Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali (Foto: kemenpora.go.id)

Bulu Tangkis Jadi Cabang Olahraga Unggulan DBON

Juni | Olahraga | 24-09-2022

PARBOABOA, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali mengatakan bahwa bulu tangkis merupakan cabang olahraga yang sangat populer di Indonesia dan masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Di dalam Desain Besar Olahraga Nasional, bulu tangkis ditempatkan sebagai salah satu cabor unggulan. Dengan pertimbangan, pertama, bulu tangkis sudah dipertandingkan di level Olimpiade dan konsisten menghasilkan medali,” kata Amali.

“Kedua, bulu tangkis memang olahraga yang banyak diminati oleh rakyat Indonesia. Ketiga, bulu tangkis cocok dengan fisik orang Indonesia. Karena itulah, hasil diskusi kita dengan para pakar dan para guru besar atau profesor akhirnya kita tempatkan menjadi cabor unggulan,” sambungnya.

Karena sudah masuk cabor unggulan, kata Amali, maka setiap urusan terkait bulu tangkis baik pembinaan hingga pengiriman ke luar negeri akan didukung dan difasilitasi oleh pemerintah.

“Disitulah posisi bulu tangkis di mata pemerintah. Bulu tangkis kalau kita samakan dengan Brasil yang dikenal sebagai negaranya sepakbola, maka Indonesia juga dikenal sebagai negaranya bulu tangkis,” ucapnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, pemerintah memandang bahwa bulu tangkis merupakan cabang olahraga yang harus diberi tempat karena selain untuk sarana olahraga masyarakat, dilihat juga dari sisi prestasinya.

“Banyak atlet bulu tangkis Indonesia yang main di level dunia, baik di All England, Thomas Cup dan series-series yang lainnya. Bahkan untuk multieven seperti Olimpiade Asian Games dan SEA Games, atlet Indonesia selalu menghasilkan medali,” pungkasnya.

Tag : #Bulu tangkis    #badminton    #olahraga    #pemain bulu tangkis    #cabang olahraga    #DBON   

Baca Juga