Tangkapan layar video cctv oknum polisi merusak lapak UMKM di Madiun.

Bhabinkamtibmas Polisi Perusak Lapak UMKM di Madiun Terancam di pecat

Maraden | Nasional | 15-12-2021

PARBOABOA, Madiun – Seorang oknum polisi merusak lapak UMKM Taman Kota di Kelurahan Tawangrejo, Kartoharjo, Madiun, Jawa Timur.

Akibat pengrusakan tersebut, Sejumlah lampu pecah dan ada tulisan berisi penghinaan terhadap Lurah setempat.

Pelaku diketahui anggota polisi yang bertugas sebagai Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan baru saja mendapatkan penghargaan yang diserahkan langsung Kapolres Madiun Kota, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan.

Pelaku merusak taman UMKM yang dibangun Pemkot Madiun untuk pemulihan ekonomi aibat pandemi Covid-19.

AKBP Dewa Putu Eka Darmawan pun menyayangkan adanya aksi tak terpuji dari anak buahnya tersebut.

Dia memastikan, oknum polisi tersebut sudah dicopot jabatannya dari posisinya sebagai Bhabinkamtibmas dan proses hukum sedang berjalan.

"Jadi saya memberi reward kepada Bhabinkamtibmas pas lima tahun bekerja sebagai Bhabinkamtibmas. Ternyata malah ada laporan perusakan," kata AKBP Dewa Putu Eka Darmawan, Selasa (14/12/2021).

Menurut dia, pelaku sendiri sebenarnya sudah mengakui perbuatannya dan juga telah dimaafkan oleh Wali Kota Madiun Maidi.

"Kalau pak wali memaafkan dan apakah ada ganti rugi dan yang lain-lain itu urusan yang bersangkutan. Karena ini perbuatan pidana yang mana perbuatan pidana itu harus dipahami oleh siapa pun adalah (urusan) orang per orang," jelas Dewa.

Namun, Dewa memastikan penyidikan tetap berlanjut untuk menjalankan proses hukum.

Pun begitu, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan belum bisa memastikan apakah yang bersangkutan akan dipecat dari Polri.

"Saya belum mengatakan akan dipecat atau tidak, mungkin proses pidana. Bagaimana kelanjutannya nanti dari proses selanjutnya," jelasnya.

Diketahui, aksi pengrusakan lapak berjulan pedagang UMKM tersebut dilakukan pada Minggu dini hari (12/12/2021) dan terekam CCTV.

Terkait alasan oknum polisi merusak fasilitas lapak UMKM, pihak kepolisian menyatakan masih mendalami lebih lanjut.

Dari informasi yang beredar, oknum polisi tersebut merasa sakit hati karena tak pernah diajak berkomunikasi oleh pihak kelurahan terkait pembangunan lapak UMKM tersebut.

Tag : #polisi    #bhabinkamtibmas    #madiun    #umkm    #polisi rusak lapak umkm   

Baca Juga