Laurent Simons, Salah satu Sarjana Termuda di Dunia (Foto:abcnews.go.com)

Jadi Wisudawan Termuda, Berikut Daftar 7 Sarjana Termuda di Dunia

Ester | Internasional | 21-09-2022

PARBOABOA – Biasanya, banyak mahasiswa yang mendapatkan gelar sarjana atau meraih kelulusannya di umur yang menginjak kepala 2. Bahkan, tidak jarang beberapa orang yang baru mendapatkan gelar sarjana atau meraih kelulusan di umur yang menginjak kepala 3.

Namun, tahukah kamu ternyata ada beberapa orang yang mampu lulus diusianya tidak sampai 20 tahun.

Bahkan, ada pula anak yang masih menginjak 10 tahun tapi sudah menjadi wisudawan. Siapakah itu? Di bawah ini kami akan memberikan ulasan mengenai daftar sarjana termuda di dunia yang dapat membuat kamu geleng-geleng dengan umurnya.

1. Michael Kearney

Sarjana termuda di dunia yang pertama adalah Michael Kearney. Wisudawan yang satu ini lulus dengan gelar bachelor dalam bidang antropologi di University of South Alabama pada tahun 1994 di usianya yang masih 10 tahun 4 bulan. Hal itu menjadikan sebagai sarjana termuda di dunia.

Diketahui, Michael lulus sekolah menengah saat usianya enam tahun dan lulus kuliah di usia 10 tahun. Lulus dengan usia tersebut membuatnya menjadi sorotan banyak orang dan kerap diundang di acara-acara besar, bahkan dirinya mendapatkan Guinness World Record karena prestasinya.

2. Laurent Simons

Selanjutnya adalah Laurent Simons. Laurent Simons adalah salah satu sarjana termuda di dunia yang pernah masuk ke dalam headline internasional karena hampir menggeser Michael Kearney sebagai sarjan termuda.

Orang tuanya mengatakan bahwa dirinya harusnya bisa menyelesaikan gelarnya dalam ulang tahunnya yang ke-10. Namun Eindhoven University mengatakan bahwa kelulusan tersebut akan terhalang karena banyaknya tes yang harus dikerjakan oleh Simons. Ia pun akhirnya dapat lulus di usianya yang menginjak 11 tahun di University of Antwerp dan mendapat gelar bachelor pada bidang fisika.

3. Moshe Kai Cavalin

Sarjana termuda selanjutnya ada Moshe Kai Cavalin. Sarjana yang satu ini lulus di usia 11 tahun pada 2009, di East Los Angeles Community Collage. Cavalin lulus dengan gelar associate di bidang matematika dan ia melanjutkan belajarnya ke University of California, Los Angeles (ULCA).

Ia kemudian mendapatkan gelar bachelor matematika di usianya yang menginjak 15 tahun. Bahkan Cavalin mengungkap, dirinya telah bekerja di NASA di usianya yang menginjak 17 tahun.

4.Sho Yano

Sho Yano adalah salah satu sarjana termuda yang mendapatkan gelarnya di usia 12 tahun. Ia lulus dengan usianya yang masih 12 tahun dengan predikat summa cumlaude di Loyola Univeristy Chicago. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya dengan masuk ke Fakultas Kedokteran Pritzker Universitas Chicago untuk menjadi seorang dokter.

Di usianya yang menginjak 18 tahun, ia menerima gelar Ph.D dalam genetika molekul dan biologi sel. Setelah itu, ia juga melanjutkan sekolah kedoterannya di University of Chicago dan lulus dengan gelar MD di usia 21 tahun.

5. Gregory Robert Smith

Gregory Roberth Smith adalah salah satu sarjana termuda yang lulus dari Randolph-Macon College dengan gelar bachelor bidang matematika pada usia 13 tahun. Ia mendaftar di perguruan tinggi ini diusianya yang masih menginjak 10 tahun.

Tiga tahun setelah kelulusannya, ia kemudian melanjutkan pendidikannya dan menerima gelar Master of Science di bidang matematika dari University of Virginia pada umurnya yang ke-16.

6. Alia Sabur

Salah satu sarjana termuda selanjutnya adalah Alia Sabur. Ia lulus dari University Stony Brook di usianya yang ke-14 tahun. Sabur lulus dengan gelar summa cum laude pada bidang matematika terapan.

Ia juga melanjutkan pendidikannya di Univeristy Drexel, dimana ia memperoleh gelar master dalam ilmu material dan teknik saat usianya masih berusia 17 tahun. Selain itu, pada tanggal 19 Februari

7. Eugenie Carys de Silva

Eugenie Carys de Silva adalah salah satu sarjan termuda di dunia yang mampu lulus di perguruan tinggi di suianya yang menginjak 14 tahun. Ia lulus dari American Military University dan memperoleh gelar bachelor Analisis Intelijen.

Bahkan, ia juga melanjutkan studi pascasarjananya di Harvard University Division of Continuing Education di usianya 13 tahun, saat dirinya masih kuliah di American Military University.

Nah, itulah 7 sarjana termuda di dunia yang wajib kamu ketahui untuk menambah wawasan kamu. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat dan selamat membaca!

Tag : #sarjana    #wisudawan    #internasional    #kelulusan    #perguruan tinggi    #pendidikan    #universitas   

Baca Juga