Tim Voli Putra Indonesia Raih Medali Emas di SEA Games 2021 (dok Antara Foto/Arshaka)

Bonus Menanti Atlet Peraih Medali SEA Games 2021

Rini | Olahraga | 25-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Perjuangan kontingen Indonesia untuk memperebutkan medali di SEA Games telah usai.

Indonesia sebagai negara dengan raihan medali terbanyak ketiga berhasil mengoleksi 241 medali, dengan rincian 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu.

Sebagai ucapan terimakasih atas perjuangan seluruh atlet di ajang dua tahunan ini, pemerintah Indonesia telah menyiapkan bonus untuk para atlet berprestasi.

Kabar pemberian bonus ini dikonfirmasi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, saat menyambut kepulangan para atlet di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (24/5).

“Tentu, nanti ada bentuk apresiasi bagi atlet yang meraih medali di SEA Games,” ujar Zainudin Amali.

Sayangnya Amali tidak merinci besaran bonus yang akan diterima par atlet.

Berkaca pada besaran bonus yang diterima atlet berprestasi di SEA Games Filipina 2019 lalu, atlet perorangan peraih emas menerima bonus Rp 500 juta, perak Rp 300 juta, dan perunggu Rp 150 juta.

Sedangkan peraih medali emas ganda memperoleh bonus senilai Rp 400 juta, perak Rp 240 juta, dan perunggu Rp 120 juta.

Untuk kategori beregu, medali emas dihargai Rp 350 juta per orang, perak Rp 180 juta per orang, dan perunggu Rp 105 juta per orang.

Namun bisa jadi, pemerintah akan menggelontorkan bonus yang lebih besar untuk atlet berprestasi dalam SEA Games 2021.

Pemberian bonus ini tak hanya ada di Indonesia, atlet negara tetangga juga dijanjikan mendapat bonus dari pemerintah mereka.

Menariknya setelah mendengar nominal bonus yang diberikan kepada atlet Indonesia, atlet-atlet negara tetangga tersebut sukses dibuat melongo.

Dalam liputan Antara News, atlet taekwondo asal Malaysia, Jason Loo Jun Wei, mengatakan bahwa dia menerima bonus senilai 20.000 ringgit Malaysia (sekitar Rp 66 juta) berkat raihan medali emas taekwondo kategori poomsae ganda campuran SEA Games 2019.

Sementara itu, atlet taekwondo Vietnam, Nguyen Dinh Khoi, mengungkapkan pemerintahnya juga mengguyur para atlet dengan bonus senilai 30 juta dong Vietnam (Rp 18 juta) untuk peraih emas, 20 juta dong (Rp 12 juta) untuk peraih perak, dan 10 juta dong (Rp 6 juta) untuk peraih perunggu.

Di Filipina, Jeordan Dominguez yang meraih emas di kategori gaya bebas poomsae menerima bonus 300 ribu peso atau sekitar Rp 83 juta.

“Wah itu banyak sekali. Kalau begitu saya juga mau menjadi atlet Indonesia,” kata Jeordan Dominguez, setelah mendengar bonus yang diterima atlet Indonesia.

Tag : #sea games 2021    #bonus sea games 2021    #olahraga    #bonus medali emas    #bonus medali perunggu    #bonus medali perak   

Baca Juga