Boy Group K-pop generasi empat terpopuler (Foto: Twitter.com)

7 Boy Group Generasi 4 Terpopuler

Andre | Hiburan | 02-03-2022

PARBOABOA - Kehadiran idol K-pop generasi 4 kian memeriahkan panggung industri hiburan Korea Selatan. Berasal dari agensi ternama hingga agensi kecil, boy group dan girl grup baru terus bermunculan dengan membawakan konsep yang beragam.

Grup K-pop generasi ke empat adalah grup yang muncul dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, terhitung mulai tahun 2017 hingga seterusnya.

Di sisi lain, penggemar K-pop justru mengukur sebuah era idol dimulai jika terdapat siapa yang berkuasa dan siapa yang menjadi rivalnya. Saat muncul dua rival baru yang sama besarnya, maka era baru dimulai.

Saat ini, K-pop tengah bertransisi ke generasi 4 yang dipenuhi oleh grup potensial dan eksplosif.

Melihat dari generasi sebelumnya (ke-3), Boy Group yang berkuasa yakni BTS, EXO dan NCT. Ketiga boy grup ini sangat terkenal dan memiliki fan base secara global.

Namun, bagaimana dengan generasi ke-4? Siapa saja yang paling populer? Berikut Parboaboa.com rangkum daftar Boy Group K-pop generasi 4 terpopuler berdasarkan jumlah pengikut di sosial media.

1. Stray Kids

Stray Kids (Twitter/@Stray_Kids)

Boy group generasi 4 terpopuler yang pertama adalah Stray Kids. Grup ini memulai debutnya pada tahun 2017 dan sekarang memiliki 7,2 pengikut di akun Twitter dan 19,6 juta pengikut di akun Instagram resmi mereka.

Grup ini terdiri atas 8 anggota diantaranya, Bang Chan, Lee Know, Changbin, Hyunjin, Han, Felix, Seungmin dan I.N.

Sejak awal debut hingga saat ini, Stray Kids telah berhasil mengantongi 18 penghargaan dan sering masuk dalam nominasi ajang penghargaan.

Grup ini juga menempati peringkat pertama dalam penjualan album terbanyak di Gaon pada tahun 2021 silam dengan total penjualan sebanyak 2,7 juta unit.

2. Tomorrow X Together (TXT)

TXT (Twitter/@TXT_members)

Tomorrow By Together atau yang lebih dikenal dengan TXT merupakan grup vokal Korea Selatan  yang dibentuk oleh Big Hit Music. Grup ini terdiri atas 5 anggota yakni Yeonjun, Soobin, Beomgyu, Taehyun dan HueningKai.

Boy grup yang dijuluki sebagai Global Super Rookie ini debut pada 4 Maret 2019 dengan mini album berjudul The Dream Chapter: Star dan lagu utama “Crown”.

Album debut mereka berhasil menduduki posisi pertama dalam Gaon Album Chart dan Billboard World Albums Chart. Bahkan album debut tersebut berhasil menduduki posisi ke-140 Billboard 200 AS dan menjadi album debut dengan peringkat tertinggi oleh grup K-pop pria Korea Selatan.

Berdasarkan jumlah penggemar di sosial media, akun official grup (@TXT_bright) memiliki 9 juta pengikut di Twitter dan akun kolektif para member (@TXT_members) sebanyak 11,2 juta penggemar. Sedangkan di Instagram, akun official grup memiliki 11,4 juta pengikut.

3. ENHYPEN

ENHYPEN (Twitter/@ENHYPEN)

ENHYPEN merupakan salah satu boy group terpopuler dari generasi ke empat yang debut pada tanggal 30 November 2020. Grup ini terdiri atas 7 anggota yakni Heeseung, Jay, Jake, Sunghoon, Sunoo, Jungwon dan Ni-ki.

Sama seperti TXT, Enhypen memiliki 2 akun Twitter yang terdiri dari akun grup (@ENHYPEN) dengan 4,7 pengikut dan akun member (@ENHYPEN_members) dengan 7,1 juta pengikut. Sedangkan untuk sosial media Instagram, mereka memiliki sebanyak 9,2 juta pengikut.

Berdasarkan data penjualan album terbanyak di Gaon selama tahun 2021, ENHYPEN menduduki peringkat ke dua dengan total penjualan 2,1 juta unit.

Melansir laman Soompi, ENHYPEN berhasil menduduki posisi ke-9 dalam peringkat boy group terpopuler bulan Februari 2022 dan menjadi perwakilan generasi empat yang berada dalam top 10 bersanding dengan The Boys yang berada di posisi ke-4.

4. ATEEZ

ATEEZ (Twitter/@ATEEZofficial)

Selanjutnya adalah ATEEZ, boygrup yang berada di bawah naungan KQ Entertainment. Grup ini debut pada tanggal 24 Oktober 2018 dengan album mini Treasure EP.1 : All to Zero.

Grup ini terdiri atas 8 pria tampan diantaranya Park Seonghw, Kim Hongjoong, Jeong Yunho, Kang Yeosang, Choi San, Song Mingi, Jung Wooyoung dan Choi Jongho.

ATEEZ memiliki fandom resmi bernama ATINY yang merupakan kombinasi dari nama ATEEZ dan DESTINY.

Berdasarkan jumlah pengikut di sosial media, ATEEZ masih kalah jauh dari ENHYPEN. Mereka memiliki sebanyak 6,1 juta penggemar di Instagram dan 3,1 juta di Twitter.

AZTEEZ sendiri menduduki peringkat ke empat dalam deretan Idol generasi ke-4 dengan penjualan album terbanyak di Gaon pada tahun 2021.

5. TREASURE

Treasure (Peakpx.com)

Treasure adalah boy group kpop generasi ke-4 terbaru yang debut pada tahun 2020. Grup Kpop ini diidentifikasi setelah partisipasi dan kelangsungan hidup mereka di acara YG Treasure Box.

Grup ini terdiri atas 12 anggota diantaranya Choi Hyun-suk, Park Jihoon, Kim Junkyu, Takata Mashiho, Kanemoto Yoshinori, Yoon Jaehyuk, Hamada Asahi, Bang Ye-dam, Kim Doyoung, Watanabe Haruto, Park Jeong-woo dan So Jung-hwan.

Berdasarkan jumlah pengikut di sosial media, TREASURE memiliki sebanyak 3,1 juta pengikut di Twitter dan 4,5 juta pengikut di Instagram.

Meskipun masih tergolong baru, TREASURE telah berhasil mengantongi 12 penghargaan selama 2 tahun terakhir.

6. AB6IX

AB6IX (Twitter/@AB6IX)

AB6IX atau yang dikenal pada masa pra-debut sebagai BRANDNEWBOY adalah grup vokal pria Kora Selatan yang resmi debut pada 22 Mei 2019 dengan album mini perdana yang berjudul B: Complete.

Grup ini berhasil memenangkan kategori Next Generation Award dalam ajang Golden Disc Award, '4th Gen Idol' AB6IX jebolan Produce101!

Grup ini awalnya terdiri dari 5 anggota diantaranya Lim Youngmin, Jeon Woong, Kim Dong-hyun, Park Woo-jin dan Lee Dae-hwi.

Sayangnya, leader sekaligus anggota tertua mereka, Youngmin memutuskan untuk keluar dari grup setelah terlibat kasus DUI atau menyetir dalam keadaan mabuk. Akibat dari insiden tersebut AB6IX terpaksa harus mengundur perilisan album baru mereka yang bertajuk Vivid.

Berdasarkan pengikut di sosial media, akun resmi AB6IX memiliki 600 ribu pengikut di Twitter dan 1,5 juta pengikut di Instagram.

7. A.C.E

A.C.E (Twitter/@official_ace7)

Adventure Calling Emotions atau yang dikenal dengan ACE adalah boyband Korea Selatan yang berada di bawah naungan Beat Interactive. Grup ini terdiri dari lima anggota diantaranya Jun, Donghun, Wow, Byeongkwan dan Chan.

Grup ini debut pada 23 Mei 2017 dengan single mereka “Cactus”. Grup yang memiliki fanbase bernama Choice ini tercatat beberapa kali telah melakukan tur ke benua Eropa dan Amerika.

Selama sepak terjang mereka di industri hiburan Korea Selatan, A.C.E telah memenangkan 6 ajang penghargaan di berbagai kategori.

Di sosial media Twitter, akun resmi A.C.E memiliki 543 ribu pengikut. Sementara akun Instagram A.C.E memiliki 1 juta pengikut.

Nah, itulah daftar boy group generasi empat yang populer berdasarkan jumlah pengikut di sosial media. Siapa yang jadi favorit kalian? Komentar di bawah ya!

Tag : #kpop    #treasure    #stray kids    #enhypen    #txt    #ateez    #ab6ix    #ace   

Baca Juga