Buku langka Harry Potter edisi pertama yang bakal dilelang. CNN

Buku Langka Harry Potter Edisi Pertama bakal Dilelang, Harga Awal Rp3,6 Miliar

Dion | Internasional | 04-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Buku Harry Potter edisi pertama bertajuk Harry Potter and the Philosopher's Stone bakal dilelang secara tertutup oleh balai lelang Christie's di London, Inggris. 

Dilansir CNN, Sabtu (4/6/2022), buku langka itu telah ditandatangani oleh penulisnya, JK Rowling, dan memiliki kesalahan penulisan ejaan di dalamnya. 

Balai lelang Christie's membuka harga lelang yang dimulai dari US$250.000 (sekitar Rp3,6 miliar). 

Buku cetakan pertama ini dirilis sebanyak 500 eksemplar pada 1997. Dan 300 di antaranya dikirim ke beberapa perpustakaan. 

Buku cetakan awal yang bakal dilelang ini merupakan bagian dari ajang pameran berjudul The Art of Literature: Loan and Selling Exhibition oleh balai lelang Christie's. 

"Ada beberapa hal yang sepertinya salah saat mereka memproduksi buku ini," kata Mark Wiltshire, seorang kurator pameran Seni Literatur dan ahli buku-buku cetak, kepada Reuters. 

"Di sampul belakang, contohnya, (kata) "philosophers", salah satu kata kunci (dari buku ini) salah pengejaan menjadi "philosphers". Huruf "O" kedua dari kata itu hilang," terangnya. 

"Dan juga di halaman 53, di bagian daftar barang-barang yang ditanyakan para murid untuk dibawa ke Hogwarts, kata "one wand" ditulis dua kali." tambahnya. 

JK Rowling pada saat itu bukan siapa-siapa, tak ada orang yang mengenalnya. Namun, buku ciptaannya itu kemudian meledak di seluruh dunia dan melejitkan namanya. 

Buku itu memicu sejumlah seri lanjutan tentang seorang penyihir fiktif bernama Harry Potter yang kemudian kisahnya diangkat ke layar lebar dan juga mendulang kesuksesan. 

"Dengan kata lain, buku ini merupakan manifestasi fisik akan sebuah ingatan bagi banyak orang. Hal itulah yang membuatnya istimewa," kata Wiltshire. 

Tag : #buku harry potter    #harry potter and the philosophers stone    #internasional    #lelang    #london   

Baca Juga