Profil dan Biodata Angelina Sondakh (Dok. Instagram/@angelinasandakh09)

Profil dan Biodata Angelina Sondakh, Lengkap Pendidikan, Prestasi, Keluarga dan Kasus

Olivia | Biografi | 31-07-2022

PARBOABOA – Siapa yang tidak mengenal Angelina Sondakh, wanita yang dijatuhi hukuman penjara atas kasus korupsi wisma atlet Palembang pada 27 April 2012 silam. Saat ini ia telah dinyatakan bebas dan kembali hidup normal setelah menjalani masa hukuman selama 10 tahun di Rutan Salemba.

Kini ia fokus mengurus anak semata mayangnya bersama mendiang Adjie Massaid, Keanu Massaid yang kini sudah bersekolah. Angelina mengaku sedih setiap mengantar sang buah hati ke sekolah karena telah meninggalkannya selama satu dekade.

Ia juga mengaku menyesal pernah meninggalkan Keanu dan sering menangis ketika mendapat kiriman video anaknya bersekolah tanpa dampingan orang tua saat masih mendekam di penjara. Sekarang ibu dan anak itu bahagia karena kembali dipertemukan.

Semenjak kasus itu, namanya sempat meredup dan bahkan ada yang tidak mengenali finalis Puteri Indonesia ini. Berikut profil dan biodata Angelina Sondakh, lengkap pendidikan, prestasi, keluarga dan kasusnya.

Profil Angelina Sondakh

Lahir di Armidale, New South Wales, Australia, 28 Desember 1977, pemilik nama asli Angelina Patricia Pingkan Sondakh adalah seorang  artis, model dan juga mantan politikus berdarah Manado.

Bungsu dari dua bersaudara ini terlahir dari pasangan Lucky Sondakh dan Sjul Kartini Dotulong. Sang ayah merupakan seorang profesor sekaligus mantan Rektor di Universitas Sam Ratulangi Manado. Kakak laki-laki Angenila bernama Frank Nicholas Sondakh.

Angie panggilan akrab wanita berusia 45 tahun ini memeluk agama yang berbeda dengan orang tuanya. Ia memutuskan mualaf sesaat ingin menikah dengan sang kekasih.

Ibu satu anak ini pernah menempuh pendidikan di Sekolah Dasar Laboratorium IKIP di Manado dari tahun 1983 – 1989. Setelah itu ia melanjutkan sekolahnya di Sekolah Menengah Pertama Katolik Pax Christi Manado sampai tahun 1992.

Setelah lulus SMP, Angie meneruskan studinya di Year 9 – 10 Presbyterian Ladies College, Sydney, Australia dan Year 11 Armidale Public High School, Armidale, Australia. Pendidikannya yang belum selesai mengharuskan dia untuk kembali ke tanah air dikarenakan sang kakak yang telah lulus kuliah dan ada masalah keuangan di keluarganya kala itu.

Dari situ wanita berzodiak Capricorn melanjutkan sekolahnya di SMA Negeri 2 Manado pada tahun 1995-1996.

Ia juga menamatkan S-1 nya di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan S-2 dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI), Ilmu Komunikasi dengan predikat cumlaude.

Tidak berhanti sampai disitu, Angie sempat meneruskan studinya di FISIP UI untuk S-3 Ilmu Komunikasi. Namun ia tidak menyelesaikannya, hanya sampai tiga semester saja.

Puteri Indonesia 2001 ini menikah dengan salah satu anggota DPR-RI , Raden Pandji Chandra Pratomo Samiadji Massaid atau yang lebih dikenal dengan Adjie Massaid, pada 29 April 2009. Sebelumnya Adjie sudah pernah menikah dengan seorang penyanyi dan memiliki dua orang anak.

Sementara dari pernikahannya dengan Angelina Sondakh, dikaruniai seorang putra. Anak Angelina Sondakh diberi nama Keanu Jabaar Massaid.

Mantan anggota DPR RI ini sempat mengalami keguguran sebanyak dua kali, salah satunya adalah saat setelah tiga hari kematian sang suami di tahun 2011.

Sepeninggalan Adjie Massaid, Angelina sempat dikabarkan menjalin hubungan dengan mantan anggota Polri, Brotoseno. Bahkan keduanya diberitakan telah menikah dan Brotoseno menjadi ayah sambung bagi anaknya, Keanu Massaid.

Akan tetapi hubungan mereka yang tak terekspos harus kandas ditengah jalan. Kini Angie masih setia menyandang status jandanya, sementara Brotoseno telah menikah kembali dengan Tata Janeta.

Perjalanan Karir Angelina Sondakh

Sebelum akhirnya terjun kedunia politik, Angelina Sondakh mengawali karir sebagai Visa Officer di PT Australia First, saat masih menjadi mahasiswa pada tahun 1999 – 2000. Kemudian ia bekerja di PT Lentera Jaya Manado pada tahun 2000-2001, sebagai Direktur Operasional.

Di tahun 2001, ia memutuskan keluar dari perusahaan tersebut karena ingin mengikuti kontes kecantikan nasional, yaitu Puteri Indonesia 2001. Saat itu ia terpilih menjadi pemenang dan dinobatkan sebagai Puteri Indonesia mewakili Sulawesi Utara.

Pada tahun 2003 – 2004, ia kembali berkarir di PT Royalindo Expoduta sebagai Public Relations and Communication Director.

Tidak berhenti sampai disitu, ia mencoba terjun kedunia politik dan berhasil terpilih menjadi Anggota DPR RI mewakili Partai Demokrat untuk daerah pemilihan Jawa Tengah VI pada pemilu 2009.

Pada partai tersebut, ia menjadi Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat dan pengurus Komisi Perempuan DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), serta Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan DPP KNPI di tahun 2008 – 2011.

Ia juga didaulat sebagai Duta Pelestarian Orang Utan dan Tarsius Spektrum. Serta pernah menjadi Duta Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di tahun 2006. Angie merupakan pendiri dari Women Act for Humanity and Environment.

Ibu dari Keanu Massaid ini pernah menjadi Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Catur Indonesia (Percasi) sejak tahun 2003 – 2007, serta Pengurus Besar Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina).

Kasus Angelina Sondakh

Terjun kedunia politik, sempat membuat Angelina Sondakh gelap mata. Di tahun 2001 ia terjerat kasus korupsi Wisma Atlet SEA Games Palembang dan melibatkan banyak pihak. Ia resmi menjadi tersangka atas suap proyek sebesar Rp5 miliar di Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Berdasarkan putusan Mahkamah Agung RI No. 107PK/Pid.Sus/2015, Angie dijatuhi hukuman penjara selama 10 tahun, denda Rp500 juta, subside 6 bulan kurungan, membayar uang pengganti sebesar 2,5 miliar, US$ 1,2 juta dan subside 1 tahun penjara.

Biodata Angelina Sondakh

Nama Lengkap: Angelina Patricia Pingkan Sondakh
Nama Panggung: Angelina Sondakh
Nama Panggilan: Angelina, Angie
Tempat, tanggal lahir: Armidale, 28 Desember 1977
Zodiak: Capricorn
Agama: Islam
Kewarganegaraan: Indonesia
Pekerjaan: Model, Artis, Politikus, Ratu Kecantikan
Tahun aktif: 1999 – sekarang
Orang tua: Lucky Sondakh (ayah) dan Sjul Kartini Dotulong (ibu)
Saudara: Frank Nicholas Sondakh (kakak laki-laki)
Suami: (Alm.) Adjie Massaid
Anak Kandung: Keanu Jabaar Massaid
Anak Sambung: Zahwa Rezi Massaid dan Aaliyah Annisa Jeffar Massaid
Pendidikan: S-1 di Universitas Atma Jaya dan S-2 di Universitas Indonesia
Instagram: @angelinasandakh09
Twitter: @angie_sondakh
TikTok: @angelinasondakh_hijrah

Prestasi Angelina Sondakh

1993: Outstanding Effort in Maths, Textile & Design and Scripture" Presbyterian Ladies Collage, Sydney
1994: Certificate of Merit in Chemistry" Armidale Public High School, Armidale, NSW
1995
Juara III Puteri Ayu Manado
Juara I dan Juara Favorit Puteri Pixy Manado
Juara I dan Favorit Cewek Keren Manado
Juara I dan Puteri Intelegensia, Puteri Kencana Manado
Juara I Puteri Pantai Manado
Juara I dan Puteri Intelegensia sebagai Puteri Simpatik Manado
Juara I Wulan Minahasa
Juara I, Favorit & Busana Terbaik, Puteri Cempaka Manado
1996
Juara I Noni Sulut
Juara I lomba Pidato Bahasa Inggris se-Sulut
Juara I Lomba Debat Ilmiah se-Sulut
Juara I Penataran P-4 Unika Atmajaya
1997: Juara I Lomba Pemandu Wisata Sulawesi Utara
1999: Miss Novotel Manado
2000: Miss Novotel Indonesia
2001: Puteri Indonesia Sulawesi Utara
2002: Penghargaan Satya Karya Kemerdekaan

Itulah seputar profil dan biodata Angelina Sondakh, serta pendidikan, prestasi hingga kasus yang pernah di alaminya.

Tag : #Angelina Sondakh    #Artis    #Biografi    #Politikus    #Wisma Atlet    #Adjie Massaid   

Baca Juga