Biola itu harganya ditaksir mencapai US$11 juta atau lebih dari Rp160 miliar. New York Times

Bakal Dilelang, Biola Superlangka ini Harganya Lebih dari Rp160 Miliar

Dion | Internasional | 09-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Biola langka yang dibuat oleh Antonio Stradivari pada tahun 1679 bakal dilelang pada Juli mendatang. 

Dilansir kantor berita Reuters, Kamis (9/6/2022), instrumen musik klasik karya perajin terkenal asal Italia itu harganya ditaksir mencapai US$11 juta atau lebih dari Rp160 miliar. 

Menurut balai lelang Christie's, biola Hellier Stradivarius itu merupakan biola bertahtakan permata terbaik yang pernah dibuat oleh Stradivari. Sekaligus menjadi instrumen Stradivarius terbaik yang pernah ada. 

Biola ini disematkan berlian gading dan dioles pernis emas. Alat musik tersebut sebelum lelang memiliki perkiraan harga US$7,5 juta hingga US$11,3 juta. 

Stradivari diduga sangat menyayangi biola tersebut, karena ia menyimpannya selama 55 tahun sebelum kemudian menjualnya kepada Samuel Hellier dari Wombourne, Inggris, seharga £40 di tahun 1734.

"Saya berharap banyak orang yang berminat untuk instrumen seperti itu karena sangat langka," kata ahli biola sekaligus konsultan benda seni balai lelang Christie’s, Florian Leonhard. 

“Kapan lagi Anda bisa menyentuh biola seperti ini dan memilikinya? Itu luar biasa!” katanya lagi. Menurut jadwal, biola supermewah itu dilelang pada 7 Juli.

Biola-biola buatan Stradivari dikenal karena nilai kerajinannya yang luar biasa. Menurut Leonhard, harga alat-alat musik itu berkisar antara US$8 juta dan US$20 juta dolar.

“Dari sekitar 1.100 instrumen yang dibuat Stradivari selama kariernya, hanya sekitar selusin yang dihias dengan hiasan." isi pernyataan Christie's, 

"Dan spesimen ini (Hellier Stradivarius) dianggap oleh kurator Smithsonian sebagai contoh terbaik yang masih ada,” lanjut pernyataan tersebut. 

Pemain biola Braimah Kanneh-Mason ditunjuk untuk melakukan pratinjau terhadap benda seni yang hendak dilelang itu. 

Saat memainkan biola itu, dia menggambarkannya sebagai biola yang indah menawan.

“Biola jenis ini sering dibandingkan dengan mobil sport. Anda harus belajar dulu cara mengemudikannya. Tetapi begitu Anda belajar cara bermanuver, ia akan sangat berguna,” katanya. 

Tag : #biola    #antonio stradivari    #internasional    #lelang    #hellier stradivarius   

Baca Juga