Hasil foto Bird Eye View (Dok:MultiMedia)

Bird Eye View: Pengertian, Cara Mengambil gambar, dan Hasil Foto

Ester | Teknologi | 08-06-2022

PARBOABOA – Pernahkah kamu mendengar istilah Bird Eye View? Di bawah ini kami akan menjelaskan mengenai apa itu bird eye view, cara mengambil gambar, dan hasil foto dari bird eye view itu sendiri. Untuk mengetahuinya, simak ulasan kami berikut ini sampai habis.

Pengertian Bird Eye View

Bird eye view adalah salah teknik mengambil gambar dari ketinggian atau lebih tinggi dari sebuah objek yang diambil. Hasil foto dari bird eye view ini akan mirip seperti apa yang dilihat oleh burung pada saat terbang.

Metode pengambilan gambar ini membutuhkan alat-alat khusus yang dapat membantu kegiatan seorang fotografer seperti drone, tangga, kursi, dan lain sebagainya. Terkadang, beberapa orang juag kerap mencari gedung paling tinggi atau pencakar langit agar hasil bird eye view terlihat natural.

Namun karena perkembangan zaman, banyak orang yang megandalkan drone untuk mengambil bird eye view agar mengurangi resiko berbahaya yang dapat terjadi.

Hal itu menjadikan, memotret dengan menempatkan kamera bird eye view akan membuat objek terlihat lebih luas dan detail-detail benda yang ada disekitar objek akan lebih kecil.

Diperhatikan sekilas, bird eye view memiliki konsep yang mirip dengan camera high angel. Nyatanya, kedua metode kamera ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

High angel memang diambil dengan ketinggian yang lebih dari objeknya. Namun, ketinggian yang dimaksud di dalam high camera angel hanya sedikit dari kepala objek atau tidak terlalu tinggi.

Sedangkan untuk bird eye view, metode ini memerlukan keahlian khusus agar dapat mencapai ketinggian yang mirip dengan mata burung memandang saat terbang.

Selain itu, hasil foto yang diambil dengan metode bird eye view dengan high angel juga berbeda. High camera angel akan memberikan gambar mirip seperti paku atau bagian kepala agak lebih besar, sedangkan untuk bird eye viewangel memberikan pandangan yang luas dan tidak terfokus pada satu objek seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya.

Cara Mengambil Gambar

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, metode pengambilan gambar bird eye view membutuhkan alat-alat khusus. Tentunya hal ini lebih sering digunakan oleh para fotografe professional saja.

Selain beresiko, bird eye view juga cenderung cukup sulit untuk dilakukan. Jadi sebelum kamu ingin mengambil gambar dengan teknik ini, pastikan kamu sudah berlatih dan memiliki keamanan khusus.

Cara mengambil gambar dengan teknik bird eye view yang mudah adalah, kamu perlu memasangkan kamera dengan drone. Drone akan membantu untuk menjangkau pandangan yang lebih luas serta memberikan banyak detail-detail tambahan untuk foto kamu.

Jika kamu tidak memiliki drone, kamu dapat pergi ke atas gedung tinggi atau pencakar langit untuk menangkap objek dari atas. Hasilnya akan mirip dengan menggunakan drone namun tidak sebagus menggunakan drone.

Namun sebelum melakukan hal itu, jangan lupa untuk berhati-hati dan memastikan peralatan keamanan kamu lengkap untuk menghindari beberapa kecelakaan yang diakibatkan oleh teknik pengambilan gambar ini.

Hasil Foto Bird Eye View

Hasil foto dari bird eye view ini akan cenderung tidak fokus pada satu objek dan luas. Di bawah ini beberapa contoh hasil potretan menggunakan teknik bird eye view:

(Foto: KangHasan)

(Foto: MyBelovedStudio)

(Foto: tambahpinter.com)

(Foto: Mandadi.com)

(Foto: Pinterest.com)
Tag : #teknologi    #bird eye view    #kamera    #teknik mengambil gambar    #foto    #high camera angel    #angel camera   

Baca Juga