Ilustrasi speaker HP, foto: harapanrakyat.com

Bersihkan Speaker HP Hanya dengan Putar Musik? Ini Penjelasannya

Wanovy | Teknologi | 07-04-2022

PARBOABOA - Belum lama ini sebuah informasi tentang tips membersihkan speaker smartphone Android viral dan ramai dibicarakan di media sosial.

Melalui channel Arfa Fazri, seorang warganet membagikan konten yang diklaim merupakan "suara pembersih speaker" dari debu dan air untuk smartphone Android.

Saat diputar, audio tersebut terdengar biasa saja tanpa sesuatu yang spesial. Suaranya cukup melengking, mirip seperti suara sirine, namun, tanpa irama. Meski demikian audionya berulang dengan nada sama.

Menurut penjelasan pemilik video itu, proses pembersihan speaker smartphone membutuhkan waktu mulai dari 1-5 menit, menyesuaikan partikel yang menghambat.

Untuk membersihkan hambatan speaker yang tergolong sedikit, pengguna bisa memutar suara pembersih speaker selama 1-2 menit.

Adapun untuk membersihkan hambatan yang cukup besar, kamu dapat memutar audio pembersih hingga 5 menit.

"Jalankan suara ini 1-2 menit, jika kamu menemukan suara getaran speaker sedikit terhambat karena ada air atau debu. Jika getaran lumayan terhambat, jalankan suara ini (selama) 3 menit sampai 5 menit sembari menggoyangkan perangkat dengan arah speaker menghadap ke bawah," demikian keterangan pada video itu.

Namun, benarkah hanya dengan menyetel suara tersebut maka speaker smartphone akan bersih dengan sendirinya?

Menurut pengamat gadget, Lucky Sebastian suara dalam video itu memang bisa digunakan untuk membersihkan speaker smartphone.

Dalam praktiknya, audio itu akan menggerakkan speaker untuk maju dan mundur guna menghasilkan udara yang akan memaksa air dan debu keluar dari spaker.

"Secara teknis dan logika, memang bisa suara ini membersihkan speaker. Prinsipnya, suara tersebut menggerakkan speaker maju mundur untuk menghasilkan udara yang memaksa air dan debu keluar," kata Lucky dikutip dari Kompas, Rabu (6/4/2022).

Akan tetapi, audio yang dapat digunakan untuk membersihkan speaker bukan sembarang audio.

Menurut Lucky, ada kriteria khusus yang dapat digunakan, yaitu sesuai frekuensi gelombang suaranya seperti frekuensi 165 Hz.

"Orang-orang memperkirakan (frekuensi) 165 Hz cukup bagus untuk menghasilkan gelombang suara yang bisa membantu membersihkan speaker dari air dan debu," ujarnya.

Lucky juga menjelaskan bahwa tips membersihkan speaker smartphone Android yang dibagikan di Youtube itu mirip dengan fitur Water Lock pada Apple Watch Series.

Fitur Water Lock akan mengunci layar saat smartwatch digunakan untuk berenang. Selain itu, fitur ini juga dapat digunakan untuk membersihkan air dari speaker Apple Watch Series 2, hingga Series 5.

Teknisnya serupa dengan cara membersihkan speaker smartphone Android, yaitu dengan memanfaatkan audio tertentu.

Ketika pengguna mengaktifkan fitur Water Lock dan memutar tombol jam pintar itu, alunan nada akan diputar untuk mengeluarkan air.

Dengan begitu, pengguna dapat mencegah masalah jangka panjang, utamanya karena kelembapan yang disebabkan oleh air yang terhambat dalam komponen speaker.

Cara Memperbaiki Speaker HP Suara Kresek/Pecah

Apabila speaker HP mu belum menunjukkan perubahan, kamu bisa coba cara memperbaiki speaker HP yang suaranya pecah dibawah ini.

Umumnya, HP yang suara speaker-nya berbunyi kresek atau kurang jelas masih bisa ditangani kalau diakibatkan oleh sistem dan kesalahan konfigurasi.

Karena kalau kerusakannya dari speaker, maka komponen tersebut harus diganti. Untuk lebih lengkapnya simak panduan berikut ini.

1. Lakukan Hardware Test

Pertama coba lakukan hardware test terlebih dahulu. Dimana hardware test ini bisa diakses oleh semua HP Android, seperti Xiaomi, Nokia, ASUS, Oppo.

Selain untuk mengecek speaker, di hardware test kamu juga bisa memeriksa komponen lainnya dari HP. Misalnya, touchscreen, camera, vibration dan sebagainya.

Caranya:

- Silahkan buka menu Dial Pad di HP kamu.Kemudian masukan kode perintah *#0*#.

- Maka secara otomatis kamu akan dialihkan ke mode hardware test.

- Sekarang pilih opsi Speaker.

- Lalu dengarkan suaranya apakah masih ada suara kresek atau tidak.

2. Mengubah Speaker Utama ke Sekunder

Pada HP biasanya terdapat 2 komponen speaker yang masing-masing mempunyai fungsi berbeda. Jadi misalkan kalau speaker utama kamu rusak, bisa dialihkan ke sekunder. Berikut panduannya:

- Langkah awal, download dan install aplikasi Sound About terlebih dulu.

- Setelah di-install, buka aplikasi Sound About di HP kamu.

- Pilih menu SoundAbout Service, lalu klik opsi ON – No Status.

- Selanjutnya pilih menu Audio dan ubah opsinya menjadi Earpiece.

- Jika sudah, coba putar musik di HP tersebut.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, suara di HP kamu tidak lagi berbunyi kurang jelas namun menjadi lebih kecil.

Selagi kamu belum bisa mengganti speaker utama, cara ini efektif sebagai perantara untuk dapat mendengarkan musik di HP.

Demikian informasi menarik seputar cara membersihkan speaker HP. Semoga bermanfaat!

Tag : #speaker    #gadget    #tips    #teknologi    #musik    #bersihkan speaker   

Baca Juga