Black Box pesawat Susi Air yang jatuh di Papua ditemukan (Tangkapan layar web susiair.com)

Black Box Pesawat Susi Air yang Jatuh di Papua Sudah Ditemukan

Wulan | Nasional | 27-06-2022

PARBOABOA, Jakarta - Tim gabungan TNI-Polri berhasil menemukan black box atau kotak hitam pesawat Susi Air yang mengalami kecelakaan saat tengah terbang di Timika, Kabupaten Mimika menuju Duma, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua pada Kamis (23/6/2022) lalu.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan black box itu ditemukan pada Minggu (26/6/2022) kemarin sekitar pukul 11.00 WIT dengan kondisi baik dan tak jauh dari lokasi pesawat Susi Air.

"Anggota Sat Reskrim Polres Mimika bersama anggota Lanud Kapiyau dan tim KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) dengan menggunakan Heli Caracal TNI bergerak menuju ke Kampung Duma Distrik Duma Dama Kabupaten Pania untuk mengambil kotak hitam (Black Box)," kata Kamal kepada wartawan, Senin (27/6/2022).

Proses pencarian berlangsung sekitar tiga jam sejak pukul 07.15 WIT. Selanjutnya, black box tersebut akan langsung dibawah menuju Timika menggunakan helipkoter Caracal milik TNI.

Meski demikian hingga saat ini tim gabungan belum bisa memastikan penyebab jatuhnya pesawat milik Susi Pudjiastuti tersebut. Pasalnya, pendalaman terhadap temuan black box itu masih dilakukan.

"Untuk saat ini tim KNKT tengah melakukan pemeriksaan terhadap Black Box milik pesawat Susi Air guna mengetahui penyebab jatuhnya pesawat tersebut," kata Kamal.

Diberitakan sebelumnya, pesawat Susi Air PK BVM dengan rute tujuan Timika-Duma mengalami kecelakaan.

Humas Basarnas Albert Wenno mengatakan seharusnya pesawat kembali mendarat di Timika sekitar pukul 08.00 WIT. Namun, hingga pukul 08.20 WIT pesawat tersebut masih belum tiba di lokasi dan dilaporkan hilang kontak.

Setelah dilakukan pencarian, ternyata pesawat itu jatuh dan mengalami kecelakaan. Dua dari tujuh penumpang merupakan warga Duma yang ditemukan dalam kondisi selamat.

Sementara lima orang yang lainnya dibawa menuju RSUD Timika untuk mendapatkan penanganan medis lantaran mengalami luka-luka dan patah tulang.

Adapun tujuh penumpang pesawat Susi Air itu adalah Kapten Doyle Peter yang merupakan pilot dengan penumpang yakni Lukas Dimpau, Seru Warkus Diabelu, Leo Pimpiau, Ficken Dimpau, dan Melina Dimpau.

"Info dari posko Bandara bahwa Heli Caracal TNI AU PK-EC-725/H-7202 telah kembali dan berhasil mengevakuasi seluruh korban dalam keadaan selamat. Selanjutnya dievakuasi ke RSUD Timika," tuturnya.

Tag : #susi air    #black box    #nasional    #black box susi air ditemukan    #susi pudjiastuti    #papua    #pesawat jatuh    #susi air jatuh   

Baca Juga