Bank Indonesia menurunkan biaya transfer antar bank mulai Desember

Biaya Transfer Antar Bank Akan Turun Mulai Desember

rini | Nasional | 25-10-2021

PARBOABOA, Jakarta - Bank Indonesia membuat kebijakan untuk menurunkan biaya transfer antar bank. Saat ini biaya transfer adalah Rp 6.500, tarif baru yang akan berlaku pada Desember adalah Rp 2.500 per transaksi.

Kebijakan ini diambil oleh Bank Indonesia untuk mendukung percepatan konsolidasi industri dan integrasi ekonomi dan keuangan digital (EKD) nasional dalam realisasi BI-FAST. Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan dengan BI-FAST akan menggantikan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI).

"Ini lebih murah dari SKNBI, tapi manfaatnya, BI Fast jauh lebih besar karena bisa transaksi 24 jam, sedangkan SKNBI hanya dari pagi sampai sore," kata Perry, Jumat (22/10).

Tarif Rp 2.500 adalah tarif maksimal yang berlaku, bank masih bisa menurunkan biaya transaksi tersebut. Penurunan ini diharapkan akan membawa peningkatan transaksi antar bank. Bank sentral juga menetapkan batas dana transfer di BI Fast, yaitu dari Rp1 sampai Rp250 juta per transaksi. Namun batas transfer ini akan dievaluasi secara berkala.

Saat ini, bank sentral mencatat ada 22 bank yang sudah mendaftar untuk bisa memberikan layanan transfer melalui BI Fast. Operasional sendiri akan dimulai pada pertengahan Desember 2021.

Bank Indonesia tidak membatasi jumlah bank yang akan menerapkan BI-Fast, namun Bank Indonesia akan meninjau kesiapan teknologi, SDM dan infrastruktur bank yang mendaftar.

“Kepesertaan BI FAST terbuka bagi semua bank, lembaga bukan bank dan pihak lain sepanjang memenuhi kriteria,” ujar Perry.

Daftar bank yang siap melayani BI-FAST pada Desember 2021:

1. Bank Tabungan Negara

2. Bank DBS Indonesia

3. Bank Permata

4. Bank Mandiri

5. Bank Danamon Indonesia

6. Bank CIMB Niaga

7. Bank Central Asia

8. Bank HSBC Indonesia

9. Bank UOB Indonesia

10. Bank Mega

11. Bank Negara Indonesia

12. Bank Syariah Indonesia

13. Bank Rakyat Indonesia

14. Bank OCBC NISP

15. Bank Tabungan Negara UUS

16. Bank Permata UUS

17. Bank CIMB Niaga UUS

18. Bank Danamon Indonesia UUS

19. Bank BCA Syariah

20. Bank Sinarmas

21. Bank Citibank NA

22. Bank Woori Saudara Indonesia

Tag : nasional, ekonomi, bank indonesia, penurunan biaya transfer, bi fast

Berita Terkait