Para member BTS

Dibahas Hari Ini, Apakah BTS Akan Bebas dari Wamil?

Sondang | Internasional | 09-09-2021

PARBOABOA, Korsel – Topik mengenai wajib militer BTS (Bangtan Boys) kerap menjadi sorotan dalam beberapa tahun terakhir. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Komisi Pertahanan Negara Korea Selatan akan membahas Undang-Undang Pembebasan Layanan Militer BTS.

"Undang-undang Pembebasan Dinas Militer BTS" rencananya dibahas di Komisi Pertahanan Nasional Korea Selatan (Korsel) pada hari ini, Kamis (9/9). Secara garis besar, UU itu akan mengkaji apakah mungkin seniman budaya populer Korea, termasuk BTS, bisa dikecualikan dari wajib militer (wamil) melalui amademen baru UU Dinas Militer.

Proposal amandemen Undang-Undang Dinas Militer dibuat oleh anggota Majelis Nasional Yoon Sang Hyun pada Juni 2021. Mereka akan membahas apakah akan memasukkan seniman budaya populer untuk dibebaskan dari wajib militer.

Majelis Nasional telah memutuskan untuk mengubah Undang-Undang Dinas Militer untuk memungkinkan individu yang diakui, terutama yang berkontribusi untuk meningkatkan status dan martabat nasional, untuk menunda pendaftaran militer mereka. Namun proposal terbaru mengajukan pembebasan mereka dari tugas wajib militer.

Ini buntut dimasukkannya sejumlah nama yang dianggap berkontribusi pada budaya dan seni Korsel ke dalam daftar penundaan kewajiban wamil. BTS bisa menundanya hingga usia 30 tahun.

Namun dengan pembaruan ini, jika revisi disahkan bisa saja BTS benar-benar akan dikecualikan dari wajib. Wamil di Korsel wajib bagi mereka yang berumur 18 hingga 27 tahun mengingat status negeri itu yang masih berperang dengan Korea Utara (Korut).

Sebelumnya Undang-Undang Dinas Militer hanya mengizinkan siswa yang bersekolah untuk pendidikan tinggi, termasuk sekolah menengah, atau Lembaga Penelitian dan Pelatihan Yudisial serta atlet berprestasi untuk menunda pendaftaran mereka. BTS tidak memenuhi syarat untuk penundaan karena undang-undang tidak memasukkan artis budaya pop.

Meski begitu, dalam sejumlah wawancara BTS selalu menyatakan kesediaan untuk bergabung dengan militer. "Layanan militer adalah kewajiban kami," kata grup itu dalam beberapa kesempatan.

Sementara itu, "Butter" yang dirilis BTS pada 21 Mei lalu kembali ke puncak Billboard Hot 100 setelah beberapa minggu bertahan di 10 besar. Lagu bahasa Inggris kedua BTS ini menyalip "Dynamite" menjadi top 10 hit terlama di Hot 100 oleh artis Korea.

Tag : #bts    #wamil    #bangtan    #army    #korsel    #internasional    #kpop   

Baca Juga