Harry Potter And The Philosopher Stone edisi Inggris tahun 1997 terjual seharga Rp 6,7 miliar

Buku Edisi Pertama Harry Potter Terjual Seharga Rp 6,7 Miliar

Rini | Hiburan | 12-12-2021

PARBOABOA, Amerika - Edisi pertama dari buku fiksi karya penulis JK Rowling “Harry Potter” terjual seharga USD 471.000 atau Rp 6,77 miliar, di sebuah lelang di Amerika Serikat pada Kamis (9/12). Penjualan ini tercatat dalam rekor dunia sebagai harga paling mahal untuk sebuah karya fiksi di abad ke-20.

Seperti diketahui, novel edisi pertama Harry Potter And The Philosopher Stone edisi Inggris tahun 1997 bersampul berwarna merah adalah buku yang paling banyak dicari oleh para kolektor seni.

Buku ini memiliki judul yang sedikit diubah ketika diterbitkan di Amerika Serikat. Jika di Inggris bernama 'Harry Potter and Philosopher's Stone', di Amerika buku tersebut lebih dikenal dengan "Harry Potter and The Sorcerer's Stone."

Buku yang dilelang tersebut hanya ada 500 ekselempar di seluruh dunia dengan penjilidan khusus. Awalnya diperkirakan buku tersebut akan terjual di harga pra penjualan sebesar USD 70.000.

"Tidak hanya sekedar buku Harry Potter termahal yang pernah dijual, ini juga merupakan karya fiksi komersial abad ke-20 yang paling mahal yang pernah dijual," kata Wakil Presiden Eksekutif Heritage Auctions Joe Maddalena dalam sebuah pernyataan, dikutip dari reuters, Sabtu (11/12/21).

Dikabarkan bahwa buku Harry Potter tersebut dijual oleh seorang kolektor asal Amerika, namun nama pembeli buku tersebut tidak dirilis.

J K Rowling menulis 6 buku lainnya, selain buku 'Harry Potter and Philosopher's Stone', J.K. Rowling yakni, Harry Potter and The Chamber of Secret, Harry Potter and The Prisoner of Azkaban, Harry Potter and Goblet of Fire, Harry Potter and Half-Blood Prince, dan Harry Potter and The Deathly Hallows.

Buku buku tersebut telah terjual sebanyak 500 juta copy di seluruh dunia dalam 80 bahasa. Selain itu buku Harry Potter juga telah diadaptasi menjadi film.

Tag : #harry potter    #buku karya jk rowling    #buku harry potter terjual miliaran    #hiburan   

Baca Juga