banjir merendam tiga kecamatan di Kota Binjai (Foto: Tribun Medan)

Binjai Direndam Banjir, BPBD: 4.762 Jiwa Terdampak

Dimas | Daerah | 20-11-2022

PARBOABOA, Binjai – Banjir yang melanda tiga kecamatan di Kota Binjai lantaran meluapnya tiga sungai yang ada di wilayah tersebut membuat sebanyak 4.762 jiwa dilaporkan terdampak banjir.

“Masyarakat yang terdampak banjir pada tiga kecamatan, yakni Binjai Selatan, Binjai Timur dan Binjai Kota,” kata Pusdalops BPBD Binjai, Muhammad Surya, melansir Waspada, Sabtu (19/11).

Surya mengatakan, meluapnya tiga sungai karena hujan dengan intensitas tinggi terus melanda wilayah tersebut yang dimulai dari Jumat (18/11) hingga Sabtu (19/11). Adapun tiga aliran sungai itu yakni Sungai Mencirim, Sungai Bangkatan dan Sungai Bingai.

“Paling terdampak untuk sementara di Kelurahan Setia, Kecamatan Binjai Kota. Total ada enam lingkungan yang rumahnya terendam banjir dengan jumlah 626 KK atau 2.400 jiwa,” ujar Surya.

Surya menyebutkan, air sungai mulai naik ke daratan pada tengah malam. Terlihat, tinggi muka air (TMA) Sungai Bingai mencapai 340 sentimeter (cm). Sementara TMA DAS Mencirim 240 cm dan TMA DAS Bangkatan 130 cm.

Ia pun mengatakan, pihaknya akan terus memantau perkembangan banjir. BPBD juga telah melakukan evakuasi dan bersiaga dilokasi banjir.

“Sejumlah upaya sudah dilakukan BPBD Binjai. Pertama, BPBD Binjai sudah turun ke lokasi banjir yang paling parah untuk melakukan evakuasi seraya koordinasi dengan perangkat kelurahan dan kecamatan untuk mendapat perkembangan lebih lanjut,” ujar Surya.

“Kemudian, BPBD Binjai masih berada di enam kelurahan yang terdampak banjir dan tetap stand by di lokasi bencana banjir untuk membantu warga apabila membutuhkan kami dalam melakukan evakuasi,” sambungnya.

Selain itu, BPBD juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota binjai untuk menyediakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan dan obat-obatan.

“Kami juga akan memonitor prakiraan cuaca dan peringatan dini dari BMKG untuk disampaikan kepada masyarakat. Terakhir, BPBD sudah membuka dapur umum di Kelurahan Setia, Binjai Kota,” pungkasnya.

Berikut daftar Kecamatan yang terdampak banjir di Binjai:Berikut ini BPBD telah merilis data Kecamatan yang terdampak banjir:

1. Kecamatan Binjai Selatan

a. Kelurahan Rambung Barat, total 166 KK dan 664 jiwa.

– Lingkungan II : 17 KK

– Lingkungan III : 31 KKA

– Lingkungan X : 30 KK

C. Kelurahan Rambung Timur, total 120 KK dan 360 jiwa.

– Lingkungan I : 70 KK

– Lingkungan IV : 50 KK

2. Kecamatan Binjai Kota

a. Kelurahan Setia, total 626 KK dan 2400 jiwa.

– Lingkungan I : 18 KK

– Lingkungan II : 8 KK

– Lingkungan III : 132 KK

– Lingkungan IV : 250 KK

– Lingkungan V : 138 KK

– Lingkungan VI : 80 K

b. Kelurahan Kartini, total 7 KK dan 28 jiwa.

– Lingkungan VI : 7 KK

3. Kecamatan Binjai Timur

a. Kelurahan Mencirim, total 305 KK dan 1200 jiwa.

– Lingkungan I : 150 KK

– Lingkungan II : 125 KK

– Lingkungan IV : 8 KK

– Lingkungan VI : 12 KK

– Lingkungan VII : 7 KK

– Lingkungan IX : 3 KK.

Tag : #binjai    #banjir    #daerah    #bpbd    #sungai bingai    #berita sumut   

Baca Juga