Bruce Willis melalui keluarganya menyatakan berhenti dari dunia perfilman setelah didiagnosis menderita penyakit aphasia yang merusak kemampuan kognitifnya. BBC

Bruce Willis Mundur dari Dunia Film karena Mengidap Aphasia

Dion | Internasional | 31-03-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Aktor kenamaan Hollywood, Bruce Willis, mundur dari dunia perfilman karena mengidap penyakit aphasia.

Dikutip dari kantor berita Associated Press, Kamis (31/3/2022), kabar ini disampaikan keluarga Willis melalui akun Instagram-nya pada Rabu waktu setempat.

Aphasia merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan sang penderita kehilangan kemampuan untuk memahami atau menyampaikan pembicaraan.

"Mengacu pada hasil diagnosis dan banyak pertimbangan, Bruce menyatakan mundur dari karir yang sangat berarti baginya," demikian bunyi pernyataan yang ditandatangani oleh istri sang aktor, Emma Heming Willis, mantan istrinya, Demi Moore, serta kelima anaknya, Rumer, Scout, Tallulah, Mabel, dan Evelyn.

Ada banyak penyebab potensial bagi seseorang untuk mengidap aphasia. Penyakit itu kerap kali timbul usai seseorang terserang stroke atau cidera di kepala.

Namun demikian, penyakit ini juga dapat muncul secara bertahap karena adanya pertumbuhan tumor otak atau penyakit yang menimbulkan kerusakan menurun seperti Alzheimer.

Penderita aphasia biasanya diobati dengan menjalani terapi berbicara dan belajar komunikasi nonverbal.

Keluarga Bruce Willis sendiri tidak membeberkan apa yang menyebabkan sang aktor mengidap aphasia. Juru bicaranya juga enggan berkomentar.

Berita menyedihkan tentang salah satu aktor yang disegani di Hollywood itu langsung memicu banyak reaksi dari para penggemar beratnya.

Selama empat dekade karirnya di industri perfilman, aktor 67 tahun itu telah menghasilkan lebih dari US$5 miliar, atau sekitar Rp71,5 triliun dari Box Office di seluruh dunia.

Beberapa filmnya yang sangat popular adalah Die Hard, Pulp Fiction, dan The Sixth Sense. Bahkan, tahun lalu saja ia telah membintangi delapan film seperti Cosmic Sin, Out of Death, dan Deadlock.

Februari ini Bruce Willis sempat membintangi  film Gasoline Alley dan A Day to Die yang dirilis pada Maret. Ia bahkan telah menyelesaikan sedikitnya enam film yang bakal dirilis tahun ini dan 2023.

Tag : #bruce willis    #aphasia    #internasional    #alzheimer    #hollywood   

Baca Juga