Profil dan Biodata Lengkap Agnes Monica atau Agnes Mo, Umur, Agama dan Perjalanan Karirnya

Stiven | Biografi | 19-01-2023

Agnes Monica (Foto: Instagram/ @agnezmo)

PARBOABOA – Agnes Monica atau kerap disapa Agnes Mo adalah seorang penyanyi dan artis yang berkebangsaan Indonesia yang lahir di Jakarta, 1 Juli 1986. Penyanyi 36 tahun ini telah memulai karirnya di Industri Hiburan pada usia 6 Tahun sebagai penyanyi cilik. Penasaran dengan Profil, Biodata dan perjalanan karirnya, simak ulasan berikut ini.

Profil dan Biodata Agnes Monica

Nama Lengkap: Agnes Monica

Alias: No Alias

Agama: Kristen

Tempat Lahir: Jakarta

Tanggal Lahir: Selasa, 1 Juli 1986

Umur: 36 Tahun

Zodiak: Cancer

Warga Negara: Indonesia

Ayah: Ricky Moeljoto

Ibu: Jenny Siswono

Instagram: @agnezmo

Biografi

Indonesia patut berbangga karena memiliki salah satu artis wanita berbakat yang bernama asli Agnes Monica Muljoto, yang lebih dikenal publik sebagai Agnes Monica. Perempuan yang lahir di Jakarta pada 1 Juli 1986 ini pantas berbangga dengan semua bakat, kemampuan dan prestasinya yang didukung oleh tubuh semampainya dengan tinggi 165 cm dan berat 49 kg. Putri pasangan Jenny Siswono dan Ricky Suprapto ini memiliki hobi ice skating dan badminton yang dilakoninya di sela-sela kesibukannya sebagai penyanyi, aktris, bintang iklan dan presenter yang ditekuninya sejak usia dini pada 1990.

Demi melancarkan karirnya, Agnes memutuskan untuk tidak melanjutkan kuliahnya di Universitas Pelita Harapan, Jurusan Hukum dengan mengambil cuti pada akhir 2006. Hal ini tidak berarti bahwa prestasi belajar Agnes tidak cemerlang, dengan IPK 3,67 yang berhasil diraihnya di semester terakhir. Pada pertengahan 2009, Agnes melanjutkan kuliah pada OSU Amerika Serikat dengan Program Distance Education Jurusan Political Science. Selain prestasi belajar yang cemerlang, kehidupan pribadi Agnes juga tidak bermasalah, selain beberapa gosip mengenai hubungannya dengan beberapa selebriti Indonesia, seperti Bams Samson, Afgan, dan Rezky Aditya.

Perjalanan Karier dan Go Internasional

Bakat di bidang seni Agnes sudah telihat sejak masih kanak-kanak. Menginjak usia enam tahun, Agnes memulai kariernya sebagai penyanyi cilik dan merekam album anak-anak pertamanya yang berjudul Si Meong. Pada tahun 1995, Nama Agnes melambung sebagai penyanyi cilik saat merilis album duet bersama Eza Yayang yaitu Yess! . Pada tahun 1999, album tersebut dinobatkan sebagai “Album Anak-Anak Terbaik” . Album lain yang telah dirilis Agnes yaitu Bala-Bala. Ketiga album tersebut berhasil menyandingkan Agnes ke jajaran penyanyi cilik terpopuler di era 1990-an. Selain bernyanyi dan merilis album, Agnes juga menjadi presenter acara anak-anak diantaranya Video Anak Anteve (VAN) di Antv, Tralala-Trilili di RCTI, dan Diva Romeo di Trans TV. Keikutsertaannya menjadi presenter dalam acara anak-anak tersebut, Agnes berhasil meraih penghargaan Panasonic Awards sebagai Pembawa Acara Anak-Anak Terfavorit selama dua tahun berturut yaitu pada tahun 1999 dan 2000.

Menginjak usia remaja, Agnes mulai mencoba terjun ke dunia seni peran, pada tahun 1999 ia ikut serta dalam sinetron Lupus Millenia dan Mr. Hologram . Pada tahun 2000, Agnes menjadi pemeran utama di sinetron Pernikahan Dini bersama Sahrul Gunawan. Sinetron tersebut berhasil melambungkan nama Agnes dan menghapus citranya sebagai seorang artis cilik. Akting Agnes dalam sinetron tersebut berhasil meraih penghargaan “Aktris Terfavorit” pada Panasonic Awards tahun 2001 dan 2002, dan SCTV Awards sebagai “Aktris Ngetop” tahun 2002.

Selain itu, Agnes juga menyanyikan dua lagu ciptaan Melly Goeslaw berjudul “Pernikahan Dini” dan “Seputih Hati” sebagai lagu tema sinetron Pernikahan Dini. Lagu tersebut merupakan penampilan pertama Agnes sejak kemunculannya sebagai penyanyi cilik beberapa tahun silam. Kedua lagu tersebut telah dirilis dalam album kompilasi bertajuk Love Theme (2001). Sepanjang tahun 2002, Agnes membintangi tiga judul sinetron, diantaranya Ciuman Pertama, Kejar Daku Kau Ku Tangkap, dan Amanda. Ia juga berkolaborasi dengan penyanyi Yana Julio dalam lagu “Awan dan Ombak” dalam album Jumpa Lagi.

Baca juga: Profil dan Biodata Tristan Cabrera a.k.a Yawi Echo, Yang Kena Kasus Perselingkuhan Antar Tim LainProfil dan Biodata Tristan Cabrera a.k.a Yawi Echo, Yang Kena Kasus Perselingkuhan Antar Tim Lain

Pada 8 Oktober 2003, Agnes merilis album dewasa pertamanya bertajuk And the Story Goes. Penggarapan album ini melibatkan Ahmad Dhani dan Melly Goeslaw. Dalam ajang Anugerah Musik Indonesia 2004, Agnes memenangkan tiga penghargaaan dari total sepuluh nominasi diantaranya “Artis Pop Solo Wanita Terbaik” untuk lagu “Jera”, “Karya Produksi Dance/Tehno Terbaik” untuk lagu “Bilang Saja”, serta “Duo/Group Terbaik” untuk kolaborasinya dengan Ahmad Dhani di lagu “Cinta Mati”. Ia juga berhasil meraih penghargaan sebagai “Pendatang Baru Terbaik” pada Anugerah Planet Muzik 2004 di Singapura. Kesuksesan di usia yang masih sangat muda membuat Agnes mendapat julukan “Diva Muda” Indonesia.

Baca juga: Profil dan Biodata Kimi Hime, Lengkap Agama, Umur, dan Perjalanan Kariernya

Sepanjang tahun 2003, selain disibukan dengan perilisan album pertamanya, Agnes juga berperan dalam sinetron Cewekku Jutek sebagai pemeran utama bersama Roger Danuarta. Tahun berikutnya, Agnes membintangi dua sinetron kembali yaitu Bunga Perawan dan Cantik. Penampilan dalam tiga sinetron tersebut mengantarkan Agnes kembali meraih penghargaan Panasonic Awards 2003 sebagai “Aktris Terfavorit” dan SCTV Awards 2004 sebagai “Aktris Ngetop”.

Pada 10 Desember 2005, Agnes kembali merilis album keduanya bertajuk Whaddup A’..?!. Dengan album ini, Agnes kembali mendapatkan berbagai penghargaan diantaranya dalam Anugerah Musik Indonesia 2006, Agnes mendapatkan dua penghargaan yaitu “Artis Pop Wanita Terbaik” dan “Karya Produksi R&B Terbaik” untuk lagu “Bukan Milikmu Lagi”. Dalam ajang Penghargaan MTV Indonesia 2006, Agnes kembali meraih trofi “Most Favorite Female” berkat lagu “Tak Ada Logika”. Album Whaddup A’..?! juga mendapatkan triple platinum untuk angka penjualan album yang mencapai lebih dari 450.000 keping.

Pada tahun 2005, Agnes dalam serial drama Asia berjudul The Hospital di Taiwan bersama Jerry Yan, salah satu personel F4. Selain itu, Agnes juga ikut dalam syuting serial Romance in The White House bersama Peter Ho.

Pada awal 2007, Agnes ditunjuk oleh DEA (Drugs Enforcement Administration) dan IDEC Far East Region sebagai duta anti narkoba se-Asia. Pada 15 Mei 2007, Agnes menjadi artis pembuka konser grup R&B Amerika Serikat Boyz II Men di Istora Senayan, Jakarta. Pada 23 Juni 2007, Agnes menggelar konser tunggal untuk pertama kali di Stadium Negara, Kuala Lumpur, Malaysia, yang disaksikan sebanyak 3.000 penonton. Agnes juga menjadi bintang tamu khusus dalam panggung final Asian Idol yang digelar pada 16 Desember 2007 dengan membawakan lagunya berjudul “Get Up”.

Pada awal tahun 2008, Agnes kembali membintangi sinetron berjudul Jelita. Agnes mulai menggarap album studio ketiganya dan merilis lagu “Matahariku” lebih awal sebagai single pertama. Lagu Matahariku, membawa Agns mendapat penghargaan di MTV Indonesia Awards sebagai “Most Favorite Female” serta Anugerah Musik Indonesia 2009 sebagai “Artis Pop Solo Wanita Terbaik”. Sebelum resmi merilis album studionya, Agnes merilis album mini dengan 2 single “Godai Aku Lagi” dan “Matahariku”. Agnes juga membintangi sinetron keduanya pada tahun 2008 berjudul Kawin Masal.

Pada 1 April 2009 Agnes, Agnes resmi merilis album ketiganya ybertajuk Sacredly Agnezious. Pada MTV Indonesia Awards 2009, Agnes mendapatkan dua penghargaan sebagai “Most Favorite Female” serta “Artist of the Year” . Pada Anugerah Musik Indonesia pada tahun berikutnya, Agnes berhasil meraih dua penghargaan kembali untuk kategori “Album Pop Terbaik”, “Artis Solo Pop Wanita Terbaik” dan “Album Terbaik”

Pada 2 Februari 2011, Agnes kembali merilis album kompilasi terbaik berjudul Agnes Is My Name. Album ini memuat sepuluh single pilihan dari tiga album studio sebelumnya, ditambah dua lagu terbaru “Karena Ku Sanggup” dan “Paralyzed”. Agnes menerima penghargaan Nugraha Bhakti Musik Indonesia (NBMI) dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata dan Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI) atas dedikasi dan sumbangsihnya, baik berupa pemikiran ataupun perbuatan, bagi kemajuan dan perkembangan serta pelestarian musik Indonesia. Dan untuk kesekian kalinya Agnes kembali meraih penghargaan di Anugerah Musik Indonesia tahun 2011 sebagai “Artis Solo Wanita Terbaik”.

Pada September 2011, Agnes berduet dengan penyanyi senior Amerika Serikat Michael Bolton dengan lagu “Said I Loved You…But I Lied”

Pada 2012 Mnet Asian Music Awards, Agnes memenangkan kategori Best Asian Artist Indonesia. Pada tahun 2013, Agnes Mo juga mendapatkan penghargaan Best Celebrity Fashion SHORTY AWARDS 2013.Tak hanya di kategori Best Singer, Ia juga berhasil menggeser posisi Justin Bieber dalam kategori Best Celebrity Fashion SHORTY AWARDS 2013. Dengan perolehan 1199 suara untuk Agnes dan 74 suara untuk Justin Bieber.

Pada 22 September 2017, Agnez Mo kembali merilis single terbaru berjudul Long As I Get Paid dan hingga kini music video lagu tersebut telah ditonton sebanyak 14 juta lebih viewers di Youtube.

Pendidikan

- SD Tarakanita, Jakarta

- SLTP Pelita Harapan, Jakarta.

- SMA Pelita Harapan, Jakarta.

- S-1 Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan, Jakarta (tidak tamat).

- OSU Amerika Serikat, Program Distance Education Jurusan Political Science

Karir

- Penyanyi

- Aktris

- Bintang iklan

- Presenter

Penghargaan

- Presenter anak-anak terfavorit pada 1999.

- Aktris Terfavorit pada Panasonic Award 2001 dan 2002

- Tiga penghargaan AMI Awards 2004 sebagai Artis Pop Solo Terbaik, Karya Produksi Dance/Techno Terbaik, Duo/Group Terbaik (pada duetnya dengan Ahmad Dhani).

- Most Favorite Female pada MTV Indonesia Awards 2004 Pendatang Baru Terbaik pada Anugerah Planet Muzik 2004 di Singapura

- Aktris Terfavorit serta SCTV Awards 2004 sebagai Aktris Ngetop.

- Piala AMI Awards sebagai Artis Pop Solo Wanita Terbaik, Produksi R&B Terbaik, dan Desain Sampul Album Terbaik

- The Best Asian Artist dan the Best Performance pada Asia Song Festival 2009 di Seoul, Korea Selatan.

- Best Singer dalam ajang Shorty Awards 2012

- The Shorty Vox Populi Award dari ajang

- Shorty Award 2012 yang digelar pada hari Senin (26/3) di Times Center, New York City.

Itulah profil dan biodata lengkap dari Agnes Monica yang telah kami rangkum untuk anda. Semoga semakin banyak penyanyi – penyanyi Indonesia yang go Internasional seperti Agnes Mo ya. Selamat Membaca!

Tag : #Agnes Monica    #Agnes Mo    #biografi    #profil    #penyanyi    #go internasional   

Baca Juga