Tsunami Aceh 2004, salah satu bencana alam terdahsyat di dunia (Foto: Britannica.com)

8 Bencana Alam Terbesar dan Terdahsyat di Dunia yang Menewaskan Jutaan Jiwa

Andre | Internasional | 18-07-2022

PARBOABOA - Bencana alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang berasal dari alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor.

Selain bisa mengobrak abrik kondisi suatu wilayah, bencana alam juga bisa menghapuskan keberadaan suatu kota.

Bencana alam terdahsyat di dunia tercatat telah menelan jutaan korban jiwa. Itu sebabnya, peristiwa ini merupakan sesuatu yang paling ditakuti umat manusia.

Bumi pernah dalam situasi yang memprihatinkan, salah satu contohnya adalah Tsunami di Aceh pada 2004 dan gempa Haiti 2010 yang menelan masing-masing 230 ribu dan 300 ribu korban jiwa. Jumlah itu hampir setara dengan jumlah penduduk di Sorong, Papua Barat dan lebih banyak daripada beberapa daerah yang ada di Indonesia.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah 8 bencana alam terdahsyat di dunia yang pernah tercatat dalam sejarah manusia.

1. Letusan Gunung Toba, Sumatera Utara

Letusan Gunung Toba adalah bencana alam paling mengerikan dan tercatat sebagai letusan Gunung berapi terbesar di dunia.

Bagaimana tidak, pasalnya ledakan Gunung ini dipercaya meluluhlantahkan sebagaian besar umat manusia dan menimbulkan kegelapan di seperempat bumi. Ledakan tersebut membuat sebuah kawah, yang menjadi asal usul danau Toba saat ini.

Bahkan, setelah terjadinya letusan itu, bumi mengalami perubahan iklim ekstrem. Gunung Toba memuntahkan sekitar 2.800 kilometer kubik abu, membuat atmosfir menjadi tertutup hingga 6 tahun lamanya. Ngeri gak, tuh?

Saking mengerikannya letusan Gunung Toba, bahkan debu vulkaniknya ditemukan di beberapa titik di penjuru dunia, bahkan hingga ke Kutub Utara. Tak hanya debu, bebatuan vulkaniknya juga ditemukan berserakan mulai dari Samudra Hindia hingga India Tengah.

Terlepas dari salah satu misteri danau toba ini, status Gunung Toba masih aktif dan menjadi kekhawatiran oleh seluruh pemerhati bencana nasional dan internasional karena tidak bisa diprediksi kapan akan erupsi.

2. Tsunami Laut Mediterania – 365 SM

Mengutips sciencedaily, sebuah gempa bumi dahsyat berkekuatan M 8,0 mengguncang Mediterania pada tahun 365 SM. Gempa bumi itu menghasilkan sebuah gelombang besar dengan tinggi yang mencapai 10 meter.

Tsunami besar itu menyebabkan ribuan kematian dan kerusakan serius di seluruh Mediterania, menghancurkan pelabuhan dan perpustakaan Alexandria yang terkenal di Mesir, dan menimbulkan kerusakan serius pada pelabuhan-pelabuhan di Timur Tengah dan sepanjang Laut Adriatik.

Tidak ada catatan sejarah mengenai peristiwa ini, namun hanya ada catatan geologis.

Meskipun demikian, para peneliti berpendapat jika kejadian serupa terulang di masa depan, maka bisa mengancam ratusan jiwa manusia yang tinggal di dekat Laut Mediterania.

3. Gempa Shaanxi, China - 1556

Peristiwa ini adalah salah satu bencana alam terdahsyat yang telah terjadi dalam sejarah. Gempa bumi ini menghantam provinsi Shaanxi di Cina pada 23 Januari 1556.

Menurut museum Ilmu Pengetahuan Tiongkok, gempa bumi yang juga dikenal sebagai "gempa bumi jiajing" ini diperkirakan telah menghilangkan sekitar 1.000 kilometer persegi di daerah tersebut.

Gempa yang berlangsung selama beberapa detik ini diperkirakan telah menewaskan 830.000 orang dan membuat jutaan orang terluka parah.

Banyaknya jumlah korban tersebut dipicu oleh padatnya penduduk di wilayah tersebut, ditambah buruknya kondisi bangunan rumah yang ditinggali.

Tidak diketahui berapa banyak kekuatan gempa bumi, tetapi geofisika modern memperkirakan bahwa gempa Shaanxi memiliki kekuatan sekitar M 8-8,3.

4. Badai Bhola, Bangladesh - 1970

Badai Bhola ini semacam badai tropis yang menyerang Bangladesh pada pertengahan November 1970. Kecepatan angin pada badai ini mencapai 130 mph sehingga mengakibatkan banjir di berbagai area sekitar.

Karena pada saat itu tidak ada alat pendeteksi badai, ditambah kurangnya evakuasi warga, bencana alam paling mengerikan ini memakan korban jiwa sekitar 300 ribu hingga 500 ribu orang.

Tidak hanya manusia yang mati dalam badai ini, hewan-hewan ternak seperti kambing dan sapi banyak hanyut dan meninggal akibat badai Bhola.

5. Banjir Sungai Yangtze - 1931

Pada rentang waktu Juli dan Agustus 1931, terjadi curah hujan berlebihan di Cina yang memicu bencana alam terbesar dunia, yakni banjir Cina Tengah.

Luapan terjadi saat pencairan salju musim dingin bertemu dengan curah hujan yang besar di sungai Yangtze. Tidak hanya itu, sungai Kuning dan saluran air besar lainnya juga mencapai tingkat yang tinggi.

Menurut Cambridge University Press, banjir tersebut menggenangi hampir 70.000 mil persegi (180.000 km persegi) yang mengubah sungai Yangtze tampak seperti danau atau lautan raksasa.

Pemerintah setempat menyebutkan bahwa jumlah kematian mencapai 2 juta jiwa, namun lembaga lain, termasuk NOAA, mengatakan mungkin bencana alam itu menelan sebanyak 3,7 juta jiwa yang sebagian besar meninggal karena kekurangan makanan.

6. Gempa Bumi Aleppo, Suriah - 1138 Masehi

Pada 11 Oktober 1138, tanah di bawah kota Aleppo di Suriah mulai bergetar. Kota ini terletak di pertemuan lempeng Arab dan Afrika, yang membuatnya rentan terhadap gempa bumi.

Besarnya gempa bumi menghilang dari waktu ke waktu, tetapi penulis sejarah kontemporer melaporkan bahwa benteng kota runtuh dan rumah-rumah itu runtuh di Aleppo.

Jumlah kematian yang dihasilkan diperkirakan sekitar 230.000, tetapi jumlahnya berasal dari abad ke-15, dan sejarawan yang memberi tahu bahwa ia bisa menyamakan gempa Aleppo dengan gempa bumi yang terjadi di tempat yang sekarang menjadi negara Eropa modern di Georgia di dalam Georgia, menurut sebuah artikel tahun 2004 di The Annals Journal of Geophysics.

Melihat jumlah korban yang tewas, peristiwa ini tercatat sebagai salah satu bencana alam paling mengerikan dalam sejarah bumi.

7. Gempa Bumi Tangshan di Tingkok – 1976

Dilansir dari Disasterhistory.org, Tiongkok sempat diguncang gempa bumi sebesar 7,8 Skala Richter pada Juli 1976.

Bencana alam terdahsyat ini berlangsung selama 23 detik, tetapi berdampak fatal bagi kota Tangshan dan Tianjin yang menelan setidaknya 655.000 korban jiwa.

Bagaimana bisa gempa ini merenggut segitu banyak korban jiwa? Nah, yang menjadi penyebabnya adalah gempa bumi terjadi pada saat dini hari, tepatnya pukul 03.42 yang mana mayoritas warga sedang dalam kondisi terlelap.

Bencana alam ini juga melumpuhkan seluruh bagian prefektur kota Tangshan, yang membuat tim penyelamat tidak bisa bertindak cepat.

8. Gempa dan Tsunami Laut India - 2004

Gempa dan tsunami laut India berkekuatan 9.1 menghantam air di pantai barat Sumatra, Indonesia, pada 26 Desember 2004. Gempa bumi menciptakan tsunami besar yang menewaskan sekitar 230.000 – 280.000 korban jiwa di 14 negara dan membuat jutaan orang kehilangan tempat tinggal.

Bergerak secepat 500 mph (804 kph), tsunami mencapai daratan hanya dalam 15 hingga 20 menit setelah pukulan gempa, memberi sedikit waktu bagi penduduk untuk mengevakuasi diri ke tempat yang lebih tinggi.

Akibat gempa yang terjadi di laut India, negara Indonesia juga menerima dampaknya. Di mana gelombang tsunami mencapai sekitar 30 meter.

Menurut World Vision, sebuah organisasi kemanusiaan, kerugian yang diakibat gempa dan tsunami tersebut mencapai 10 miliar dollar lebih.

Menurut Pusat Informasi Lingkungan Nasional NOAA, peristiwa alam ini dianggap sebagai gempa bumi terbesar ketiga di dunia sejak tahun 1900, yang mana tsunaminya telah menewaskan lebih banyak orang daripada kebanyakan tsunami lainnya dalam sejarah bumi.

Itulah delapan bencana alam paling dahsyat yang pernah terjadi dalam sejarah dunia. Semoga bumi senantiasa aman dan tidak ada lagi bencana-bencana besar yang terjadi.

Jangan lupa saksikan juga ulasan lengkapnya di kanal YouTube Parboaboa melalui video: Telan Jutaan Jiwa, Ini 8 Bencana Alam Terdahsyat di Dunia.

Tag : #bencana alam    #gempa    #internasional    #banjir    #letusan gunung toba    #tsunami aceh    #bencana alam terdahsyat   

Baca Juga