Profil dan Biodata Ridwan Kamil (Dok. Instagram/@ridwankamil)

Profil dan Biodata Ridwan Kamil, Gubernur ke-14 Provinsi Jawa Barat

Olivia | Nasional | 17-06-2022

PARBOABOA – Gubernur Jawa Barat ke- 14, Ridwan Kamil, sebelum berkecimpung didunia politik dikenal sebagai seorang arsitek. Lulus dari S1 Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Arsitektur, Ridwan Kamil telah banyak merancang sejumlah bangunan ikonik hingga masjid. Bahkan beberapa hasil karya arsitektur Ridwan Kamil sudah merambah sampai ketingkat Internasional. Ia juga pernah mendapat penghargaan atas hasil karyanya itu.

Salah satu karya arsitekturnya adalah sebuah masjid yang diberi nama Al Mumtadz. Diambil dari nama belakang anak pertamanya Emmeril Kahn Mumtadz, yang telah meninggal dunia.

Ingin mengenal lebih dekat sosok mantan walikota Bandung ini? Yuk, simak profil dan biodata Ridwan Kamil berikut ini.

Profil Ridwan Kamil

Lahir di Bandung, 4 Oktober 1971. Pemilik nama asli Mochamad Ridwan Kamil ini adalah seorang arsitek dan politisi di Indonesia. Ia merupakan putra kedua dari pasangan Atje Misbach Muhjiddin, seorang Doktor sekaligus dosen Fakultas Hukum di Universitas Padjadjaran dan Tjutju Sekaesih.

Diketahui kang Emil (panggilan akrab Ridwan Kamil) memiliki 6 saudara. Tiga diantaranya bernama Elpi Nazmuzzaman, Erwin Muniruzaman dan Ifa Hanifah Misbach. Ia menghabiskan masa kecil di kota kelahirannya.

Ridwan Kamil mengenyam pendidikan di SMP Negeri 2 Bandung (1984 – 1987), yang kemudian berlanjut ke SMA Negeri 3 Bandung (1987 – 1990). Setelah lulus dari tingkat SMA, ia melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi.

Gubernur ke-14 Provinsi Jawa Barat ini tercatat merupakan alumni dari Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Arsitektur pada tahun 1995. Setelah lulus dari ITB, dia meneruskan studinya di Universitas California, Berkeley selama dua tahun, yang akhirnya menyandang gelar Master of Urban Design dari universitas tersebut.

Pada tanggal 7 Desember 1996, kang Emil meminang kekasihnya, Atalia Praratya yang dikenalnya lewat sebuah pameran di Bandung. Kala itu dirinya menjadi lelaki ke-42 yang menjadi kekasih Atalia.

Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai dua buah hati, yaitu Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril dan Camillia Laetitia Azzahra. Kang Emil beserta istri juga memiliki seorang anak asuh. Anak angkat Ridwan Kamil tersebut diberi nama Arkana Aidan Misbach.

Alasan keduanya mengangkat Arkana karena orang tua dari bocah malang itu telah meninggal akibat virus Covid-19.

Tepat di tanggal 26 Mei 2022, Kang Emil berserta keluarga besar mendapat sebuah ujian yang cukup berat dimana anak Ridwan Kamil yang pertama tenggelam akibat terseret derasnya arus Sungai Aare, Bern, Swiss saat berenang bersama adik dan teman-temannya.

Pencarian anak sulungnya tersebut terus dilakukan, hingga tanggal 3 Juni 2022 akhirnya pihak keluarga menyatakan Emmeril telah meninggal dunia. Jenazah pemuda berusia 22 tahun itu ditemukan oleh pihak Kepolisian Swiss pada 9 Juni 2022.

Makam Eril tepat berada di sebelah pilar-pilar beton tiang penyanggah Masjid Ridwan Kamil, Al Mumtadz, serta menghadap ke gunung dan hamparan sawah. Lokasi tersebut dipilih karena merupakan kampung halaman istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya.

Perjalanan Karir Ridwan Kamil

Seperti yang sudah disebutkan diawal, mantan walikota Bandung ini mengawali karirnya sebagai seorang arsitek di beberapa perusahaan hingga menjadi salah satu pendiri perusahaan konsultan Urbane pada tahun 2004.

Namun sebelum berkarya di tanah air, kang Emil menjajal dunia pekerjaan di Amerika setelah lulus S-1, namun hanya bertahan selama empat bulan. Sembari melanjutkan S-2 nya, Ridwan bekerja paruh waktu di Departemen Perencanaan Kota Berkeley.

Gubernur Jawa Barat ini juga pernah mengajar sebagai dosen untuk Program Studi Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung. Namun di tahun 2018 memutuskan mengundurkan diri dengan alasan ingin mengikuti pemilihan gubernur.

Akan tetapi, sebelum mencalonkan sebagai gubernur, terlebih dahulu dirinya dicalonkan Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Gerakan Indonesia Raya sebagai walikota Bandung pada tahun 2013.

Ridwan Kamil dan pasangannya, Oded Muhammad Danial berhasil memenangkan pemilihan tersebut dengan total jumlah suara 45,24%. Kemudian pasangan calon walikota dan wakilnya tersebut resmi dilantik menjadi Walikota dan Wakil Walikota Bandung untuk periode 2013-2018 di tanggal 16 September 2013.

Setelah masa jabatannya berakhir, ia memutuskan maju pada Pilgub Jawa Barat 2018 dengan menggandeng Uu Ruzhanul Ulum. Berkat prestasinya ketika menjabat sebagai walikota Bandung, membuat dirinya dilirik oleh partai PPP, PKB, Nasdem dan Hanura.

Partai-partai tersebut memilih dan mengusulkan dirinya sebagai calon Gubernur Jawa Barat. Dan kembali memenangkan pemilihan itu, serta resmi menjabat pada 5 September 2018 untuk periode 2018 – 2023.

Biodata Ridwan Kamil

Nama Lengkap: Mochamad Ridwan Kamil
Nama Beserta Gelar: Dr. (H.C.) H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D.
Nama Panggilan: Ridwan Kamil, Kang Emil
Tempat, tanggal lahir: Bandung, 4 Oktober 1971
Zodia: Libra
Agama: Islam
Kewarganegaraan: Indonesia
Pekerjaan: Gubernur Jawa Barat Ke-14
Periode: 2018 – 2023
Orang tua: Atje Misbach Muhjiddin (ayah) dan Tjutju Sekaesih (ibu)
Saudara: Elpi Nazmuzzaman, Erwin Muniruzaman dan Ifa Hanifah Misbach.
Istri: Atalia Praratya
Anak Kandung: Alm. Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) dan Camillia Laetitia Azzahra
Anak Angkat: Arkana Aidan Misbach
Pendidikan: SMP Negeri 2 Bandung (1984 – 1987), SMA Negeri 3 Bandung (1987 – 1990), S-1 jurusan Arsitektur di Institut Teknologi Bandung (ITB)  (1995), S-2 dengan gelar Master of Urban Design di Universitas California
Instagram: @ridwankamil
TikTok: @ridwankamil.official
Twitter: @ridwankamil

Penghargaan Ridwan Kamil

2008 – 2010: BCI Asia Awards
2009: BCI Green Awards (Proyek desain Rumah Botol)
2010: Urban Leadership Award – Universitas Pensylvania, Amerika Serikat

Tanda Kehormatan Ridwan Kamil

2019
Rama Agung Adijaya Perkasa oleh Waruka Sukabumi Pajajaran
Lalaki Langit Lalanang Jagat oleh Barisan Olot Masyarakat Adat Jawa Barat

Filmografi Ridwan Kamil

Film

2013: Demi Ucok
2014: Hijabers in Love
2015: The Wedding & Bebek Betutu
2017: Total Chaos
2018: Dilan 1990, #TemanTapiMenikah, Serendipity
2019: Dilan 1991, Yowis Ben 2
2020: Mangga Muda, Riki Rhino
2022: Gara-Gara Warisan

Sinetron

2015: Preman Pensiun
2022: Ikatan Cinta

Itulah profil dan biodata Ridwan Kamil, Gubernur ke-14 Provinsi Jawa Barat. Semoga keluarga ditabahkan atas kepergiaan Emmeril Kahn Mumtadz dan kita doakan Eril ditempatkan disisi Yang Maha Kuasa.

Tag : #Ridwan Kamil    #Gubernur Jawa Barat    #Nasional    #Emmeril Kahn Mumtadz    #Masjid Al Mumtadz   

Baca Juga