Blended Learning (Dok. retizen.republika.co.id)

Mengenal Blended Learning, Metode Pembelajaran Campuran

Juni | Pendidikan | 04-08-2022

PARBOABOA - Wabah pandemi Covid-19 mengharuskan kita membatasi kegiatan di luar rumah, termasuk kegiatan belajar mengajar. Metode pembelajaran saat ini sudah semakin beragam, contohnya online learning dan blended learning.

Online learning adalah pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan menggunakan aplikasi digital seperti Zoom Meeting atau Google Meet. Sementara Blended learning merupakan metode pembelajaran yang menggunakan kombinasi pembelajaran secara daring dan pembelajaran tatap muka.

Namun, ada beberapa kampus yang memilih menerapkan metode blended learning. Kombinasi pembelajaran online dan tatap muka dianggap sebagai metode belajar paling efektif.

Pembelajaran online tentunya banyak membantu para pelajar untuk menuntut ilmu kapan pun dan di mana pun. Sementara itu, pembelajaran tatap muka dalam proses belajar mengajar juga sangat dibutuhkan untuk dapat berinteraksi secara langsung.

Untuk lebih mengetahui tentang apa itu blended learning, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Blended Learning?

Model pembelajaran campuran memiliki tiga komponen penting, yaitu pembelajaran daring, pembelajaran tatap muka, dan belajar mandiri. Metode ini efektif dalam mengembangkan strategi, bukan hanya mengajar tatap muka tapi juga pembelajaran jarak jauh.

Selain pemahaman materi, hasil pembelajaran juga berfokus pada interaksi peserta didik. Ada banyak informasi yang tersedia untuk siswa, umpan balik yang lebih cepat dalam berkomunikasi. Pembelajaran campuran menciptakan lingkungan yang positif.

Tujuan Blended Learning

Metode pembelajaran campuran berfokus untuk mempermudah siswa dan tenaga pendidik dalam menjalankan proses belajar mengajar. Lalu, apa saja tujuan dari blended learning?

  • Membantu peserta didik untuk berkembang dalam proses belajar yang sesuai dengan gaya belajar serta preferensi mereka
  • Meningkatkan efektivitas penjadwalan dengan penggabungan aspek tatap muka dan pembelajaran online
  • Memberikan peluang untuk sis wa dan guru untuk melaksanakan pembelajaran secara mandiri dan terus berkembang
  • Mengatasi masalah pembelajaran yang memerlukan penyelesaian lewat metode pembelajaran yang bervariasi
  • Melibatkan peserta didik dalam pengalaman belajar interaktif di kelas dengan bertatap muka. Sementara pembelajaran daring memberikan konten multimedia yang kaya akan pengetahuan, bisa diakses dimana  dan kapan saja

Proses Penerapan Blended Learning

Seara umum, proses pembelajaran campuran terdiri dari proses perancangan pembelajaran, penyediaan materi, dan penyampaian materi. Perancangan pembelajaran adalah proses yang sangat penting yang dirancang sedemikian rupa. Aspek ini meliputi analisis dan strategi pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian hasil pembelajaran.

Tahapan berikutnya ialah penyediaan materi yang membantu siswa dalam belajar. Terdapat banyak media pembelajaran yang bisa digunakan, seperti video,presentasi, audio, dan lainnya. Setelah seluruh materi dan media pembelajaran telah siap, kemudian memasuki tahapan penyampaian materi.

Demikian informasi seputar blended learning mulai dari pengertian, tujuan, hingga proses penerapannya. Setelah membaca uraian di atas, kamu menyukai metode pembelajaran yang mana nih?

Tag : #blended learning    #pembelajaran campuran    #pendidikan    #metode pembelajaran    #belajar online   

Baca Juga