Ilustrasi penyakit yang terdeteksi lewat mata (theasianparent.com)

Beberapa Masalah Kesehatan yang Bisa Terdeteksi Lewat Mata

Dimas | Kesehatan | 12-04-2022

PARBOABOA, Jakarta – Mata bukan  sekedar organ untuk melihat. Lebih dari itu, Seseorang dapat mendeteksi masalah kesehatan, kelainan tubuh, hingga melihat tanda-tanda penyakit dari tubuh melalui mata.

Mata merupakan organ paling kompleks kedua di tubuh manusia, setelah otak. Bola mata memiliki lebih dari dua juta bagian yang berfungsi, dan lebih dari satu juta serabut saraf yang masing-masing bagian tehubung ke otak.

Lantas, apa saja masalah kesehatan yang bisa terdeteksi lewat mata? Berikut penjelasannya.

Masalah Kesehatan yang Bisa Terdeteksi Lewat Mata

1.Diabetes

Diabetes dapat dilihat lewat tanda-tanda dari mat, karena seseorang dengan kadar gula darah tinggi yang kronis memberi tekanan pada pembuluh darah, menghasilkan bercak darah yang terlihat di bagian belakang mata. Bercak darah ini berarti kadar gula darah telah mencapai tingkat yang berbahaya dan membutuhkan perhatian segera. Jika kadar glukosa tidak diobati dapat menyebabkan kebutaan.

2. Kolesterol tinggi

Ketika kadar kolesterol dalam darah tinggi, maka secara bertahap dapat menumpuk di mata. Tanda yang terlihat adalah cincin putih, abu-abu, atau biru yang terbentuk di sekitar iris mata. Cincin biasanya terbentuk karena penuaan. Namun, alasan lain bisa jadi adalah kadar kolesterol yang tinggi.

Lakukan tes untuk mengetahui kadar kolesterol, karena kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Retina rusak

Retina yang sudah rusak, dapat ditandai dengan bercak atau garis hitam/abu-abu yang melayang di sekitar bidang penglihatan.

Kondisi kesehatan ini disebut floater yang dapat terlihat oleh semua orang. Namun, peningkatan tiba-tiba jumlah floater menunjukkan robekan atau pelepasan retina. Tanda-tanda ini tidak boleh diabaikan karena seiring waktu dapat menyebabkan kerusakan parah pada mata.

4. Infeksi kornea

Bintik putih yang terlihat di kornea mata bisa jadi merupakan tanda infeksi kornea. Hal ini sebagian besar terlihat dari orang yang menggunakan lensa kontak. Lensa yang terkontaminasi bakteri atau jamur adalah penyebab umum infeksi. Kondisi ini dapat menyebabkan jaringan parut dan nyeri pada kornea.

5. Penyakit kuning

Jika bagian putih mata menjadi kuning, maka itu menandakan seseorang sedang menderita penyakit kuning. Penyakit kuning adalah suatu kondisi karena bilirubin yang berlebihan (senyawa kuning yang terbentuk dari pemecahan sel darah merah) dalam darah. Jumlah senyawa meningkat dalam darah pada saat hati tidak dapat menyaringnya dengan benar. Kondisi ini juga bisa membuat urine dan kulit menguning.

6. Kanker payudara

Kanker payudara bisa dilihat lewat tanda pada mata. Karena ketika sel-sel kanker mulai menyebar ke bagian lain pada tubuh, tanda-tandanya bahkan mungkin muncul di mata.

Lesi abnormal atau massa/tumor dalam struktur mata, seperti uvea (lapisan tengah jaringan di dinding mata) menunjukkan bahwa sel kanker telah menyebar ke mata.

Itulah seputar informasi tentang masalah kesehatan yang bisa terdeteksi lewat mata. Semoga bermanfaat!

Tag : #mata    #organ tubuh    #kesehatan    #fungsi mata    #Diabetes    #kanker payudara   

Baca Juga