi

Siswa mengunduh dan mencetak kartu registrasi.

Itulah syarat dan cara pendaftaran SNMPTN 2022. Semoga Sukses!

Tag : #snmptn 2022    #ltmpt    #pendidikan   

Baca Juga